Alat Terapi Wicara dan Gangguan yang Bisa Ditanganinya

Wicaraku Writer

May 18, 2024

Wicaraku

Wicaraku Writer

May 18, 2024

Wicaraku

Bagikan Artikel

 

Mengetahui fungsi alat terapi wicara adalah salah satu hal penting yang perlu diperhatikan oleh calon pasien atau klien dan keluarga. Sebab, jika sudah tahu berbagai fungsinya, maka proses terapi dapat berjalan lebih optimal dan ada indikator penilaiannya.

Di bawah ini kami telah merangkumkan beberapa informasi mengenai alat terapi wicara hingga jenis gangguan yang dapat ditanganinya untuk Anda jadikan sebagai referensi.

Ada beberapa informasi penting yang wajib Anda ketahui sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa terapis beserta fungsi alat terapi wicara untuk menangani masalah komunikasi.

Berikut Ini Tentang Alat Terapi Wicara

Peralatan untuk terapi wicara adalah perangkat yang bermanfaat untuk membantu orang yang memiliki gangguan bahasa atau berbicara. Di mana peralatan tersebut bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan komunikasi individu yang bermasalah.

Peralatan tersebut biasanya sudah didesain sedemikian rupa dalam membantu individu yang mengalami kesulitan memahami kata-kata ataupun berbicara. Visual peralatan tersebut pun cukup bervariasi, mulai dari benda yang bisa dipegang fisiknya hingga aplikasi digital yang dapat Anda akses melalui tablet maupun smartphone.

Untuk anak-anak peralatan tersebut biasanya juga menyesuaikan dengan kebutuhan anak dan dibuat tidak membosankan. Hal ini bertujuan untuk membuat mereka bisa melakukan terapi dengan lebih lancar dan bersemangat.

Meskipun lebih kerap dikaitkan dengan penggunaan dalam perawatan anak, tapi alat-alat tersebut pun pada dasarnya juga bisa digunakan untuk berbagai rentang usia.

Baca juga artikel kami tentang : Rekomendasi Mainan Speech Delay untuk Bantu Stimulasi Anak

Fungsi Alat Terapi Wicara untuk Pasien

Secara detail, ada beberapa fungsi alat terapi wicara ataupun terapinya secara keseluruhan bagi pasien yang menjalaninya, yaitu:

  1. Meningkatkan Kemampuan atau Keterampilan Berkomunikasi

Meningkatkan keterampilan dalam berkomunikasi merupakan salah satu fungsi alat terapi wicara yang paling diincar. Terapis akan membantu individu yang memiliki gangguan agar bisa meningkatkan kejelasan, artikulasi, hingga kelancaran berbicara pasien.

Proses ini akan membutuhkan latihan dan intervensi terfokus, di mana salah satunya memanfaatkan berbagai peralatan penunjang. Melalui bantuan intervensi ini, maka sesorang dapat menerima keterampilan dan strategi yang diperlukan agar bisa berkomunikasi dengan jelas dan lebih percaya diri, baik itu untuk mengatasi kegagapan, masalah pengucapan, maupun ketidakmampuan berbahasa.

  1. Membantu Meningkatkan Kesuksesan dalam Dunia Akademik dan Profesional

Seperti yang Anda baca sebelumnya di bagian awal, fungsi alat terapi wicara ini bukan hanya bisa dirasakan oleh anak-anak namun juga orang dewasa. Sebab, kemahiran dalam berbicara maupun berbahasa sangat penting demi keberhasilan di kelas maupun di tempat kerja.

Anak-anak yang mengalami kesulitan di kelas akibat gangguan bicara dan berbahasa mungkin mengalami dampak negatif pada perkembangan sosial dan akademik mereka. Sedangkan pada orang dewasa dengan kemampuan berkomunikasi kurang baik, maka mungkin juga mengalami masalah di tempat kerja.

Maka, melakukan prosedur inilah yang dapat menjadi sarana dalam membuka pintu menuju peningkatan kesuksesan maupun prestasi. Karena metode dengan peralatan ini membantu orang memiliki keterampilan komunikasi untuk sukses di tempat kerja, sekolah, dan sosial.

  1. Meningkatkan Harga Diri dan Kepercayaan Diri

Fungsi alat terapi wicara ketiga ini sangat membantu dalam kehidupan sosial ataupun profesional seseorang. Ada masanya, rasa kepercayaan diri sekaligus harga diri pada seseorang dapat mengalami penurunan ketika kesulitan berbicara dan berbahasa, sehingga menghambat berbagai urusannya.

Dengan bantuan terapis beserta alat khusus maka individu tersebut bisa mengatasi hambatan itu lalu mendapatkan kepercayaan diri dalam aspek keterampilan komunikasi mereka.

Dengan proses yang positif, maka attitude atau sikap juga bisa menjadi lebih baik lagi. Ketika individu tersebut sudah merasakan meningkatnya harga diri dan kepercayaan diri ketika berinteraksi, maka sudah ada dalam progress yang sangat baik.

  1. Meningkatkan Pemahaman Seseorang

Bagi anak-anak, fungsi alat terapi wicara dan bimbingan terapis akan sangat berdampak pada kemampuan pemahaman mereka. Sebab, dengan fokus pada kompleksitas bahasa maka bisa meningkatkan kemampuan anak dalam memahami pertanyaan, arahan, hingga percakapan. Keterampilan ini sangat penting seiring kemajuan anak Anda dari prasekolah ke taman kanak-kanak dan SD, dan seterusnya.

  1. Mampu Meningkatkan Kualitas Hidup

Fungsi alat terapi wicara untuk meningkatkan kualitas hidup individu secara menyeluruh merupakan tujuan akhir ketika melakukan prosedur ini. Terapis dengan bantuan alatnya dapat membantu individu supaya bisa berkomunikasi lebih baik, sehingga mereka mampu mengekspresikan kebutuhan, keinginan, serta perasaan dengan jelas.

Hal tersebut akhirnya akan mendorong kemandirian dan rasa kebersamaan, sehingga secara tidak langsung dapat membuat individu menikmati kehidupan yang bahagia dan bermakna. Orang-orang ini pun juga memiliki kapasitas lebih baik dalam mengelola hubungan sehari-hari, mencapai tujuan pendidikan, hingga berpartisipasi dalam aktivitas sosial dan profesional.

Gangguan yang Dapat Ditangani dengan Terapi Wicara

Semua fungsi alat terapi wicara di atas dapat menangani berbagai gangguan bicara bahkan menelan. Karena fokus artikel ini pada gangguan berbicara, maka beberapa gangguan yang dapat ditangani di antaranya adalah:

  1. Apraksia Verbal Anak

Apraksia verbal anak merupakan gangguan ketika anak ini kesulitan untuk membuat gerakan mulut secara akurat ketika ia berbicara. Pada gangguan ini, otak buah hati harus berjuang dalam menciptakan rencana baru yang berkaitan dengan gerakan bicara, meskipun sebenarnya otot bicaranya tidak lemah.

  1. Gangguan Artikulasi atau Bicara Tidak Jelas

Gangguan artikulasi merupakan ketidakmampuan seseorang untuk menghasilkan suara atau kalimat jelas. Sehingga membuat orang lain sebagai pendengar kesulitan atau bahkan tidak bisa mendengar dan memahami kalimat tersebut.

  1. Gangguan Karena Disartria

Disartria merupakan kondisi ketika otot-otot yang Anda gunakan untuk berbicara terlalu lemah atau penderita kesulitan mengendalikannya. Pada akhirnya, kondisi tersebut menyebabkan pengidapnya mengalami cadel atau berbicara terlalu lambat sehingga sulit dipahami.

  1. Kesulitan dalam Belajar

Seringkali berkaitan dengan ketidakmampuan seseorang untuk belajar dengan baik dalam aspek membaca, menulis, hingga mengeja, sehingga menurunkan tingkat prestasinya.

  1. Mengalami Gagap

Gagap adalah suatu permasalahan pada kelancaran dan alur bicara penderitanya, di mana seringkali terjadi pada anak-anak. Namun orang dewasa juga bisa mengalami gagap karena cedera kepala berat, gangguan saraf progresif, stroke, obat-obatan, hingga trauma psikologi.

Pengidap gagap tersebut dapat merasakan kesulitan dalam mengucapkan maksud perkataannya, sehingga akhirnya akan memanjangkan atau mengulang kata ketika bicara. Pada kasus tertentu, penderitanya juga bisa kesulitan mengucapkan kata tertentu.

  1. Penderita Mutisme

Mutisme merupakan suatu kondisi saat individu mengalami hilangnya percakapan yang proporsional dan maupun kemampuan memproduksi seluruh bunyi. Ada juga istilah mutisme seleksi yaitu gangguan kecemasan parah ketika seseorang tidak mampu berbicara pada berbagai situasi sosial tertentu, misalnya dengan teman sekolah atau kerabat yang jarang dijumpai.

  1. Gangguan Afasia

Afasia merupakan sebuah kondisi yang terjadi karena adanya kerusakan di area otak yang bertugas memproduksi dan memproses bahasa. Karena hal tersebut, individu penderitanya akan mengalami kesulitan berbicara, menulis, membaca, dan memahami bahasa, sehingga orang tersebut mampu berkomunikasi dengan baik.

Selain semua permasalahan di atas beberapa permasalahan lain yang bisa ditangani adalah gangguan otot orofasial, gangguan irama berbicara, dan lainnya. Apabila Anda ataupun keluarga merasakan salah satu gangguan di atas dan ingin mendapatkan semua fungsi alat terapi wicara tersebut, maka silakan hubungi Wicaraku di +62 895-4151-54575 untuk bertemu terapis terbaik kami.

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Dampak Kesehatan Akibat Cegukan Terus, Ini Perlu Diketahui

Manfaat Terapi Wicara di Rumah untuk Kemajuan Pasien

Berapa Biaya Terapi Wicara Anak? Ini Panduan untuk Orang Tua

Do You Want To Boost Your Business?

Meningkatkan client yang membutuhkan layanan Fisioterapis di klinik Anda, anda bisa bekerja sama
dengan kami!

Layanan Kami

Konsultasi Gratis

Konsultasi via WhatsApp gratis untuk selamanya.

Earl Package

  • 6x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

King Package

  • 8x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Emperor Package

  • 12x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Crown Package

  • 15x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Royal Package

  • 30x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang