Kelebihan Terapi Wicara di Rumah dan Persiapannya

Wicaraku Writer

March 22, 2024

Wicaraku

Wicaraku Writer

March 22, 2024

Wicaraku

Bagikan Artikel

Mungkin kebanyakan orang masih berpikir dua kali ketika ingin melakukan terapi wicara mandiri. Pastinya masing – masing orang memiliki pertimbangan sendiri mengapa pada akhirnya lebih memilih terapi di rumah sakit atau klinik.

Namun sebenarnya tidak ada yang salah jika memang ingin mencoba untuk melakukannya di rumah. Pada dasarnya semua terapi dilakukan untuk tujuan yang sama, yaitu memberikan pelatihan untuk mengatasi segala permasalahan yang dialami. Hanya saja terkadang lokasi atau tempat pelaksanaan juga turut berpengaruh. Mengapa bisa begitu?

Hal ini bisa jadi disebabkan oleh faktor emosi. Karena ada sebagian orang merasa kurang nyaman, gugup dan takut jika berada dilingkungan atau tepat baru. Dengan opsi di rumah, maka rasa nyaman akan lebih terbentuk, sehingga pelatihan apapun yang dilakukan tentu akan lebih maksimal.

Terapi Wicara Mandiri di Rumah Perlu Dilakukan

Memang secara umum kebanyakan orang akan melakukan berbagai macam terapi di rumah sakit. Alasannya adalah karena fasilitas dan layanannya sudah pasti lebih memadai. Sehingga akan lebih memperkecil segala risiko atau kendala.

Namun perlu dipahami bahwa sebenarnya ketika ingin melakukan terapi wicara mandiri juga tidak menjadi masalah. Hanya saja memang terdapat beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi.

Tujuannya tentu agar semua terapi bisa memberikan hasil sama ketika melakukannya di rumah sakit. Hal tersebut bisa berkaitan dengan metode yang dilakukan, alat atau media pelengkap, apakah membutuhkan bantuan terapis atau tidak dan lain sebagainya.

Tentu saja sebelum memutuskan hal tersebut, terlebih dahulu Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar diberikan saran tentang prosedurnya. Dengan begitu, meskipun dilakukan secara mandiri namun secara hasil tetap memberikan dampak positif.

Beberapa Kelebihan Terapi Wicara Mandiri di Rumah

Meskipun masih terdengar jarang, namun sepertinya memang sudah cukup banyak orang dimana menerapkan metode terapi untuk keterbatasan berbicara namun dilakukan di rumah. Hal ini dirasa efektif, terutama bagi pasien yang merasa kesulitan jika berada di lingkungan asing atau baru.

Tentu banyak orang mempertanyakan tentang apa sajakah keuntungan yang didapatkan jika melakukan terapi wicara mandiri. Beberapa diantara adalah berkaitan dengan waktu, biaya dan juga tingkat kenyamanan. Berikut adalah penjelasannya.

  1. Hemat Waktu

Ketika harus melakukan sebuah terapi berkala, tentu ada kalanya terkendala masalah waktu. Anggota keluarga mau tak mau harus menyisihkan waktu setidaknya beberapa jam hinga satu hari untuk mengantar ke rumah sakit atau klinik. Itu artinya harus mengorbankan waktu bekerja atau aktifitas lainnya dimana hal ini tentu seringkali menjadi kendala.

Namun jika dilakukan di rumah, maka secara otomatis akan lebih praktis. Karena bisa tetap sambil melakukan pekerjaan rumah namun kebutuhan terapi wajib dapat dilakukan seperti seharusnya.

  1. Hemat Biaya

Biaya seringkali menjadi kendala utama bagi keluarga yang memiliki anggota keluarga berkebutuhan khusus, terutama masalah gangguan bicara. Dimana diwajibkan untuk melakukan terapi secara rutin.

Jika terapi dilakukan diluar tentu harus memikirkan tentang biaya transport, biaya malan diluar serta biaya – biaya lainnya. Namun berbeda jika dilakukan di rumah karena bisa memangkas biaya bensin atau transport, bisa makan di rumah sehingga jelas jauh lebih hemat biaya.

  1. Lebih Nyaman

Pasien dengan gangguan berbicara tentu seringkali merasa kurang nyaman jika berada dilingkungan baru, apalagi bertemu dengan orang asing. Dengan adanya terapi ini, setidaknya dapat mengurangi rasa panik, takut dan khawatir sehingga pasien akan lebih nyaman. Jika pasien merasa nyaman tentu segala pengobatan yang dilakukan bisa lebih maksimal.

  1. Bisa Dibantu Anggota Keluarga atau Jasa Terapis

Sebenarnya terapi wicara mandiri bisa saja hanya dibantu anggota keluarga, terutama orang tua pasien. Namun bisa juga dengan menambahkan jasa terapis. Anda bisa menggunakan jasa terapis dari rumah sakit agar dapat membantu proses terapi yang dilakukan.

  1. Bisa Menggunakan Beberapa Alat Pendukung

Meskipun hanya dilakukan di rumah saja, namun bukan berarti hasilnya tidak maksimal. Hasil tetap akan baik karena Anda bisa melibatkan beberapa peralatan pendukung.

Beberapa alat tersebut seperti alat tulis, cermin, media musik dan video, peralatan makan serta timer. Semua alat tersebut dapat digunakan untuk melatih kemampuan bicara pasien, melatih indera pendengaran sekaligus memberikan waktu atau timer untuk pengecekan ketepatan.

Dengan kombinasi hal – hal diatas tentu akan menjadi paket lengkap. Sehingga kebutuhan terapi dapat terpenuhi dengan baik meskipun tanpa harus keluar rumah.

Persiapan Sebelum Melakukan Terapi Wicara Mandiri di Rumah

Agar pelatihan dan perawatan yang dilakukan dapat memberikan hasil maksimal walaupun hanya dilakukan di rumah, tentu ada beberapa hal perlu dilakukan yaitu menghindari pantangan. Hal ini bertujuan agar pasien tidak terganggu atau terdistraksi sehingga dapat mengganggu proses yang dilakukan.

  1. Mematikan Gadget dan Perangkat Elektronik

Melakukan terapi wicara mandiri bukan berarti bisa dilakukan secara bebas. Tetap harus diterapkan aturan – aturan selayaknya terapi di rumah sakit. Tujuannya agar pasien tetap fokus pada terapi dan tidak terganggu oleh hal – hal lainnya.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan yaitu dengan cara mematikan gadget maupun perangkat elektronik yang dirasa tidak diperlukan selama latihan. Hal ini agar proses perawatan tidak terdistraksi. Pengecualian jika perangkat elektronik tersebut dijadikan sebagai media gambar, video maupun suara.

  1. Memberikan Tempat Nyaman

Ketika sebuah tempat memberikan rasa nyaman, tentu akan menciptakan rasa nyaman pula selama proses terapi wicara mandiri Sehingga penting sekali menyediakan ruangan atau tempat khusus agar rasa nyaman tersebut tetap ada. Sehingga baik pasien maupun terapis tidak akan merasa terganggu dengan gangguan apapun.

  1. Menyediakan Media Pelengkap

Pelatihan gangguan bicara tentu membutuhkan alat pelengkap seperti papan tulis, cermin, media video dan gambar serta peralatan lainnya. Agar terapi lebih maksimal karena ada alat peraga tambahannya.

  1. Ciptakan Suasana Menyenangkan

Disadari atau tidak, suasana seringkali mempengaruhi hasil terapi. Ketika pasien atau terapis merasa kurang nyaman maka tentunya akan berpengaruh terhadap kinerja terapinya. Sehingga pastikan bahwa suasana tempat atau ruangan terapi yang dilakukan di rumah benar – benar nyaman.

Dengan melakukan serangkaian persiapan diatas, maka secara tidak langsung akan memaksimalkan proses terapi. Sehingga hasil yang didapatkan tentu akan lebih maksimal lagi.

Tips Melakukan Terapi Wicara Mandiri di Rumah

Agar terapi yang dilakukan di rumah tetap berjalan dengan lancar dan memberikan hasil optimal, maka terapkan beberapa tips berikut.

  1. Manfaatkan alat pendukung dimana nantinya dapat menampilkan gambar, video, suara maupun tulisan.
  2. Jauhkan apapun yang dapat mengganggu proses terapi.
  3. Lakukan pengulangan agar memori dan kemampuan makin terlatih.
  4. Lakukan dengan penuh kesabaran.
  5. Hindari sikap emosional agar pasien merasa nyaman.
  6. Lakukan terapi secara rutin agar hasilnya bisa lebih maksimal.
  7. Lakukan pemantauan dan laporan secara rutin sebagai bahan analisa mengukur kemajuan yang didapatkan.
  8. Terus lakukan konsultasi dengan dokter berkompeten untuk memaksimalkan proses terapi yang dilakukan.

Dengan menerapkan tips – tips di atas maka akan mencegah kendala yang bisa timbul, sekaligus memaksimalkan proses perawatan. Bagi Anda yang membutuhkan konsultasi atau bantuan mengenai terapi wicara mandiri di rumah maka dapat menghubungi kami Wicaraku di nomor +62 895-4151-54575.

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Kondisi Sulit Berbicara Disartria, Kenali Jenis dan Terapinya

Anak Terlambat Bicara dan Kecerdasannya, Apa Lebih Istimewa?

Kenali Tanda Anak Speech Delay yang Sering Diabaikan

Do You Want To Boost Your Business?

Meningkatkan client yang membutuhkan layanan Fisioterapis di klinik Anda, anda bisa bekerja sama
dengan kami!

Layanan Kami

Konsultasi Gratis

Konsultasi via WhatsApp gratis untuk selamanya.

Earl Package

  • 6x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

King Package

  • 8x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Emperor Package

  • 12x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Crown Package

  • 15x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Royal Package

  • 30x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang