Alat Terapi Wicara untuk Speech Delay dan Fungsi Lengkapnya

Wicaraku Writer

April 24, 2024

Wicaraku

Wicaraku Writer

April 24, 2024

Wicaraku

Bagikan Artikel

Saat ini Anda bisa mengetahui beberapa alat terapi wicara secara lengkap dan fungsinya. Semua peralatan tersebut nantinya dapat semua orang manfaatkan, untuk melakukan pelatihan berbicara pada anak. Sehingga Anda dapat melatih anak setiap saat tanpa kesulitan.

Tentunya selain mengandalkan terapis profesional orang tua juga mampu melatih kebiasaan berbicara setiap saat. Sehingga manfaat yang ingin orang tua dapatkan bisa jauh lebih cepat. Hal ini tentunya juga akan memberikan keuntungan bagi para orang tua.

Daftar Alat Terapi Wicara Pada Anak Speech Delay dan Fungsinya

Kemampuan berbicara menjadi salah satu kebutuhan dasar dalam proses tumbuh kembang anak secara normal. Namun biasanya terdapat anak yang mengalami keterlambatan berbicara. Kondisi tersebut disebut sebagai gangguan bicara speech delay.

Ketika menggunakan layanan terapi biasanya Anda akan mengetahui beberapa alat melatih kemampuan bicara. Tentu saja beberapa perlengkapan tersebut tidak hanya sebagai alat bermain saja. Berikut adalah beberapa alat terapi wicara dengan fungsi lengkapnya:

  1. Straw & Cotton Ball

Tentunya dalam dunia parenting dan orang tua tidak asing lagi pada istilah speech delay. Kondisi tersebut adalah ketika seorang anak mengalami keterlambatan bicara. Dimana kemampuan bicaranya tidak dapat berkembang sesuai usia anak.

Untuk mengatasi gangguan tersebut tentu saja Anda harus menyerahkannya di tangan profesional. Salah satunya melakukan terapi bersama Wicaraku, yang merupakan tenaga profesional dalam bidang ini.

Disini proses perkembangan bicara anak akan ditangani oleh terapis profesional serta terlatih. Sehingga akan membantu anak dalam melatih kemampuan berbicara secara lancar. Tentunya dalam proses terapi ada beberapa perlengkapan, yang biasanya terapis gunakan salah satunya adalah straw & cotton ball.

Dua perlengkapan tersebut biasa terapis gunakan dalam membantu kemampuan berbicara anak. Disini silahkan meletakkan bola kapas pada bagian atas meja atau lantai. Selanjutnya silahkan menggunakan sedotan dan meminum agar bola kapas tersebut bergerak.

Dua perlengkapan tersebut nantinya akan membantu melatih otot mulut pada buah hati. Tentu saja pelatihan otot mulut tersebut akan membantu agar buah hati bisa berbicara secara lancar.

  1. Kartu Flash

Alat terapi wicara selanjutnya menggunakan sejenis kartu, untuk mengenalkan berbagai kosa kota. Hal tersebut merupakan kartu flash agar bisa anak rasakan sekaligus sentuh. Tentu saja pemakaiannya akan membantu pertumbuhan bicara pada buah hati.

Konsep kartu flash juga menjadi salah satu metode, yang banyak disukai oleh buah hati. Disini akan ada pelatihan pendengaran sekaligus visual secara bersamaan. Sehingga kedua fungsi tersebut dapat berkembang secara lancar secara bersamaan.

Tentunya penggunaannya juga biasa orang tua biasakan kepada buah hati setiap harinya. Sehingga tidak hanya terapis profesional yang mampu melatih kemampuannya. Namun orang tua juga dapat membiasakannya agar tumbuh kembangnya dapat semakin meningkat.

Silahkan mengucapkan nama objek pada kartu dan meminta agar mengulanginya. Hal ini tentu akan membantu kemampuan berbicara yang baik pada anak.

Baca juga artikel kami tentang : Ide Permainan Pendukung Terapi Wicara yang Perlu Diketahui

  1. Kertas Magnet

Salah satu alat terapi wicara selanjutnya adalah kertas magnet. Dalam hal ini Anda dapat membuat kertas dengan bentuk-bentuk barang favoritnya. Hal tersebut seperti gambar mainan, buah atau hewan.

Nantinya setelaah selesai membuatnya Anda dapat menempelkan pada bagian depan kulkas bersama buah hati. Tentunya metode tersebut akan menjadi salah satu cara dalam menunjang kemampuan berbicara pada anak.

Selain itu melatih kebiasaan ini dapat mencegah timbulnya frustasi akibat dari keterlambatan bicara. Tidak hanya menyenangkan namun akan ada banyak sekali manfaat untuk Anda manfaatkan.

Proses pembuatan alat terapi wicara satu ini juga cukup mudah. Bahkan Anda tidak membutuhkan perlengkapan lain yang rumit. Silahkan menggunakan kertas magnet dasar dengan ukuran besar.

Selanjutnya potong lembar kartu stok putih, yang bisa Anda taruh pada bagian atasnya. Jika sudah ajak buah hati menggambar hal-hal favorit. Setelah itu tempelkan hasil gambar tersebut di kulkas.

  1. Sikat Oralmotor

Biasanya terapis profesional juga akan merekomendasikan pemakaian sikat oralmotor. Dalam pelatihan terapi bersama Wicaraku hal ini juga menjadi salah satu opsi, yang akan terapis sarankan kepada para orang tua.

Alat terapi kali ini merupakan salah satu perlengkapan cukup penting. Sikat oralmotor juga termasuk alat terapi wicara, untuk penunjang kemampuan bicara. Sehingga ketika buah hati mengalami speech delay Anda dapat memanfaatkannya secara baik.

Sikat oralmotor juga akan membantu dalam mengembangkan kepekaan otot mulut serta lidah. Sementara itu otot motor juga dapat menyediakan stimulus sensorik terhadap kondisi speech delay. Sehingga hal ini sangat penting dalam pengembangan kemampuan bicara.

Baca juga artikel kami tentang : Latihan Motorik Oral Stimulasi Dini untuk Anak

  1. Horn Duck

Sementara itu salah satu perlengkapan lain yang tidak kalah penting adalah horn duck. Hal ini menjadi salah satu kebutuhan penting dalam membantu tumbuh kembang dari kemampuan bicara.

Horn duck nantinya akan membantu dalam merangsang perhatian serta fokus. Selanjutnya horn duck juga akan membantu pengembangan kontrol di sistem pernapasan pada anak.

Tentunya dari banyaknya manfaat tersebut menjadikan horn duck sebagai salah satu alat terapi wicara cukup penting. Melalui perlengkapan tersebut anak dapat belajar produksi suara bermacam-macam. Mulai dari desis, bunyi-bunyian dan lain sebagainya.

  1. Peluit

Salah satu kebutuhan cukup penting dalam proses mendukung kemampuan berbicara adalah peluit. Pemakaian peluit dalam penunjang kemampuan speech delay sudah cukup lumrah dalam proses perawatan speech delay.

Melalui peluit Anda dapat mengajarkan anak mengenai konsep bunyi. Bahkan nantinya peluit juga akan mengajarkan bagaimana cara menghasilkan bunyi dengan cara cukup terkontrol.

Sementara itu peluit juga mampu mendorong pengembangan kemampuan cukup terampil. Bahkan melalui alat tersebut Anda dapat melatih sensor motoric oral sekaligus kemampuan dalam bernapas.

  1. Sekop dan Ember

Alat terapi wicara selanjutnya adalah sekop dan ember. Dua peralatan tersebut menjadi bagian untuk pengembangan kemampuan kerja sama sosial. Bahan melalui dua alat tersebut orang tua mampu mengajarkan keterampilan dalam berbicara secara baik.

Sesuai jenis peralatannya tentu saja sekop dan ember akan menunjang aktivitas di luar ruangan. Bermain pasir tentunya menjadi salah satu metode terbaik dalam mengajarkan kemampuan bicara secara baik.

  1. Building Blocks

Balok mainan atau yang biasa disebut sebagai building blocks juga menjadi bagian penting dalam pengembangan kemampuan bicara. Biasanya building blocks sendiri akan terbuat dari kayu ataupun plastik.

Meski demikian mainan kali ini juga menjadi salah satu peralatan praktis dalam pengembangan kemampuan bicara. Building blocks akan menjadi salah satu alat terapi wicara cukup penting dan pastinya dapat Anda manfaatkan secara baik.

Sementara itu balok mainan juga akan menjadi perlengkapan cukup bagus, untuk meningkatkan kreativitas. Bukan hanya itu saja peralatannya juga dapat membantu pengembangan imajinasi secara baik.

  1. Lego

Terakhir Anda juga mampu mengajarkan cara penyusunan lego dalam proses pengembangan kemampuan bicara. Mainan ini sebenarnya hampir mirip dengan sebelumnya. Hanya saja lego memiliki ukuran cenderung lebih kecil.

Lego akan memberikan banyak sekali manfaat dalam meningkatkan kemampuan bicara. Sehingga lego akan menjadi salah satu kebutuhan penting dalam meningkatkan proses bicara.

Tentunya agar proses terapi dapat berjalan lancar Anda dapat mempercayakannya kepada tenaga profesional. Silahkan menghubungi Wicaraku di nomor +62 895-4151-54575 dan memanfaatkan berbagai alat terapi wicara secara baik.

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Dampak Kesehatan Akibat Cegukan Terus, Ini Perlu Diketahui

Manfaat Terapi Wicara di Rumah untuk Kemajuan Pasien

Berapa Biaya Terapi Wicara Anak? Ini Panduan untuk Orang Tua

Do You Want To Boost Your Business?

Meningkatkan client yang membutuhkan layanan Fisioterapis di klinik Anda, anda bisa bekerja sama
dengan kami!

Layanan Kami

Konsultasi Gratis

Konsultasi via WhatsApp gratis untuk selamanya.

Earl Package

  • 6x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

King Package

  • 8x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Emperor Package

  • 12x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Crown Package

  • 15x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Royal Package

  • 30x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang