Alat Terapi Wicara Anak untuk Membantu Kemampuan Komunikasi

Wicaraku Writer

February 8, 2024

Wicaraku

Wicaraku Writer

February 8, 2024

Wicaraku

Bagikan Artikel

 

Alat terapi wicara anak jadi suatu metode dalam membantu meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Terapi wicara sendiri merupakan prosedur yang digunakan untuk mengatasi masalah berbicara pada anak-anak.

Tujuan dari pemberian prosedur adalah untuk meningkatkan kemampuan ekspresi bahasa dan bicara. Perawatan membantu mengembangkan kemampuan verbal dan nonverbal melalui koordinasi otot di mulut untuk menghasilkan suara maupun kata-kata.

Melatih gerakan mulut jadi tahapan yang sangat penting karena bisa membantu pasien mengucapkan kalimat secara lancar. Selain itu, melalui pelatihan wicara dapat membantu memahami bahasa maupun mengekspresikannya.

Prosedur ini sangat penting terutama bagi anak yang mengalami keterlambatan kemampuan bicara. Selain karena kemampuan bicara, prosedur juga berguna membantu mengatasi masalah terkait kesulitan dalam berbahasa.

Mengenal Alat Terapi Wicara Anak

Jika anak mengalami kesulitan berbicara atau berbahasa prosedur wicara bisa jadi solusi. Ada beberapa alat yang bisa berguna untuk membantu dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi.

Secara pengertian, alat perawatan wicara merupakan perangkat yang berguna membantu orang dengan gangguan bahasa atau bicara. Alat ini berguna untuk meningkatkan kemampuan komunikasi individu tersebut.

Perangkat umumnya mempunyai rancangan membantu anak yang mengalami kesulitan memahami kata-kata dan juga bicara. Bentuknya cukup beragam, seperti aplikasi digital yang bisa diakses melalui tablet maupun smartphone.

Selain itu, perangkat juga biasanya sesuai dengan kebutuhan anak-anak dan cenderung tidak membosankan. Dengan begitu, anak-anak dapat menggunakan lebih baik dan sesuai kebutuhan perawatan.

Daftar Alat Terapi Wicara di Rumah

Selain dapat menggunakan alat terapi wicara anak secara profesional melalui bantuan terapis, ada beberapa perangkat bisa digunakan di rumah. Meski bisa dilakukan di rumah, namun tetap harus mengikuti prosedur sesuai arahan dari terapis bersertifikat.

Alat tersebut harus berdasarkan rekomendasi dari terapis bersertifikat khusus dengan keahlian terapi wicara serta bahasa. Selain itu, pelaksanaan terapi juga harus berdasarkan prosedur yang ada.

Ada beberapa alat yang bisa berguna dalam membantu melatih anak bicara dan komunikasi di rumah. Berikut beberapa diantaranya untuk mendapatkan hasil sesuai standar dan maksimal:

  1. Alat Perawatan Stimulasi Indra

Untuk melatih kemampuan anak berkomunikasi perlu penggunaan alat stimulasi indra baik itu dalam bentuk auditori maupun visual. Alat-alat ini sangat berguna dalam melatih meningkatkan kemampuan bicara dan komunikasi.

Untuk bentuknya bisa berupa perekam suara atau peralatan musik sebagai stimulasi dengar. Melalui penggunaan perangkat tersebut bisa membantu anak mengenali berbagai jenis bunyi secara berbeda.

Alat terapi wicara anak lainnya dalam bentuk visual berupa buku bacaan dan flash card. Perangkat stimulasi ini berguna meningkatkan kemampuan rangsangan anak menerima bahasa.

  1. Perangkat Gerak Mulut

Salah satu alasan krusial yang mempengaruhi kemampuan berbicara selalu berkaitan dengan gerakan di mulut. Masalah tersebut selalu awal penyebab dari gagap, speech delay hingga gangguan kesulitan mengunyah atau menelan.

Oleh sebab itu, salah satu peralatan yang berguna untuk meningkatkan kembali kemampuan bicara adalah perangkat oral motor. Penggunaan perangkat ini harus sesuai dengan prosedur dan bantuan dari terapis wicara profesional.

Peralatan berguna dalam melatih gerak mulut anak. Pelatihan meliputi pada kemampuan bibi, gerak lidah dan juga rahang. Dengan menggunakan peralatan ini gerak oral bisa jadi lebih baik.

  1. Papan Tulis

Alat terapi wicara anak selanjutnya yaitu berupa papan tulis. Peralatan ini berguna untuk membantu stimulasi dalam beberapa sesi terapi. Papan tulis berguna sebagai sarana penunjang prosedur perawatan.

Melalui penggunaannya bisa membantu dalam meningkatkan kemampuan bahasa secara reseptif. Selain itu, kemampuan ekspresif juga bisa berkembang melalui terapi menggunakan peralatan papan tulis.

  1. Peralatan Makan

Feeding aid atau peralatan makan bisa jadi alat terapi wicara anak selanjutnya. Peralatan tersebut bisa berupa pisau potong, sendok, gelas, garpu, cangkir, sedotan dan lain sebagainya. Peralatan tersebut bisa sangat berguna dalam prosedur pelatihan bicara anak.

Alasan penggunaan alat-alat tersebut sebagai media terapi adalah untuk membantu proses mengunyah dan menelan. Selain berguna dalam meningkatkan kemampuan bicara, terapi wicara juga membantu pasien dengan masalah mengunyah, menelan dan sebagainya.

  1. Cermin

Peralatan bantu terapi selanjutnya adalah cermin. Keberadaan cermin harus selalu ada dalam proses terapi wicara karena fungsi dalam bantuan berbentuk visual. Penggunaan cermin sendiri bisa membantu membuat prosedur jadi lebih efektif.

Selain itu, kemampuan wicara bisa lebih meningkatkan daripada tidak menggunakannya. Untuk jenisnya sendiri cukup beragam dari mulai tiga pintu, standing mirror, hingga portabel.

  1. Penghitung Waktu

Alat terapi wicara anak terakhir yaitu penghitung waktu. Jenisnya bisa beragam seperti jam, stopwatch, dan fitur pewaktu lainnya. Timer atau perangkat penghitung waktu keberadaannya sangat penting dalam proses terapi.

Timer berguna dalam mengukur ketepatan waktu selama terapi. Penggunaan timer berguna untuk membantu pasien dengan masalah bicara seperti gagap. Selain itu, membantu juga dalam menghasilkan ataupun memahami bunyi.

Berbagai Alasan Anak Membutuhkan Terapi Wicara

Ada beberapa alasan alat terapi wicara anak jadi sesuatu perangkat yang keberadaannya cukup penting. Ini karena alat tersebut bisa membantu kemampuan komunikasi anak. Ada beberapa ciri anak yang membutuhkan bantuan alat ini.

Anak-anak yang membutuhkan bantuan dari perangkat maupun terapi mempunyai kriteria cukup beragam. Seperti anak yang mengalami gagap. Keadaan ini terjadi ketika ada ketidaklancaran saat mengucapkan kata tertentu.

Selain itu, gangguan artikulasi juga jadi pertanda anak-anak membutuhkan alat terapi wicara anak. Gangguan terjadi ketika hasil suara atau kata tertentu tidak terlalu jelas. Hal ini membuat orang lain kesulitan memahami arti dari perkataan.

Ketidakjelasan resonansi atau suara juga bisa menjadi alasan membutuhkan penggunaan alat terapi wicara. Penderita gangguan ini biasanya merasa tidak nyaman saat berbicara bahkan bisa mengalami kesakitan.

Orang dengan masalah resonansi biasanya mempunyai suara tidak jelas terutama saat berbicara. Suara cenderung kecil serta tidak terlalu jelas. Selain tidak bisa mengucapkan kata dengan baik, gangguan ini bisa menyebabkan kesulitan dalam memahami perkataan orang lain.

Alasan lain membutuhkan alat terapi wicara anak yaitu bermasalah dengan kosa kota. Pada beberapa orang pengucapan kata secara bersamaan dapat memberi kesulitan. Hal itu terjadi karena ketidakmampuan dalam penempatan kata-kata dalam berbicara.

Mutisme jadi kondisi berikutnya yang dapat menjadi penyebab anak-anak mengalami masalah komunikasi. Penderita dengan kondisi ini bisa berkomunikasi secara normal namun hanya ketika berada di dalam rumah.

Sementara, di tempat umum cenderung tidak mau berkomunikasi dengan orang lain, seperti di sekolah. Hal ini tentunya bisa sangat mengganggu kehidupan sosial dari anak-anak.

Fungsi Penggunaan Alat Terapi Wicara

Penggunaan alat terapi memberikan sejumlah manfaat yang cukup besar terutama dalam membantu meningkatkan kemampuan berbicara. Itu sebabnya, peralatan melatih berbicara memiliki banyak fungsi.

Kebanyakan fungsi dari penggunaannya yaitu agar bisa memperoleh dampak secara positif dalam peningkatan kemampuan berkomunikasi. Ada cukup banyak fungsi dari penggunaan alat terapi wicara anak.

Fungsi tersebut yaitu membantu meningkatkan komunikasi baik secara verbal maupun non verbal. Selain itu, melalui penggunaan peralatan secara tepat dapat membantu dalam meningkatkan keterampilan memahami kata serta berbicara dengan lebih baik.

Selanjutnya yaitu membantu agar anak bisa secara aktif ikut dalam percakapan. Melalui bantuan tersebut berguna dalam mengekspresikan diri secara lebih baik lagi. penggunaan peralatan secara tepat dalam prosedur perawatan komunikasi sangat penting.

Metode tepat sangat berguna dalam mengobati gangguan berbicara maupun bahasa. Selain metode dan penggunaan alat yang tepat, orang tua juga perlu memperhatikan tempat pemberi terapi.

Anda memiliki anak atau anggota keluarga dengan kemampuan komunikasi yang kurang karena berbagai alasan? Seperti speech delay pada anak-anak, autisme, gangguan kognitif dan lain sebagainya, dapat menghubungi kami.

Hubungi Wicaraku di nomor +62 895-4151-54575 untuk mendapatkan info seputar terapi wicara untuk berbagai masalah. Kami juga menyiapkan alat terapi wicara anak yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi.

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Kondisi Sulit Berbicara Disartria, Kenali Jenis dan Terapinya

Anak Terlambat Bicara dan Kecerdasannya, Apa Lebih Istimewa?

Kenali Tanda Anak Speech Delay yang Sering Diabaikan

Do You Want To Boost Your Business?

Meningkatkan client yang membutuhkan layanan Fisioterapis di klinik Anda, anda bisa bekerja sama
dengan kami!

Layanan Kami

Konsultasi Gratis

Konsultasi via WhatsApp gratis untuk selamanya.

Earl Package

  • 6x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

King Package

  • 8x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Emperor Package

  • 12x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Crown Package

  • 15x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Royal Package

  • 30x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang