Terapi Komunikasi Untuk Penderita Parkinson

Wicaraku Writer

December 28, 2023

Wicaraku

Wicaraku Writer

December 28, 2023

Wicaraku

Bagikan Artikel

Terapi Komunikasi Untuk Penderita Parkinson

Penyakit Parkinson adalah gangguan neurodegeneratif yang mempengaruhi sel saraf motorik Anda. Seiring perkembangannya, penderita parkinson saat berkomunikasi mungkin menjadi lebih sulit dipahami karena perubahan kualitas suaranya yang menjadi lebih lembut atau serak. Selain itu, penderita parkinson juga mengalami kesulitan dalam berbicara.

Penyakit parkinson mempengaruhi saraf dan otot yang mempengaruhi bicara Anda.  Beberapa bagian tubuh yang dipengaruhinya, yaitu laring, tenggorokan, gerakan otot wajah, otot pernapasan, lidah, bibir, dan area otak yang mengontrol pendengaran, suara, dan ucapan.

Jika Anda mengalami parkinson, beberapa gejala yang bisa dilihat, yaitu suaranya serak atau lembut, nada bicara yang monoton, kesulitan mengucapkan huruf atau kata dengan jelas, menggunakan ucapan yang singkat, dan hilangnya ekspresi wajah Anda.

Seorang ahli patologi wicara dapat membantu penderita parkinson untuk berbicara lebih jelas dan percaya diri. Berikut program terapi yang bisa dilakukan oleh penderita parkinson untuk meningkatkan volume suara dan mekanisme berbicara.

Program Terapi

LSVT Lee Silverman Voice Treatment (LSVT) adalah program perawatan intensif selama satu bulan bersama dengan praktisi di rumah. Fokus perawatan pada program ini adalah volume suara. 

Program ini akan membantu penderita parkinson mengenali apakah suara mereka pelan saat bekerja untuk menghasilkan suara yang keras dan berkualitas baik. Seorang terapis wicara dan bahasa harus menjalani pelatihan dan memiliki sertifikasi untuk bisa memberikan program LSVT kepada penderita parkinson. 

Berbicara Program ini adalah program perawatan intensif yang menekankan berbicara dengan niat dan mengubah ucapan dari fungsi otomatis menjadi tindakan yang disengaja. Program khusus untuk penderita parkinson ini menggabungkan latihan wicara, suara, dan kognitif. Terapi intensif dilakukan selama beberapa sesi bersama dengan latihan di rumah setiap hari.

EMST Expiratory Muscle Strength Training (EMST) adalah latihan kekuatan otot ekspirasi yang bekerja untuk membangun otot yang mendorong udara keluar dari paru-paru untuk berbicara. Program ini bertujuan untuk menghasilkan lebih banyak suku kata per tarikan napas dan suara yang lebih kuat bagi penderita parkinson. Jenis terapi ini dilakukan setiap hari, tetapi dapat dilakukan di rumah.

Pelatihan Mitra Seorang ahli patologi wicara tidak hanya memberikan perawatan kepada pasien saja. Keluarga pasien juga perlu diberikan edukasi dan pelatihan oleh ahli patologi wicara. 

Keluarga penderita parkinson harus mengerti tindakan apa yang harus mereka lakukan kepada pasien. Pengasuh, pasangan, anak-anak, dan tim medis harus mengetahui bagaimana mengontrol kondisi, memberikan feed back, dan meminta klarifikasi dengan cara pertukaran informasi kepada terapis. 

Ahli patologi wicara memberikan pelatihan kepada mitra untuk membantu menghilangkan rasa frustasi untuk kedua belah pihak antara keluarga dan pasien di rumah. Mitra dapat dilatih untuk memberikan isyarat yang tepat untuk menjadi bagian dari interaksi yang sukses.

Perangkat Yang Mendukung

Jika Anda mengalami kesulitan berbicara, frustasi dan tertekan oleh ketidakmampuan Anda untuk berkomunikasi. Ada beberapa perangkat yang mendukung dalam program terapi Anda untuk meningkatkan kemampuan komunikasi Anda.

Amplifier Suara Amplifier suara adalah sebuah alat yang dapat digunakan untuk meningkatkan suara pada orang yang bersuara lembut. Amplifier juga mengurangi kelelahan saat penderita parkinson menghasilkan suara. Ada beberapa opsi yang tersedia, seperti amplifier pribadi portabel atau amplifier telepon.

AAC Augmentative and Alternative Communication (AAC) adalah komunikasi augmentatif dan alternatif yang mencakup banyak hal. Salah satu perangkat yang digunakan adalah papan pacu. Papan pacu berguna untuk memperlambat penderita parkinson yang berbicara dengn cepat. Strategi huruf pertama adalah pilihan yang bagus untuk meningkatkan kejelasan pada pasien yang berbicara dengan cepat atau ucapannya yang tidak jelas.

Speech Vive Speech vive adalah perangkat medis yang dikenakan yang memasukkan suara kebisingan ke telinga Anda, sehingga mendorong Anda untuk berbicara lebih keras. Itu dilakukan karena faktanya bahwa dalam situasi bising, secara alami seseorang akan berbicara lebih keras. Perangkat ini bisa Anda dapatkan dengan mengunduh aplikasi yang sudah tersedia di gawai Anda.

Sistem Relai Telepon TTY Perangkat ini adalah telepon yang dilengkapi dengan keyboard sehingga ucapan Anda dapat diketik dan dibaca oleh operator relai ke pendengar. Namun, belum bisa dipastikan hanya kata-kata yang tidak jelas saja atau seluruh pesan bisa diketik.

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Dampak Kesehatan Akibat Cegukan Terus, Ini Perlu Diketahui

Manfaat Terapi Wicara di Rumah untuk Kemajuan Pasien

Berapa Biaya Terapi Wicara Anak? Ini Panduan untuk Orang Tua

Do You Want To Boost Your Business?

Meningkatkan client yang membutuhkan layanan Fisioterapis di klinik Anda, anda bisa bekerja sama
dengan kami!

Layanan Kami

Konsultasi Gratis

Konsultasi via WhatsApp gratis untuk selamanya.

Earl Package

  • 6x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

King Package

  • 8x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Emperor Package

  • 12x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Crown Package

  • 15x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Royal Package

  • 30x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang