Mengenal Speech Delay Pada Anak dan Fakta Kesembuhannya

Wicaraku Writer

April 25, 2024

Wicaraku

Wicaraku Writer

April 25, 2024

Wicaraku

Bagikan Artikel

Speech delay pada anak menjadi salah satu kondisi yang perlu Anda perhatikan. Meski bisa sembuh tentunya membutuhkan terapi serta stimulus lanjutan. Sehingga kondisi tersebut dapat teratasi secara baik dan buah hati dapat berkembang secara baik.

Tentunya kondisi ini bukan masalah besar jika Anda mampu mengatasinya sedini mungkin. Oleh sebab itu sebagai orang tua wajib mengenal kondisi tersebut secara baik. Tujuannya agar Anda dapat memilih metode perawatan terpercaya melalui Wicaraku seperti di bawah ini.

Mengenal Speech Delay Pada Anak Secara Lengkap

Dalam tumbuh dan kembang si kecil tentunya tidak selalu berjalan mulus. Biasanya ada beberapa gangguan yang bisa muncul karena berbagai faktor. Berbagai kendala tersebut akhirnya menyebabkan keterlambatan pertumbuhan pada si kecil.

Salah satu kondisi yang cukup sering terjadi pada anak adalah gangguan kemampuan bicara. Dimana nantinya si kecil akan mengalami keterlambatan kemampuan bicara dari teman-teman seusianya. Tentu saja kondisi tersebut wajib Anda perhatikan secara baik.

Umumnya gangguan pertumbuhan kemampuan bicara ini tentunya dapat sembuh. Namun tanpa terapi maupun perawatan akan sangat sulit dan membutuhkan waktu cukup lama. Oleh sebab itu Anda perlu menggunakan layanan terapi wicara seperti pada Wicaraku.

Kondisi ini dalam istilah medis juga dapat disebut sebagai speech delay pada anak. Sesuai namanya kondisi tersebut merupakan terlambatnya kemampuan bicara atau menyampaikan sesuai. Disini si kecil tidak dapat menyampaikan isi pikirannya secara baik.

Si kecil dengan kondisi tersebut membuat perkataannya sulit dipahami. Tidak jarang banyak orang kesulitan mencerna maksud perkataan dari si kecil.

Kondisi satu ini tentunya tetap bisa membuat seseorang mengucapkan beberapa kata. Hanya saja si kecil akan mengalami kesulitan cukup serius. Meski demikian biasanya para orang tua cenderung mengabaikan kondisi tersebut.

Banyak orang tua berpikir bahwa kondisinya merupakan suatu hal biasa pada anak. Meski demikian kondisi tersebut tidak dapat hilang seorang diri. Sebab faktanya di beberapa kasus ada lebih banyak anak mengalami kesulitan dalam menyembuhkan dirinya sendiri.

Sementara itu sebagian besar kasus-kasus ini membutuhkan penanganan cukup serius. Sehingga membutuhkan terapi dari tenaga profesional maupun intervensi dokter pengalaman dalam mengatasinya.

Mengetahui Speech Delay Pada Anak dan Fakta Kesembuhannya

Penanganan kasus ini secara tepat menjadi salah satu langkah penting untuk orang tua perhatikan. Terutama bagi orang tua muda dan sebelumnya belum pernah mengalami kondisi tersebut. Tentu saja hal ini akan membuat Anda sebagai orang tua akan merasa khawatir.

Tentunya kondisi ini dapat terpicu karena berbagai alasan. Terlepas dari faktor keturunan, gangguan kesehatan maupun stimulus yang kurang harus ada penanganan tepat terhadap keadaan ini. Sehingga kondisinya tidak berlarut-larut dan si kecil dapat berkembang.

Speech delay pada anak sendiri memiliki beberapa fakta penting untuk orang tua perhatikan. Kondisinya juga tidak selalu terjadi karena alasan medis. Ada banyak sekali faktor yang dapat menjadi alasan kenapa keterlambatan bicara dapat terjadi pada si kecil.

Hal ini juga dapat terjadi karena pola asuh tidak tepat, kurangnya stimulus, kebisingan lingkungan atau lainnya. Sehingga gaya parenting juga menjadi menjadi alasan kondisi tersebut pada si kecil.

Kesalahan ayah bunda yang tidak pernah mengajak anak bermain atau berbicara juga dapat menjadi salah satu alasan. Terlebih peran orang tua dalam pertumbuhan anak juga sangat penting. Oleh sebab itu kurangnya peran juga dapat menjadi alasan speech delay pada anak.

Sementara itu kondisinya juga dapat terjadi karena faktor genetik. Jika orang tua pada waktu kecilnya pernah mengalami kondisi serupa besar kemungkinan si kecil juga akan mengalaminya. Oleh sebab itu penting juga orang tua memiliki sikap yang tepat.

Jika memiliki anak dengan gangguan tersebut hindari berbicara terlalu cepat. Bahkan kalau bisa berikan sedikit jeda jika ingin merespon serta mengajarinya berbicara secara bertahap.

Sementara itu kondisinya juga tidak dapat sembuh dengan sendirinya. Hal ini membutuhkan terapi di tangan profesional seperti bersama Wicaraku.

Baca juga artikel kami tentang : Terapi Musik Pada Anak

Ketahui Tanda Penyebab Speech Delay Pada Anak yang Harus Diperhatikan

Banyak orang bertanya mengenai penyebab atau tanda dari keadaan tersebut. Meski demikian belum ada yang dapat menjelaskan secara pasti mengenai penyebab keterlambatan kemampuan bicara pada anak.

Penyebab kondisi ini memang belum diketahui secara pasti. Meski demikian banyak pakar menduga bahwa kondisinya dapat terjadi karena berbagai alasan, yang mampu berpengaruh terhadap gangguan tersebut.

Hal ini mulai dari kondisi medis ketika baru lahir maupun di dalam kandungan. Ada beberapa kondisi bayi yang dapat menimbulkan keterlambatan kemampuan berbicara. Seperti berat badan rendah, kelahiran premature bayi kuning, asfiksia dan lainnya.

Sementara itu speech delay pada anak juga dapat terjadi jika sebelumnya si kecil mengalami beberapa masalah kesehatan. Hal tersebut seperti memiliki Riwayat kejang cukup lama, radang otak maupun trauma di bagian kepala.

Salah satu penyebab dari gangguan keterlambatan bicara juga dapat terjadi karena masalah pendengaran. Bahkan hal ini menjadi salah satu penyebab utama, yang dapat mengakibatkan gangguan keterlambatan bicara pada si kecil.

Kondisi tersebut membuat si kecil hanya dapat mendengarkan suara di volume tertentu saja. Sementara itu keadaannya juga dapat terjadi karena adanya infeksi telinga maupun bawaan lahir.

Masalah ini juga dapat terjadi karena adanya gangguan pada struktur mulut. Bukan hanya itu saja, namun gangguan fungsi oromotor juga dapat menjadi salah satu alasannya.

Umumnya gangguan tersebut bisa saja terjadi karena adanya masalah di area otak. Khususnya pada bagian yang berfungsi mengontrol gerak serta koordinasi lidah, bibir maupun rahang. Dimana semua aspek tersebut akan berpengaruh dalam mengeluarkan suara.

Adanya gangguan pada struktur mulut juga dapat menjadi salah satu alasan lainnya. Bahkan adanya gejala autisme anak juga akan menjadi salah satu penyebabnya.

Baca juga artikel kami tentang : Terapi Wicara untuk Autisme Beserta Tujuannya

Sikap Orang Tua dengan Speech Delay Pada Anak Wajib Dihindari

Ketika buah hati mengalami kondisi keterlambatan berbicara tentunya sebagai orang tua tidak boleh merasa panik. Terlebih sebagai orang tua jangan memberikan tekanan pada buah hati terlalu keras. Hal tersebut justru akan membuat buah hati depresi.

Setidaknya jumlah buah hati yang mengalami gangguan seperti ini memiliki jumlah cukup besar. Sehingga karena berbagai penyebab sebelumnya bisa saja kondisi ini orang tua alami. Oleh sebab itu penting bagi ayah dan bunda mengetahui sikap tepat dalam mengatasinya.

Ketika anak memiliki gejala maupun penyebab kondisi keterlambatan bicara, maka Anda harus mengambil sikap secara tepat. sehingga Anda tidak akan merasa khawatir berlebihan. Sebaliknya Anda dapat mengambil sikap secara tepat untuk menunjang kesembuhan anak

Ketika mengalami speech delay pada anak usahakan memperhatikan gerak geriknya. Khususnya ketika anak sudah mulai masuk usia 1 tahun. Umumnya di usia tersebut buah hati sudah mengerti banyak kata, namun ada hambatan bagi buah hati dapat mengucapkannya.

Selain itu pastikan untuk sering mengajak anak berbicara. Kebiasaan ini menjadi salah satu parenting terbaik, yang harus mulai orang tua biasakan. Selain memberikan perhatikan mengajak bicara juga menjadi stimulus dalam meningkatkan kemampuan berbicara.

Meskipun anak belum mampu merespon setiap pembicaraan secara baik, namun kebiasaan ini penting untuk Anda lakukan. Anda juga dapat membacakan cerita dan mengajaknya komunikasi kedalam bagiannya.

Jangan lupa untuk memberikan batasan pada pemakaian smartphone di anak kecil. Kebiasaan ini menjadi salah satu sikap buruk dan membuat kondisinya parah.

Tentunya bagi Anda yang ingin menerapkan terapi pada gangguan ini bisa memanfaatkan layanan dari Wicaraku. Anda dapat menghubungi kami di nomor +62 895-4151-54575, untuk mendapatkan penanganan speech delay pada anak secara tepat.

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Dampak Kesehatan Akibat Cegukan Terus, Ini Perlu Diketahui

Manfaat Terapi Wicara di Rumah untuk Kemajuan Pasien

Berapa Biaya Terapi Wicara Anak? Ini Panduan untuk Orang Tua

Do You Want To Boost Your Business?

Meningkatkan client yang membutuhkan layanan Fisioterapis di klinik Anda, anda bisa bekerja sama
dengan kami!

Layanan Kami

Konsultasi Gratis

Konsultasi via WhatsApp gratis untuk selamanya.

Earl Package

  • 6x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

King Package

  • 8x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Emperor Package

  • 12x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Crown Package

  • 15x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Royal Package

  • 30x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang