Cara Atasi Mutisme Pada Anak dengan Terapi Wicara

Wicaraku Writer

January 23, 2024

Wicaraku

Wicaraku Writer

January 23, 2024

Wicaraku

Bagikan Artikel

Cara atasi mutisme pada anak memang bukan merupakan hal yang mudah. Salah satu gejala anak Anda mengalami mutisme yaitu tidak mau berbicara ketika berada di situasi ramai, tetapi ketika sedang di rumah sangat aktif dan banyak bicara.

Tumbuh kembang anak memang menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan bagi para orang tua. Karena, selama tumbuh kembang ini nantinya akan sangat berpengaruh terhadap kehidupannya di masa depan.

Mutisme biasanya terjadi ketika si kecil merasa kurang nyaman pada situasi tertentu, contohnya yaitu ketika berada di tempat keramaian atau ketika bertemu orang-orang baru. Hal seperti itu masih sering dianggap remeh, padahal masalah tersebut cukup serius dan harus ditangani dengan cepat.

Berikut Beberapa Penyebab dari Mutisme

Sebelum membahas mengenai cara atasi mutisme, kami akan memberitahu Anda mengenai berbagai macam hal yang bisa menyebabkan anak mengalami bisu selektif.

  1. Rasa Cemas Berlebihan

Menurut studi lebih dari 90% anak-anak mengalami bisu selektif itu dikarenakan kondisi fobia pada keramaian atau kecemasan berlebihan secara sosial. Perasaan panik seperti demam panggung saat bersosialisasi dengan orang lain.

Ketika baru pertama kali bertemu mungkin saja hal tersebut masih terbilang wajar. Akan tetapi ketika sudah sering bertemu tetapi tetap tidak bisa mengeluarkan kata-kata dan tidak bersosialisasi dengan baik tentu itu bisa menjadi masalah.

Contohnya saja ketika, mulai pendidikan di bangku sekolah. Karena pastinya akan bertemu dengan teman baru dan harus bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan yang ada.

Jika seorang anak tidak bisa menyesuaikan dengan lingkungannya biasanya akan kesulitan untuk mendapatkan teman. Hal tersebut dapat memperparah kondisi, karena mungkin saja, selama di sekolah akan kesulitan mendapatkan teman.

Itu artinya, kemampuan bersosialisasinya menjadi kurang baik dan mungkin akan semakin menjadi pendiam. Tentu hal tersebut bisa berdampak buruk terhadap tumbuh kembang seorang anak.

  1. Turunan dari Keluarga

Penyebab selanjutnya yaitu diturunkan dari keluarga. Ketika Anda mendeteksi anak mengalami gejala-gejala mutisme sebaiknya ingat-ingat kembali apakah anggota keluarga pernah ada yang mengalami hal serupa.

Biasanya, seorang anak yang mengalami mutisme itu akan merasa cemas bila ditinggal, marah secara berlebihan, sangat pemalu, dan kesulitan untuk tidur.

Tentu saja itu bisa menjadi masalah besar jika dibiarkan terus-menerus. Oleh karena itu Anda harus mencari cara atasi mutisme paling efektif untuk diterapkan.

Karena membiarkan anak menjadi pemalu tentu bukan merupakan hal yang baik. Jika itu terus berlanjut sampai dengan dewasa, itu bisa membuatnya kesulitan untuk mendapatkan teman dan juga menampilkan kemampuannya di depan umum.

  1. Kelainan Pada Proses Rangsangan Sensorik

Ada beberapa kasus, bisu selektif yang disebabkan oleh adanya kelainan dalam memproses rangsangan sensorik. Sehingga akan sangat sensitif pada cahaya, sentuhan, rasa, suara atau bau.

Hal tersebut dapat memberikan efek kepada anak menjadi cepat merasa cemas dan frustasi pada kondisi sosial tertentu. Hal seperti itu jika dibiarkan terus-menerus tentu saja juga bisa memberikan dampak buruk.

Oleh karena itu, ketika masih dalam proses perkembangan sebaiknya selalu dipantau dengan baik. Ini penting untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan sedini mungkin sehingga proses penyembuhannya tidak terlalu sulit.

Cara Atasi Mutisme Pada Anak

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan secara mandiri untuk mengatasi bisu selektif. Tentu saja hal ini harus dilakukan dengan konsisten supaya bisa memberikan hasil yang maksimal, berikut beberapa cara atasi mutisme di antaranya.

  1. Memberikan Dukungan Moral

Salah satu cara atasi mutisme pada anak secara mandiri yaitu dengan memberikan dukungan moral. Ini memang terlihat sangat sederhana akan tetapi dampaknya akan sangat besar.

Memberikan dukungan moral dapat memberikan rasa nyaman serta mengurangi rasa cemas secara berlebihan. Berikan dukungan moral dengan cara yang tepat supaya bisa meyakinkan pada anak bahwa dirinya tidak sendirian.

Dengan begitu, tentunya rasa percaya diri akan meningkat dan itu bisa memberikan keberanian untuk berbicara di keramaian atau tempat umum.

Memberikan dukungan moral ini juga bisa meningkatkan rasa semangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Dengan begitu anak Anda akan merasa lebih menikmati menjalani aktivitasnya seperti bersekolah dan bermain bersama dengan teman-teman.

  1. Jangan Terbiasa Memaksa Anak

Cara atasi mutisme berikutnya yaitu jangan terbiasa untuk memaksa dalam berbagai macam hal. Memaksakan kehendak kepada anak ini bisa berakibat buruk dalam jangka panjang.

Sebagai orang tua tentunya ingin melihat anaknya aktif dan juga bisa berinteraksi dengan orang lain. Akan tetapi pada faktanya ada banyak sekali anak yang merasa malu ketika berada di tempat umum.

Ketika terlihat masih merasa cemas dan malu sebaiknya jangan dipaksa untuk berinteraksi. Karena semakin dipaksa itu bisa semakin memperburuk kondisinya.

Seharusnya sebagai orang tua yaitu memberikan pemahaman dengan sangat hati-hati sehingga anak bisa memahami dan merasa lebih nyaman. Dengan begitu pastinya nantinya akan bisa berinteraksi sedikit demi sedikit.

  1. Terapi Wicara

Terapi wicara adalah salah satu cara atasi mutisme paling efektif untuk dilakukan. Tentu saja Anda harus menggunakan jasa terapis yang profesional supaya bisa memberikan hasil yang maksimal.

Terapi wicara ini tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang. Karena ada prosedur dan tata caranya sehingga harus dilakukan oleh orang-orang yang memiliki kemampuan dalam bidang tersebut.

Ada banyak sekali manfaat yang akan didapatkan, salah satunya yaitu untuk mengatasi mutisme. Secara umum terapi wicara ini banyak digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah berbicara terutama pada anak-anak.

Karena memang, banyak anak-anak tidak bisa berkomunikasi dengan baik akibat masalah dalam berbicara. Seperti misalnya rasa kurang percaya diri, artikulasi kurang baik, hingga suaranya terlalu lirih.

Cara Atasi Mutisme dengan Terapi Wicara

Cara berbicara merupakan sebuah terapi yang berfungsi dalam mengatasi berbagai macam masalah berbicara, fokusnya yaitu meningkatkan kemampuan berbicara, memahami, mengekspresikan bahasa, termasuk juga bahasa non verbal.

Ahli patologi wicara dan bahasa atau biasa disebut terapis bicara merupakan profesional yang bisa membantu mengatasi masalah mutisme. Terapi bicara untuk cara atasi mutisme dapat mengkoordinasikan mulut supaya menghasilkan kata-kata, kalimat, dan suara. Hal tersebut nantinya akan mengatasi beberapa masalah seperti misalnya artikulasi, kelancaran, dan volume berbicara.

Selain itu juga akan sangat bermanfaat untuk mengekspresikan dan memahami bahasa dalam mengatasi penggunaan bahasa melalui bentuk gambar, tertulis, tubuh, tanda, dan juga penggunaan bahasa melalui sistem komunikasi alternatif.

Terapi wicara juga dapat membantu mengatasi gangguan dalam menelan. Sudah mencakup berbagai macam aspek yang berhubungan dengan mengonsumsi makanan.

Sekarang Anda tidak perlu ragu lagi jika membutuhkan jasa terapis handal yang bisa datang langsung ke rumah. Wicaraku merupakan pilihan terbaik karena menyediakan banyak terapis yang sudah tersertifikasi.

Anda juga bisa melakukan konsultasi secara gratis melalui nomor +62 895-4151-54575. Wicaraku bisa menjadi pilihan paling tepat untuk Anda yang masih kebingungan cara atasi mutisme pada anak.

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Kondisi Sulit Berbicara Disartria, Kenali Jenis dan Terapinya

Anak Terlambat Bicara dan Kecerdasannya, Apa Lebih Istimewa?

Kenali Tanda Anak Speech Delay yang Sering Diabaikan

Do You Want To Boost Your Business?

Meningkatkan client yang membutuhkan layanan Fisioterapis di klinik Anda, anda bisa bekerja sama
dengan kami!

Layanan Kami

Konsultasi Gratis

Konsultasi via WhatsApp gratis untuk selamanya.

Earl Package

  • 6x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

King Package

  • 8x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Emperor Package

  • 12x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Crown Package

  • 15x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Royal Package

  • 30x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang