Pilihan Mainan untuk Anak Speech Delay Rekomendasi Para Ahli

Wicaraku Writer

June 13, 2024

Wicaraku

Wicaraku Writer

June 13, 2024

Wicaraku

Bagikan Artikel

Mencari mainan untuk anak speech delay di jaman sekarang sebenarnya cukup mudah. Ada berbagai macam jenis alat menarik yang bisa orang tua beli dari toko.

Namun, masih banyak orang tua di luar sana yang masih belum yakin sebenarnya mainan jenis apa yang sebaiknya mereka beli? Jika Anda juga mengalami kebingungan yang sama, maka penjelasan kali ini akan menjawab rasa penasaran tersebut.

Rekomendasi Mainan untuk Anak Speech Delay

Memberi mainan untuk anak speech delay sebenarnya bukan hanya sekedar untuk bersenang-senang. Ini lebih seperti hadiah untuk memancing mereka berkomunikasi dengan baik.

Bukan hanya untuk anak dengan keterlambatan bicara saja, alat di bawah ini juga direkomendasikan untuk diagnosa lain seperti autisme, dll. Berikut adalah pilihan mainan menarik yang bisa diberikan untuk mereka.

1. Mr. Potato Head

Ini merupakan mainan dengan bentuk kentang, tapi memiliki mata, hidung, kumis, bahkan memakai topi seperti layaknya manusia. Berbagai macam bagian tersebut bisa dilepas pasang sehingga sangat menyenangkan.

Dibalik itu semua, Anda bisa mengajarkan anak-anak mengenai nama-nama bagian tubuh, khususnya di area wajah. Minta mereka untuk menempelkannya juga sehingga anak akan tahu dimana lokasinya.

2. Animal Pop-Up

Inti dari mainan untuk anak speech delay ini adalah ragam binatang yang akan muncul dari tempat mereka. Yang menarik adalah anak-anak terkadang akan terkejut ketika binatang tersebut melompat.

Mengapa Animal Pop-Up direkomendasikan adalah karena bisa melatih anak untuk memperhatikan sebuah kegiatan yang dilakukan. Seperti Anda tahu bahwa kesulitan memperhatikan sesuatu adalah kelemahan mereka dengan speech delay.

Mainan ini juga memungkinkan Anda untuk mengajarkan nama-nama binatang, mengajarkan tentang warna, penyebutan kata dengan benar, meniru suara hewan, dan lain sebagainya. Target kata kerja yang bisa Anda ajarkan da lam hal ini adalah buka dan tutup.

Baca juga tentang : Apakah Speech Delay Bisa Sembuh? Cek Fakta Sebenarnya Disini

3. Mobil-mobilan dalam Track

Konsep dari mainan untuk anak speech delay ini adalah meletakkan mobil ke dalam treknya dan kemudian mobil tersebut akan berjalan menyusuri trek tersebut. Anda dapat membuat target kira-kira kata apa saja yang harus mampu diucapkan anak.

Dengan alat ini Anda bisa melakukan banyak hal seperti menirukan suara mobil, menyebutkan bagian-bagian mobil (setir, roda, dsb), mengajarkan warna, dan mengajarkan mereka berbagai kata kerja.

Misalnya saja seperti siap, jalan, satu, dua, tiga, sebelum menaruh mobil di trek. Bahkan, sangat bagus pula untuk mengajari mereka kata tolong saat kesulitan menaruh mobil di jalurnya.

Beberapa mobil bisa saja memiliki warna yang berbeda. Cobalah memberikan perintah sederhana seperti coba ambilkan mama mobil warna biru, putih, atau lainnya.

4. Microphone Echo untuk Anak

Microphone untuk anak adalah jenis mainan untuk anak speech delay untuk dicoba. Banyak terapis memakai alat ini agar mereka dengan speech delay bisa berlatih mengucapkan kata dan mengulang apa yang diucapkan terapis.

Dengan alat seperti ini Anda bisa mengajarkan beberapa suara seperti aah, oooo, shhh, papapa, atau lainnya. Targetkan juga beberapa pengertian seperti milikku, giliranku, tolong, dll.

Manfaat lainnya adalah anak – anak bisa mengenali dan mendengar suara mereka sendiri. Cobalah minta mereka untuk mengatakan sesuatu atau menyanyikan lagu dari kata yang mereka dengar.

5. Boneka dengan Berbagai Perlengkapan

Kehadiran boneka ternyata bisa juga menjadi salah satu mainan untuk anak speech delay. Terutama jika boneka itu dilengkapi dengan piranti lain seperti kamar mandi, alat makan, baju, dan sebagainya.

Beberapa terapis bicara mengatakan bahwa salah satu mainan terbaik milik mereka untuk mengajari bermain peran adalah boneka dengan aksesoris – aksesoris yang meniru rumah.

Anda wajib tahu bahwa biasanya anak-anak sangat suka berakting atau bermain peran. Terutama berakting hal-hal yang sering mereka lihat seperti apa yang biasanya dilakukan oleh ayah dan ibunya.

Sebagai contoh adalah sesi makan, menyuapi anak, berganti baju, atau bahkan waktu mandi. Jika Anda memiliki boneka dengan bahan plastic, akan sangat menyenangkan bermain peran ketika mandi dengan memakai boneka itu.

Jika boneka Anda tidak memiliki aksesoris bawaan, tidak masalah juga untuk memakai beberapa peralatan dari dapur. Misalnya mangkok plastic kecil, sendok, piring, dan lainnya.

Cobalah pakai mainan untuk anak speech delay seperti ini dan mainkan peran saat sedang menyuapi bayi. Namun, jika Anda ingin sesuatu yang lebih sederhana, bawalah boneka ini kemanapun Anda dan buah hati pergi.

Libatkan boneka tersebut dalam berbagai aktivitas yang dilakukan. Cara itu akan sangat baik untuk berlatih mengembangkan kemampuan berbahasa dan tidak akan pernah ada batasnya.

Baca juga tentang : Terapi Wicara untuk Autisme Beserta Tujuannya

Saat Terapi Speech Delay Jangan Paksa Anak – anak

Ingat bahwa mungkin saja buah hati Anda tidak tertarik pada salah satu atau bahkan semua mainan untuk anak speech delay di atas. Jika ini terjadi, jangan paksa mereka untuk langsung menyukainya.

Tidak semua anak suka bermain peran, oleh karena itu cobalah untuk berhenti sesaat dan coba lagi di lain waktu. Jika tidak, cobalah dengan memakai mainan berbentuk hewan terlebih dahulu.

Kuncinya adalah aktif memperkenalkan kata dan bahasa dalam aktivitas bermain ini. Cara mudah seperti itu akan membuat anak tidak sadar bahwa mereka juga belajar meski dalam proses bermain seperti biasa.

Banyak terapis bicara menggunakan alat bantu mainan dalam setiap sesi mereka. Anda bisa mendukung proses terapi itu dengan melakukan hal yang sama di rumah dan akan ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh seperti:

  1. Kemampuan berbahasa secara receptive atau pemahaman mereka mengai bahasa
  2. Kemampuan sosial atau bagaimana anak berinteraksi atau terlibat dengan orang – orang disekitarnya
  3. Kemampuan bermain yang mana secara langsung berhubungan dengan kemampuan kognitif (kecerdasan) atau bagaimana cara mereka berpikir dan belajar.

Baca juga tentang : Kelebihan Terapi Wicara di Rumah dan Persiapannya

Dukung Kesembuhan Speech Delay dengan Terapi secara Profesional

Banyaknya jenis mainan untuk anak speech delay merupakan sebuah solusi yang efektif dan menyenangkan untuk dicoba. Namun, jika Anda ingin memperoleh hasil yang lebih cepat, maka jangan ragu untuk datang ke jasa terapi wicara professional.

Salah satunya adalah Wicaraku yang memiliki banyak sekali terapis handal dan berpengalaman. Anda bahkan bisa melakukan terapi langsung dari rumah karena kami memiliki layanan tersebut.

Anda bisa memulai dengan menghubungi kami di nomor +62 895-4151-54575 dan akan langsung dilayani dengan baik. Kemudian, silahkan lakukan konsultasi terlebih dahulu mengenai keluhan speech delay yang dimiliki.

Wicaraku merupakan jasa untuk terapi bicara dan pemesanan bisa Anda lakukan secara online. Kami memiliki tim yang terlatih dan menggunakan metode komprehensif namun tentu saja tetap menyenangkan bagi anak-anak.

Secara alami, anak akan terdorong kemampuannya dalam berkomunikasi bahkan kemampuannya dalam melibatkan diri di lingkup sosial. Semua proses konsultasi dan pemesanan terapi sangat mudah dilakukan.

Terapis juga menggunakan berbagai metode menarik, termasuk memakai beragam alat yang menyenangkan dan lain sebagainya. Silahkan hubungi dan gunakan layanan online kami untuk memperoleh segala kemudahan terapi di rumah.

Kami siap membersamai putra dan putri Anda untuk mendapatkan kemampuannya berkomunikasi secara maksimal. Baik itu dengan memakai mainan untuk anak speech delay atau dengan alat efektif lainnya.

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Dampak Kesehatan Akibat Cegukan Terus, Ini Perlu Diketahui

Manfaat Terapi Wicara di Rumah untuk Kemajuan Pasien

Berapa Biaya Terapi Wicara Anak? Ini Panduan untuk Orang Tua

Do You Want To Boost Your Business?

Meningkatkan client yang membutuhkan layanan Fisioterapis di klinik Anda, anda bisa bekerja sama
dengan kami!

Pilihan Mainan untuk Anak Speech Delay Rekomendasi Para Ahli

Layanan Kami

Konsultasi Gratis

Konsultasi via WhatsApp gratis untuk selamanya.

Earl Package

  • 6x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

King Package

  • 8x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Emperor Package

  • 12x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Crown Package

  • 15x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Royal Package

  • 30x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang