Terapi Wicara Cerebral Palsy Bantu Interaksi Sosial

Wicaraku Writer

February 16, 2024

Wicaraku

Wicaraku Writer

February 16, 2024

Wicaraku

Bagikan Artikel

Terapi wicara cerebral palsy dapat membantu meningkatkan kemampuan komunikasi. Beberapa orang anak yang memiliki kondisi cerebral palsy biasanya akan memiliki kesulitan dalam berkomunikasi. Orang yang memiliki kondisi cerebral palsy sebenarnya bisa dibantu untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi agar tidak kesulitan.

Kondisi cerebral palsy sering ditemukan dan tidak banyak orang yang tahu ciri-cirinya. Bahkan ada beberapa orang yang mengidentifikasikan bahwa penderita cerebral palsy sama dengan autis, padahal keduanya tentu berbeda.

Penanganan yang diberikan pada proses terapi juga akan berbeda antara satu kondisi dengan kondisi lainnya. Untuk itu dengan terapi bicara yang profesional lain sudah berkualifikasi akan memberikan terapi yang sesuai dengan kebutuhan pasien.

Mengenal Tentang Cerebral Palsy Berikut

Jadi cerebral palsy atau CP merupakan suatu gangguan neurologis yang memiliki dampak besar terhadap kemampuan motorik seorang anak.

Gangguan ini biasanya ditandai oleh kelainan gerakan, masalah tonus otot, dan gangguan postur yang disebabkan oleh kerusakan pada otak yang sedang berkembang, seringkali terjadi sebelum kelahiran. Tidak heran jika butuh terapi wicara cerebral palsy.

Anak-anak yang mengalami kondisi ini memerlukan dukungan dalam menjalani aktivitas sehari-hari mereka. Setiap individu yang mengalami cerebral palsy (CP) mungkin menunjukkan gejala yang berbeda-beda.

Variasi dalam keterbatasan gerak tergantung pada lokasi dan tingkat keparahan kerusakan otak. Meskipun begitu, ada beberapa gejala umum yang sering terkait dengan kondisi ini:

  1. Gangguan Gerakan: Termasuk kekakuan otot, kelemahan otot, serta kesulitan dalam koordinasi gerakan yang kompleks, seperti mengambil atau meletakkan objek.
  2. Gangguan Perkembangan: Anak-anak dengan cerebral palsy mungkin mengalami keterlambatan dalam mencapai tonggak perkembangan tertentu, seperti duduk, berjalan, atau berbicara, dibandingkan dengan anak-anak sebaya mereka.
  3. Masalah Komunikasi: Sebagian anak dengan CP mungkin mengalami kesulitan dalam berbicara atau menggunakan bahasa tubuh dan ekspresi wajah untuk berkomunikasi.
  4. Masalah Sensori: Beberapa anak dengan CP mungkin memiliki sensitivitas yang tinggi terhadap rangsangan seperti suara keras, cahaya terang, atau sentuhan.
  5. Gangguan Postur Tubuh: Anak-anak dengan cerebral palsy mungkin menunjukkan postur tubuh yang tidak wajar, seperti kelengkungan tulang belakang atau sikap tubuh yang tidak simetris.

Nah, dari sini sudah bisa diketahui bahwa terapi wicara cerebral palsy sangat penting untuk menunjang perkembangan.

Ketahui Penyebab dari Cerebral Palsy

Meskipun dianggap sebagai kondisi medis, sebagian pihak tidak menganggap cerebral palsy (CP) sebagai penyakit, melainkan sebagai dampak dari berbagai cedera otak yang beragam, Seperti kekurangan oksigen sebelum atau setelah kelahiran.

Baik wanita maupun pria yang mengidap cerebral palsy dapat memiliki anak, dan kondisi ini tidak bersifat genetik atau mempengaruhi kehamilan yang sehat.

Hingga saat ini, cerebral palsy belum memiliki obat penyembuh dan cenderung berlangsung seumur hidup. Namun, terdapat beragam penanganan medis yang dapat membantu meningkatkan fungsi motorik individu yang terkena.

Pilihan pengobatan mencakup penggunaan obat-obatan, terapi wicara cerebral palsy, prosedur bedah, serta perawatan lainnya sesuai dengan kebutuhan individu. Kebanyakan kasus kondisi ini sulit untuk dicegah secara langsung.

Namun, ada langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengurangi risiko terjadinya, terutama melalui perawatan prenatal yang cermat. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil untuk meminimalkan komplikasi selama kehamilan:

  1. Melakukan vaksinasi sebelum kehamilan, seperti vaksin rubella, dapat membantu mencegah infeksi yang berpotensi merugikan janin, termasuk kerusakan pada otak.
  2. Rutin melakukan pemeriksaan kehamilan oleh dokter spesialis kandungan dapat membantu mendeteksi dan mengatasi masalah yang mungkin timbul selama kehamilan, seperti kelahiran prematur, infeksi, dan masalah berat badan lahir.
  3. Menghindari asupan zat-zat berbahaya seperti alkohol, tembakau, dan obat-obatan terlarang sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu dan janin selama kehamilan.

Dengan mengambil langkah-langkah pencegahan ini, diharapkan risiko terjadinya komplikasi selama kehamilan dapat diminimalkan.

Dapatkah Terapi Wicara Cerebral Palsy Membantu Komunikasi Lebih Lancar?

Apakah terapi wicara cerebral palsy dapat diandalkan untuk membantu proses komunikasi? Tentu saja bisa. Gangguan bicara umum terjadi pada penderita Cerebral Palsy. Faktanya, sebuah studi tahun 2012 yang dilakukan oleh peneliti Swedia menemukan bahwa masalah bicara mempengaruhi lebih dari separuh anak-anak penderita Cerebral Palsy.

Beberapa anak penderita Cerebral Palsy mengalami kesulitan mengendalikan otot-otot di wajah, tenggorokan, leher, dan kepala. Hal ini dapat menyebabkan masalah pada bicara, mengunyah, dan menelan.

Hal ini juga dapat menyebabkan air liur keluar dan mempengaruhi kemampuan berinteraksi dan belajar secara keseluruhan. Mereka yang juga mengalami kesulitan mendengar mungkin kesulitan memahami bahasa lisan.

Terapi wicara cerebral palsy dan bahasa bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bicara dan komunikasi anak dengan memperkuat otot-otot yang digunakan untuk berbicara, meningkatkan keterampilan motorik mulut, dan dengan meningkatkan pemahaman mereka tentang bicara dan bahasa.

Dengan cara ini juga dapat membantu mengatasi gangguan menelan, seperti disfagia. Dari sini anda sudah tahu terapi wicara dapat membantu mengatasi masalah ini, sehingga memudahkan anak mendapatkan nutrisi dan hidrasi yang tepat yang dibutuhkannya.

Hal ini dapat meningkatkan kualitas hidup mereka secara keseluruhan dan meningkatkan kemandirian mereka. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan terapi wicara cerebral palsy, seperti berikut:

  1. Membantu artikulasi
  2. Pengucapan
  3. Kefasihan/gagap
  4. Pembentukan suara dan kata
  5. Mendengarkan
  6. Melempar
  7. Perkembangan bahasa dan kosa kata
  8. Volume bicara
  9. Pemahaman kata
  10. Asosiasi kata-objek
  11. Dukungan dan kontrol pernapasan
  12. Mengunyah
  13. Menelan
  14. Koordinasi dan kekuatan otot bicara

Memilih Terapi Wicara Cerebral Palsy yang Tepat

Saat ini sudah banyak sekali terapi bicara yang dapat dimanfaatkan untuk anak dengan kondisi cerebral palsy. Namun sebagai orang tua tentunya Anda diharapkan bisa memilih tempat yang layak dan tepat.

Paling tidak terapis sudah memiliki izin untuk melakukan terapi atau sudah berkualifikasi, profesional, dan melakukan terapi sesuai dengan kondisi pasien. Anda bisa saja menghubungi terapi bicara profesional yaitu Wicaraku, lakukan komunikasi terlebih dahulu dengan menghubungi nomor kami.

Melalui rumah terapi wicara cerebral palsy yang satu ini tentu lebih memudahkan anak dengan cerebral palsy untuk bisa berkomunikasi dengan lancar dan bersosial dengan orang sekitar menjadi lebih mudah.

Manfaat terapi wicara lebih dari sekadar meningkatkan kemampuan anak dalam memahami dan menggunakan bahasa. Komunikasi sangat penting untuk bidang perkembangan lainnya, seperti perkembangan kognitif dan perkembangan sosial dan emosional.

Ketika anak belajar mengekspresikan diri dengan lebih baik, manfaatnya dapat dilihat dalam banyak aspek kehidupan dan perkembangannya.

Jadi, ada banyak keuntungan jika menggunakan terapi berbicara. Sekalipun divonis tidak dapat disembuhkan, paling tidak anak dengan kondisi ini bisa memiliki kemampuan berkomunikasi. Dengan adanya komunikasi yang lancar tentu bisa membantu aktivitas sehari-hari menjadi lebih mudah.

Pastikan jika Anda sudah menemukan tempat terapi yang tepat. Tidak perlu terburu-buru, Pilihlah tempat terapi yang sudah dicari informasinya dan melakukan riset dengan detail, sehingga Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk memberikan terapi wicara cerebral palsy yang tepat segera hubungi kami di nomor +62 895-4151-54575.

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Kondisi Sulit Berbicara Disartria, Kenali Jenis dan Terapinya

Anak Terlambat Bicara dan Kecerdasannya, Apa Lebih Istimewa?

Kenali Tanda Anak Speech Delay yang Sering Diabaikan

Do You Want To Boost Your Business?

Meningkatkan client yang membutuhkan layanan Fisioterapis di klinik Anda, anda bisa bekerja sama
dengan kami!

Layanan Kami

Konsultasi Gratis

Konsultasi via WhatsApp gratis untuk selamanya.

Earl Package

  • 6x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

King Package

  • 8x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Emperor Package

  • 12x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Crown Package

  • 15x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Royal Package

  • 30x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang