Apa Itu Cerebral Palsy? Ciri-ciri dan Cara Mengobatinya

Wicaraku Writer

April 29, 2024

Wicaraku

Wicaraku Writer

April 29, 2024

Wicaraku

Bagikan Artikel

Bagi Anda yang tidak mengenal apa itu cerebral palsy atau lumpuh otak merupakan suatu masalah pada kesehatan pada anak. Kelumpuhan otak dapat menyebabkan gangguan motorik anak terganggu bahkan bisa disfungsi.

Anak-anak yang mengidap cerebral palsy akan merasakan beberapa gejala sebelum akhirnya divonis penyakit lumpuh otak. Beberapa gejalanya seperti gerak reflek tubuh terlalu berlebihan, postur tubuh tidak normal, mata juling, dll.

Penyebab sang anak mengalami penyakit ini biasanya ditemukan ketika terdapat gangguan perkembangan otak ketika di dalam masa kandungan. Bukan dalam kandungan saja karena cerebral palsy dapat muncul ketika proses persalinan.

Mengenal lebih dekat dengan apa itu cerebral palsy harus ditangani secara baik oleh ahlinya. Anda dapat mengobati permasalahan kesehatan cerebral palsy dengan cara rutin melakukan terapi wicara bersama kami.

Apabila anak mengalami cerebral palsy, Anda tidak perlu terlalu khawatir sebab ada Wicaraku di sini. Agar lebih mengenal mengenai lumpuh otak pada anak, pastikan ikuti penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Mengenal Apa Itu Cerebral Palsy?

Lumpuh otak lebih terkenal dengan sebutan cerebral palsy merupakan kondisi pada anak-anak yang mengalami gangguan motorik. Dengan gangguan motorik ini langsung berkaitan dengan koordinasi maupun gerak anggota tubuh.

Faktor utama munculnya penyakit lumpuh otak karena terdapat gangguan dan kerusakan otak yang terjadi selama organ vital tersebut sedang berkembang. Terjadinya perkembangan secara abnormal pada otak memungkinkan penyakit tersebut muncul.

Kebanyakan kasus penyakit ini ditemukan pada saat anak masih berada di dalam kandungan ibunya. Jenis gangguan kesehatan otak tersebut menjadi salah satu penyakit yang belum bisa disembuhkan secara total.

Namun, ada beberapa penangan medis yang dapat dilakukan untuk mengembalikan fungsi motorik pada anak ketika terkena cerebral palsy. Salah satu penanganan medis ampuh mengatasi lumpuh otak adalah dengan terapi wicara.

Sebelum mengetahui tanda-tanda dari penyakit apa itu cerebral palsy, Anda harus tahu beberapa penyebabnya terlebih dahulu. Berikut ini adalah penyebab utama munculnya penyakit lumpuh otak pada anak.

Penyebab Anak Mengalami Kelumpuhan Pada Otak

Masalah kerusakan pada anak disebabkan oleh beberapa faktor utama yang akan kami sajikan melalui ulasan di bawah ini. Berikut adalah beberapa penyebab terjadinya kerusakan otak atau cerebral palsy pada anak.

  1. Bayi Lahir Secara Prematur

Kelahiran bayi prematur tentu saja membuat organ-organ vital pada tubuh belum terbentuk secara maksimal. Alhasil, fungsi organ tubuh bayi prematur tidak bisa berfungsi seperti orang-orang pada umumnya.

  1. Pendarahan Otak pada Bayi

Apa itu cerebral palsy dapat disebabkan karena adanya pendarahan otak seorang bayi. Pendarahan pada otak bisa terjadi akibat kecelakaan yang mana terdapat kerusakan di bagian kepala bayi.

  1. Infeksi Virus pada Ibu Hamil

Ibu hamil bisa terinfeksi virus tertentu yang berisiko menimbulkan kerusakan pada otak bayi. Beberapa virus yang biasa menyerang ibu hamil seperti herpes, zika, toksoplasmosis, dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Masalah dalam Persalinan

Awal kemunculan apa itu cerebral palsy menjadi penyakit yang umumnya dialami bayi ketika baru lahir. Beberapa masalah persalinan seperti terjadinya komplikasi, pendarahan, hingga kurangnya pasokan oksigen dapat menyebabkan cerebral palsy.

  1. Meningitis Bayi

Bayi lahir juga bisa menderita penyakit meningitis yakni peradangan pada selaput otak bernama menginen. Apabila bayi mengalami meningitis, tentunya bisa menyebabkan kelumpuhan otak apabila tidak segera ditangani.

Melihat beberapa penyebab munculnya penyakit tersebut kini membuat para orang tua harus bertindak cepat untuk mengatasi kelumpuhan otak pada bayi. Hampir 90% kasus kelumpuhan otak ditemukan sebagai penyakit bawaan lahir.

Ciri-ciri dari Cerebral Palsy yang Perlu Anda Tahu

Melihat definisi apa itu cerebral palsy, Anda juga harus tahu ciri-ciri atau gejala awal munculnya penyakit tersebut. Hal ini bertujuan untuk melakukan langkah penanganan secara tepat dan cepat.

Secara umum, ciri-ciri munculnya masalah kesehatan kelumpuhan otak terjadi ketika bayi berusia 1-2 tahun. Berikut adalah beberapa ciri-ciri sebagai gejala awal cerebral palsy yang penting untuk Anda ketahui mulai sekarang.

  1. Perkembangan Motorik yang Terlambat

Anda patut curiga ketika bayi mengalami perkembangan motorik yang terlambat pada usia 1-2 tahun. Contoh kemampuan motorik yang tertunda seperti halnya terlambat berdiri, merangkak, duduk, hingga berjalan.

  1. Keterlambatan Bicara

Kemampuan bayi dapat berbicara memang berbeda-beda, namun secara umum umur 1-2 tahun sudah bisa bicara. Apabila usia lebih dari 2 tahun belum bisa bicara, maka bisa jadi mengalami gangguan otak.

  1. Ketidakseimbangan dalam Memakai Anggota Tubuh

Ketika bayi merangkak menggunakan satu sisi tubuh secara terus menerus, ini merupakan gejala awal cerebral palsy. Anda dapat mengamati gerak bayi agar bisa mengetahui gejala ini secara tepat.

  1. Cara Jalan yang Aneh

Cara jalan seorang bayi yang aneh juga bisa menjadi gejala awal munculnya penyakit lumpuh otak. Cara jalan yang aneh seperti halnya kaki terbuka terlalu lebar, berjinjit, hingga menyilang.

  1. Kesulitan Merespon

Ciri lain apa itu cerebral palsy adalah ketika bayi mengalami kesulitan dalam merespon sesuatu di sekitarnya. Respon terlambat atau justru tidak dapat merespon orang lain menjadi tanda cerebral palsy.

  1. Sering Kejang dan Mengeluarkan Air Liur

Fenomena bayi sering mengalami kejang-kejang dan mengeluarkan air liur secara berlebihan merupakan awal gejala penyakit lumpuhnya otak. Permasalahan kejang harus segera ditangani secara tepat oleh perawat.

Apabila mengalami berbagai ciri-ciri gejala apa itu cerebral palsy di atas pada bayi, Anda harus segera melakukan tindakan medis. Tujuannya agar masalah kesehatan tersebut tidak semakin berbahaya bagi sang anak.

Langkah Penanganan Cerebral Palsy dengan Terapi Wicara

Anak yang mengalami gangguan kesehatan kelumpuhan otak biasanya akan berlangsung seumur hidup. Akan tetapi Anda dapat mengupayakan beberapa tindakan medis supaya bisa meningkatkan kualitas hidup pasien cerebral palsy.

Terapi wicara menjadi salah satu cara paling ampuh untuk meningkatkan kemampuan bicara sang anak meskipun mengalami masalah tersebut. Sebagai ahlinya, Wicaraku telah berpengalaman menstimulan para pasien kelumpuhan otak.

Alasan melakukan terapi wicara pada penderita cerebral palsy supaya kemampuan berbicara anak bisa meningkat jadi lebih baik. Wicaraku telah memiliki terapis profesional dan berpengalaman, sehingga tidak perlu diragukan lagi.

Dalam mengatasi masalah penyakit apa itu cerebral palsy, kami memiliki terapis ahli di bidangnya. Pelayanan Wicaraku dilakukan secara maksimal agar kesembuhan segera dirasakan oleh penderita penyakit lumpuh otak.

Mulai sekarang Anda tidak perlu bingung dalam mencari terapi wicara terbaik di Indonesia karena Wicaraku menjadi jawaban tepat. Wicaraku telah berpengalaman menyediakan layanan terapi hingga pengobatan kepada penderita cerebral palsy.

Untuk memperoleh informasi lebih banyak mengenai pelayanan, biaya, dan metode terapi wicara bisa menghubungi kami. Hubungi admin kami melalui nomor +62 895-4151-54575 yang selalu bersedia untuk Anda dalam 24 jam.

Jangan sampai terlambat memberikan terapi wicara pada anak ketika mengalami ciri dan gejala kelumpuhan otak. Tindakan medis yang tepat dari Wicaraku dapat mengatasi masalah penyakit apa itu cerebral palsy.

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Dampak Kesehatan Akibat Cegukan Terus, Ini Perlu Diketahui

Manfaat Terapi Wicara di Rumah untuk Kemajuan Pasien

Berapa Biaya Terapi Wicara Anak? Ini Panduan untuk Orang Tua

Do You Want To Boost Your Business?

Meningkatkan client yang membutuhkan layanan Fisioterapis di klinik Anda, anda bisa bekerja sama
dengan kami!

Layanan Kami

Konsultasi Gratis

Konsultasi via WhatsApp gratis untuk selamanya.

Earl Package

  • 6x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

King Package

  • 8x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Emperor Package

  • 12x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Crown Package

  • 15x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Royal Package

  • 30x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang