Rekomendasi Mainan Speech Delay untuk Bantu Stimulasi Anak

Wicaraku Writer

May 16, 2024

Wicaraku

Wicaraku Writer

May 16, 2024

Wicaraku

Bagikan Artikel

Tidak hanya dijadikan sebagai media hiburan saja, mainan speech delay ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi si buah hati. Salah satunya dapat membantu melatih stimulasi dan mengatasi masalah keterlambatan bicara anak.

Ketika orang tua memberikan mainan tersebut kepada buah hati, dipastikan akan membantu anak untuk lebih cepat belajar bicara. Dalam memilih mainan untuk mengatasi masalah tersebut, Anda perlu menyimak informasi berikut.

Sekilas Tentang Speech Delay dan Faktor Penyebabnya

Speech delay atau keterlambatan bicara, merupakan kondisi anak mengalami masalah kemampuan berbicara dan bahasa yang terlambat. Kondisi ini, menyebabkan anak sulit berbicara mengucapkan kata-kata dan menyampaikan isi pikirannya dengan baik.

Meski dapat diatasi dengan mainan speech delay, namun kondisi ini umumnya disebabkan karena beberapa faktor tertentu. Adapun beberapa faktor yang menyebabkan masalah bicara terlambat, antara lain sebagai berikut.

  1. Kurangnya Stimulasi Bahasa

Kurangnya stimulasi bahasa, umumnya dapat menyebabkan buah hati mengalami keterlambatan bicara. Bahkan, lingkungan yang memiliki banyak interaksi dan stimulasi bahasa juga berpengaruh besar pada kemampuan bicara anak.

Ketika anak kurang dalam hal stimulasi bahasa, tentunya ini akan sangat berpengaruh pada kemampuan berbicaranya nanti. Beberapa stimulasi verbal disini antara lain seperti melakukan percakapan, membaca buku bersama dan lain-lain.

  1. Screen Time Berlebihan

Ketika orang tua sibuk dengan pekerjaan sehari-hari, biasanya cara efektif menyelamatkan anak dari kebosanan yakni dengan memberikan gadget. Namun, memberikan screen time berlebihan dengan gadget justru akan memicu keterlambatan bicara.

Terlebih jika hal tersebut diberikan kepada si buah hati yang masih berusia di bawah 3 tahun. Menggunakan gadget berlebihan pada anak, tentunya akan mengganggu terjalinnya interaksi sosial ke depannya nanti.

  1. Terjadi Gangguan Oral-Motorik

Faktor penyebab lain keterlambatan bicara, juga biasanya dipicu oleh gangguan oral-motorik. Dimana, hal ini terjadi ketika si buah hati mengalami keterbatasan dalam hal mengendalikan otot-otot mulut dan lidah.

Kondisi tersebut, tentunya akan mengakibatkan buah hati merasa kesulitan mengkoordinasikan gerakan lidah, bibir dan rahang dalam menghasilkan suara. Sehingga, disini perlu diatasi dengan berbagai cara, termasuk memberikan mainan speech delay.

Baca juga artikel kami tentang : Latihan Motorik Oral Stimulasi Dini untuk Anak

  1. Adanya Masalah Pendengaran

Perlu diketahui, bahwa keterlambatan bicara si kecil juga bisa dikarenakan adanya masalah pada indera pendengaran. Adanya masalah ini, tentunya akan menyebabkan kemampuan anak dalam mempelajari dan menguasai kata-kata menjadi terhambat.

Karena itu, penting bagi orang tua mengidentifikasi masalah pendengaran si kecil sejak usia dini. Bahkan, setiap orang tua perlu berkonsultasi dengan dokter ketika mencurigai adanya masalah pendengaran pada buah hati.

Ciri-ciri Anak yang Mengalami Masalah Keterlambatan Bicara

Sebelum memberikan mainan speech delay, setiap orang tua dapat mengidentifikasi si kecil mengalami masalah keterlambatan bicara dengan melihat ciri-cirinya. Beberapa ciri-ciri anak yang mengalami kondisi keterlambatan bicara, antara lain :

  1. Kesulitan dalam memahami instruksi sederhana, seperti ketika si kecil diminta mengambil sesuatu namun tidak ada respon dengan baik.
  2. Memiliki kosakata yang terbatas dan sulit mengucapkan kata-kata dengan benar.
  3. Cenderung menggunakan isyarat atau memperlihatkan benda fisik ketika ingin meminta sesuatu.
  4. Mengalami perubahan nada suara tidak normal yang terdengar seperti serak ataupun sengau.
  5. Merasa sulit dalam mengeluarkan kata-kata, kecuali saat situasi mendesak seperti ketika ingin minum atau tidur.

Cara Mengatasi Keterlambatan Bicara Pada Anak

Sebagai informasi, anak yang mengalami gangguan bahasa umumnya memiliki masalah dalam membaca dan sulit memahami pemahaman. Oleh karenanya, orang tua perlu tahu cara mengatasi keterlambatan bicara dengan langkah-langkah mudah berikut.

  1. Rutin Mengajak Anak Bicara

Cara paling mudah mengatasi masalah keterlambatan berbicara pada buah hati, bisa dilakukan dengan rutin mengajaknya bicara. Hal ini dilakukan, agar anak memperoleh kosakata baru dan meningkatkan kemampuan berbicaranya.

Dalam hal ini, Anda dapat mengajak buah hati untuk berkomunikasi secara aktif sejak dini. Selain itu, juga bisa dilakukan dengan membuat lingkungan yang terbilang interaktif.

  1. Membatasi Waktu Bermain Gadget

Apabila anak terlalu fokus bermain gadget, tentunya akan membuatnya kurang berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarnya. Terlebih seperti diketahui, bahwa terlalu banyak screen time akan menyebabkan masalah keterlambatan bicara.

Karena itu, Anda dapat mengatasinya dengan membatasi waktu si buah hati dalam bermain gadget. Sebagai gantinya, disini Anda bisa memberikan mainan speech delay yang juga bisa menjadi media hiburan menarik.

  1. Melakukan Terapi Wicara

Jika si buah hati sudah terdiagnosis mengalami keterlambatan bicara, maka cara terbaik yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan terapi wicara. Terapi ini, dilakukan sebagai cara pendekatan untuk mengatasi masalah tersebut.

Adapun terapi wicara ini, disarankan untuk dimulai sesegera mungkin agar memperoleh hasil yang lebih baik. Dalam hal ini, sebaiknya orang tua mengajak anak untuk terapi sebelum berusia 5 tahun.

  1. Memberikan Mainan Khusus untuk Anak

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah keterlambatan bicara, bisa dilakukan dengan memberikan mainan speech delay. Dengan menggunakan cara ini, dipastikan dapat membantu agar buah hati lebih cepat berbicara.

Terlebih lagi, saat ini sudah banyak sekali jenis mainan yang dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Namun, pastikan Anda memilih mainan yang tepat agar dapat membantu stimulasi bicara anak nantinya.

Daftar Mainan Speech Delay yang dapat Membantu Stimulasi Anak

Seperti yang sudah diulas sebelumnya, bahwa menangani masalah bicara terlambat bisa dilakukan dengan memberikan mainan speech delay. Berbagai contoh mainan untuk mengatasi masalah tersebut, antara lain sebagai berikut.

  1. Building Blocks

Rekomendasi pertama, Anda dapat memberikan building blocks yang terbuat dari bahan kayu atau plastik. Diketahui, mainan ini sangat bagus dalam membantu meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak.

Selain itu, building blocks ini juga dapat membantu meningkatkan kemampuan berbicara anak yang terlambat bicara. Jadi, ini bisa dijadikan pertimbangan untuk mengatasi masalah keterlambatan bicara si buah hati.

  1. Lego

Meski terbilang mirip dengan balok plastik, namun mainan speech delay berupa lego ini umumnya hadir dengan ukuran lebih kecil. Manfaat lego, yaitu dapat membantu meningkatkan kemampuan stimulasi bicara si kecil.

Ketika si buah hati bermain lego, maka nantinya dapat membantu mengembangkan kemampuan dalam berbicaranya. Yaitu dengan cara memberikan petunjuk kepada orang lain dalam menyusun lego.

  1. Puzzle

Permainan puzzle, umumnya digunakan dalam membantu melatih fokus dan konsentrasi anak-anak. Namun seiring dengan berjalannya waktu, ternyata puzzle juga dapat digunakan dalam membantu mengatasi speech delay.

Bahkan akan jauh lebih baik, jika puzzle memiliki gambar maupun warna menarik seperti buah-buahan, hewan-hewan dan lain-lain. Nantinya, Anda dapat mengajak serta si buah hati menyusun puzzle sambil mengajaknya berbicara.

  1. Mobil-mobilan atau Motor-motoran

Terakhir, Anda dapat memberikan mainan speech delay berupa mobil-mobilan atau motor-motoran untuk mengatasi masalah speech delay. Tidak hanya diperuntukkan untuk anak laki-laki, permainan ini juga bisa dimainkan oleh perempuan.

Dengan memainkan mobil-mobilan atau motor-motoran tersebut, maka akan dapat membantu merangsang kemampuan kognitif dan motorik. Sehingga, masalah keterlambatan bicara pada si kecil nantinya bisa teratasi dengan mudah.

Memberikan mainan khusus, menjadi cara paling mudah mengatasi masalah speech delay anak. Selain mainan speech delay Anda bisa melakukan terapi wicara di jasa layanan Wicaraku dengan menghubungi nomor kami +62 895-4151-54575.

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Dampak Kesehatan Akibat Cegukan Terus, Ini Perlu Diketahui

Manfaat Terapi Wicara di Rumah untuk Kemajuan Pasien

Berapa Biaya Terapi Wicara Anak? Ini Panduan untuk Orang Tua

Do You Want To Boost Your Business?

Meningkatkan client yang membutuhkan layanan Fisioterapis di klinik Anda, anda bisa bekerja sama
dengan kami!

Layanan Kami

Konsultasi Gratis

Konsultasi via WhatsApp gratis untuk selamanya.

Earl Package

  • 6x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

King Package

  • 8x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Emperor Package

  • 12x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Crown Package

  • 15x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Royal Package

  • 30x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang