Terapi Wicara bagi Tunadaksa, Simak Penjelasannya

Wicaraku Writer

March 9, 2024

Wicaraku

Wicaraku Writer

March 9, 2024

Wicaraku

Bagikan Artikel

Peran terapi wicara bagi tunadaksa bisa dikatakan cukup penting. Bagi Anda yang belum tahu tuna daksa yaitu cacat fisik atau biasa disebut juga sebagai disabilitas fisik. Orang-orang penyandang disabilitas fisik tentunya membutuhkan penanganan khusus.

Hal ini sangat penting supaya nantinya para penyandang tunadaksa bisa lebih percaya diri dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Karena biasanya akan cenderung merasa kurang percaya diri akibat kekurangan yang dimiliki.

Setiap orang memang dilahirkan ke dunia ini dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Akan tetapi terkadang ada beberapa orang tidak bisa menerima kekurangan ketika berkaitan dengan kondisi fisik.

Memahami Pengertian dari Tunadaksa Berikut

Secara sederhana disabilitas itu dapat diartikan sebagai sebuah keadaan di mana merusak atau membatasi kemampuan fisik atau mental seseorang. Ada berbagai macam jenis disabilitas salah satu contohnya yaitu disabilitas fisik atau bisa disebut juga tuna daksa.

Jika dari namanya dapat dibagi menjadi dua yaitu tuna berarti rugi atau kurang sedangkan daksa berarti tubuh. Sehingga tuna daksa Itu bisa diartikan sebagai kondisi seseorang dengan kondisi tubuh tidak sempurna.

Hal tersebut menyebabkan orang-orang di disabilitas fisik biasanya memiliki keterbatasan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Contohnya saja yaitu duduk, berdiri, berjalan, dan masih banyak lagi lainnya.

Oleh karena itu, orang-orang dengan kebutuhan khusus memerlukan tindakan khusus juga. Terapi wicara bagi tunadaksa menjadi salah satu tindakan yang akan sangat berguna untuk penyandang disabilitas fisik.

Hal tersebut dikarenakan, orang-orang dengan fisik tidak sempurna cenderung akan merasa kurang percaya diri ketika berbicara di depan umum. Hal tersebut dapat menyebabkan seseorang dengan disabilitas fisik tidak bisa berbicara di depan umum dengan baik.

Padahal kepercayaan diri adalah salah satu hal paling penting untuk bisa mendapatkan kesuksesan dalam hidup. Contohnya saja yaitu yang berhubungan dengan karir, kemampuan berkomunikasi adalah salah satu aspek penunjang kesuksesan paling penting.

Ini Dia Penyebab Terjadinya Tunadaksa

Tentu saja ada berbagai macam hal bisa menjadi penyebabnya. Contohnya saja yaitu faktor keturunan, penyakit bawaan, sampai kecelakaan. Berikut beberapa hal yang bisa menjadi faktor penyebab terjadinya disabilitas fisik.

  1. Fase Prenatal

Ini merupakan fase sebelum kelahiran. Jadi waktu terjadinya ketika bayi masih berada dalam kandungan. Contohnya saja yaitu seperti kelainan genetik, gangguan pembentukan saraf, infeksi pada bagian otak, dan masih banyak lagi lainnya. Oleh karena itu penting untuk memeriksakan kandungan secara rutin.

Selain itu, penting juga untuk menjaga pola makan saat mengandung. Pastikan kondisi nutrisi bayi dan tubuh terpenuhi dengan baik. Hindari makanan atau minuman kurang sehat apalagi membahayakan bagi bayi di dalam kandungan.

  1. Fase Perinatal

Ini adalah fase di mana bayi dilahirkan. Penyebabnya bisa bermacam-macam contohnya pinggul Ibu terlalu kecil, posisi bayi sungsang, pendarahan pada saat kelahiran, dan penggunaan anestesi secara berlebihan.

Jadi pastikan untuk memilih tempat persalinan yang telah profesional dan tersertifikasi. Supaya nantinya proses persalinan ditangani oleh orang-orang profesional serta bisa berjalan dengan lancar.

  1. Fase Postnatal

Ini merupakan fase setelah kelahiran, contohnya yaitu penyakit infeksi menyerang bagian otak, kecelakaan dan menyebabkan trauma pada kepala, sampai amputasi anggota badan.

Perawatan Terbaik Bagi Penyandang Tunadaksa

Sebelum membahas peran terapi wicara bagi tunadaksa, kami akan memberitahu anda terlebih dahulu mengenai perawatan bagi penyandang tuna daksa. Karena ini menjadi salah satu pengetahuan atau ilmu yang sangat penting untuk diketahui.

Sebenarnya perawatannya itu harus disesuaikan dengan kebutuhan. Karena kebutuhan penyandang disabilitas itu mungkin saja berbeda antara satu dengan lainnya, berikut beberapa perawatan yang bisa dilakukan.

  1. Terapi Okupasi

Ini merupakan sebuah terapi atau pengobatan yang bermanfaat dalam membantu orang dengan kebutuhan khusus menjalani aktivitasnya dengan lebih mandiri. Sehingga tidak memiliki ketergantungan dengan orang lain dalam beraktivitas sehari-hari.

Contohnya saja yaitu membantu untuk belajar, bermain, makan sendiri, sampai menggunakan pakaian sendiri. Akan tetapi ini juga akan disesuaikan dengan kondisi tubuh serta kemampuan dari penyandang disabilitas.

  1. Fisioterapi

Dengan fisioterapi akan memberikan edukasi serta latihan dalam mengembalikan fungsi dan gerak tubuh yang terganggu akibat cedera atau penyakit. Contohnya saja yaitu meningkatkan kekuatan otot, mencegah perubahan bentuk pada tulang dan otot, serta masih banyak aktivitas latihan atau edukasi lainnya.

  1. Terapi Wicara

Terapi wicara bagi tunadaksa menjadi salah satu perawatan yang cukup penting untuk dilakukan. Apalagi jika memang penyandang disabilitas tersebut mengalami kesulitan dalam berbicara.

Terapi ini akan sangat berguna supaya nantinya bisa lebih lancar dalam berbicara dan lebih percaya diri saat mengemukakan pendapatnya di muka umum. Kepercayaan diri menjadi salah satu hal penting bagi seorang penyandang disabilitas.

Peran Terapi Wicara bagi Tunadaksa

Terapi wicara itu dapat diartikan sebagai sebuah prosedur atau pelatihan untuk melatih seseorang bisa berbicara dengan baik. Selain bisa digunakan untuk melatih seseorang dalam hal berbicara bisa juga digunakan untuk melatih pendengaran serta mengatasi masalah kesulitan menelan.

Dalam terapi cara juga nantinya akan menanamkan nilai-nilai kepercayaan diri supaya pasiennya akan lebih bersemangat dalam menjalani hidup. Berikut beberapa peran terapi wicara bagi tunadaksa.

  1. Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi

Salah satu manfaat terapi wicara bagi tunadaksa yaitu meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Jadi dengan menggunakan terapi wicara akan sangat membantu untuk meningkatkan komunikasinya baik menggunakan bantuan maupun tidak menggunakan bantuan.

Beberapa pasien mungkin akan merasa lebih suka menggunakan bantuan perangkat saat berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang lain. Sehingga nantinya para pasien bisa mengeluarkan suara dengan lebih lancar dan lebih jelas dari sebelumnya.

Memang tidak semua penyandang disabilitas itu memiliki kemampuan berkomunikasi yang buruk. Akan tetapi biasanya para penyandang disabilitas memang kurang percaya diri sehingga kemampuan komunikasinya sedikit kurang.

Hal ini tentunya harus diatasi karena kemampuan berkomunikasi itu sangat penting. Karena pastinya itu akan sangat berguna dalam aktivitas sehari-hari maupun dalam pekerjaan.

  1. Meningkatkan Keterampilan Sosial

Peran terapi wicara bagi tunadaksa selanjutnya yaitu meningkatkan keterampilan sosial. Keterampilan sosial adalah salah satu kunci ketika ingin berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari.

Biasanya Ketika seseorang memiliki keterbatasan, keterampilan dalam bahasa akan terganggu atau tertunda. Jadi perlu mempelajari keterampilan sosial sehingga bisa berkomunikasi dengan baik.

Cara belajarnya sendiri itu bisa bermacam-macam, bisa menggunakan permodelan video, permainan peran, dan masih banyak hal lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi dengan jasa terapi wicara bagi tunadaksa. Agar nantinya bisa mendapatkan prosedur paling baik dan juga paling tepat untuk diterapkan.

  1. Mempelajari Komunikasi Alternatif

Terapi wicara bagi tunadaksa juga bisa membantu Anda untuk mempelajari cara komunikasi selain menggunakan bahasa, contohnya yaitu gerakan, isyarat, dan vokalisasi.

Jadi sebagai informasi saja ada banyak sekali anggota tubuh lainnya yang bisa digunakan untuk berinteraksi dengan orang lain selain mulut.

Tentu saja untuk bisa merasakan manfaat dari terapi wicara secara maksimal harus menggunakan jasa terapi wicara yang sudah terpercaya dan berpengalaman. Jika Anda membutuhkan terapi wicara bagi tunadaksa bisa menghubungi kami Wicaraku melalui nomor +62 895-4151-54575.

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Dampak Kesehatan Akibat Cegukan Terus, Ini Perlu Diketahui

Manfaat Terapi Wicara di Rumah untuk Kemajuan Pasien

Berapa Biaya Terapi Wicara Anak? Ini Panduan untuk Orang Tua

Do You Want To Boost Your Business?

Meningkatkan client yang membutuhkan layanan Fisioterapis di klinik Anda, anda bisa bekerja sama
dengan kami!

Layanan Kami

Konsultasi Gratis

Konsultasi via WhatsApp gratis untuk selamanya.

Earl Package

  • 6x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

King Package

  • 8x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Emperor Package

  • 12x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Crown Package

  • 15x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Royal Package

  • 30x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang