Tahapan Melakukan Terapi Wicara Secara Ampuh untuk Anak

Wicaraku Writer

December 28, 2023

Wicaraku

Wicaraku Writer

December 28, 2023

Wicaraku

Bagikan Artikel

Sebagai orang awam yang tidak tahu tahapan melakukan terapi wicara, kini bisa memahaminya lebih mudah. Tidak semua orang beruntung untuk bisa berbicara normal seperti pada umumnya sejak lahir.Bagi orang yang mengalami gangguan dalam berbicara, menelan, hingga berbahasa, dapat membiasakan diri ikut pada terapi ini. Terapi ini membantu penderita untuk bisa memaksimalkan keterampilan dan pemahaman dalam berkomunikasi.Agar tidak bingung lagi, sebaiknya kenali pengertian dan tahapan melakukan terapi bicara secara tepat. Melalui pembahasan ini, kami telah merangkum secara lengkap apa itu pengobatan bicara khusus bagi Anda.

Kenali Pengertian dari Pengobatan Wicara

Sebelum masuk pada tahapan melakukan terapi wicara, Anda harus memahami terlebih dahulu tentang pengertian pengobatan bicara. Umumnya, anak menjadi penderita yang mana kesulitan bicara dan butuh bantuan dari terapis profesional.Pengobatan wicara merupakan jenis layanan di bidang kesehatan dengan tenaga ahli profesional dalam bidang bahasa, suara, wicara, komunikasi, serta menelan. Pengertian tersebut berdasarkan PMK Nomor 81 Pasal 1 Tahun 2014.Dalam melakukan terapi ini, tentu saja terdapat beberapa prosedur yang penting untuk diperhatikan. Terapis dilakukan berfokus untuk menyembuhkan permasalahan seperti telat bicara ataupun gangguan wicara karena sakit maupun cedera.Pasien terapi bisa siapa saja, mulai dari perorangan, grup, hingga keluarga sekaligus. Namun mayoritas yang menjadi pasien pengobatan tersebut adalah anak-anak di mana mengalami gangguan berupa belum lancar bicara.

Tahapan Melakukan Terapi Wicara Bagi Anak

Sebagai orang tua pasti ingin mempunyai anak yang pandai berkomunikasi, berbahasa, hingga berbicara tanpa kendala apapun. Oleh karena itu, pengobatan wicara sangat berguna untuk membantu anak-anak lebih lancar dalam berbicara.Agar tidak mengalami kesulitan dalam melatih gaya bicara terhadap anak, ada beberapa tahapan yang perlu diketahui. Berikut ini adalah tahapan ampuh yang bisa membantu anak berhasil menjalani terapi komunikasi.

1. Mendongeng

Tahapan melakukan terapi wicara yang bisa Anda pilih adalah mendongeng bagi anak usia dini. Ada banyak manfaat mendongeng untuk anak salah satunya dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara cepat.Saat mendongeng otomatis terdapat banyak kosa kata baru yang secara tidak langsung akan diserap oleh anak. Karena hal tersebut, kemampuan berbahasa anak semakin bertambah terutama dalam komunikasi secara verbal.Era sekarang lebih mudah dalam membacakan dongeng untuk anak karena ada internet. Anda dapat mencari berbagai cerita dongeng menarik dari internet dan langsung dibaca saat berinteraksi dengan anak di rumah.

2. Memberikan Permainan Bergambar

Tahapan melakukan terapi wicara selanjutnya adalah memberikan permainan dengan objek bergambar kepada anak. Gambar-gambar menarik pada sebuah permainan yang diberikan ke anak bisa membantu meningkatkan keterampilan berkomunikasi.Anak akan berusaha berpikir dan mengenali maksud dari objek bergambar pada game terkait. Seiring berjalannya waktu, kualitas berbahasa pada anak jadi meningkat setelah sering bermain game penuh objek.Anda dapat memberikan game seperti tebak gambar untuk anak seperti macam-macam profesi, tempat, binatang, buah-buahan, dan warna. Anak terlatih memahami bahasa seiring berjalannya waktu mampu meningkatkan kemampuan berbicara tanpa kesulitan.

3. Hindari Screen Time Bagi Anak

Kebanyakan orang tua di era sekarang cenderung memberikan fasilitas gadget kepada anaknya. Walaupun ada beberapa manfaatnya, screen time justru memiliki dampak negatif jika diberikan kepada anak.Tahapan melakukan terapi wicara lebih baik hindari screen time bagi anak karena bisa memperburuk fungsi motorik anak. Perkembangan komunikasi anak jadi terganggu setelah bermain gadget atau melihat TV secara berlebihan.Ganti metode screen time dengan cara mencontohkan langsung kepada anak bagaimana pengucapan kata-kata secara benar. Hal ini akan membantu motorik anak agar terus meningkat dan mampu melatih respon bicara nantinya.Berbeda dengan screen time, anak cenderung melihat atau menyimak layar di TV dan smartphone saja tanpa ada timbal balik. Kalau melatih pengucapan otomatis ada komunikasi timbal balik yang diterima anak.

4. Memberikan Pertanyaan dan Jawaban

Tahapan melakukan terapi wicara lain bagi anak adalah dengan memberikan sebuah pertanyaan dan jawaban. Anda dapat mengajukan pertanyaan kepada anak untuk mencoba melatih kemampuan berpikir dan komunikasi.Walaupun belum bisa berbahasa dengan baik, anak akan tahu jawabannya dari pertanyaan yang Anda berikan secara sering. Teknik melatih terapi komunikasi bagi anak dengan komunikasi tanya jawab sangatlah mudah dilakukan.

Kunci Kesuksesan Teknik Terapi Bahasa Kepada Anak

Melakukan sebuah pengobatan bahasa kepada anak bisa dikatakan berhasil apabila Anda memenuhi beberapa hal. Berikut ini adalah kunci kesuksesan terapis bicara kepada si kecil yang wajib dipahami.

1. Konsisten

Agar terapis berhasil, perlu konsistensi dalam melatih anak untuk meningkatkan kualitas bicara. Anda harus memiliki kesabaran ekstra jika ingin mengatasi permasalahan gangguan komunikasi, bahasa, hingga bicara yang dialami oleh penderita.

2. Kombinasi

Tahapan melakukan terapi wicara agar sukses sebaiknya gunakan kombinasi cara-cara yang sudah kami jelaskan. Tujuan kombinasi teknik terapi bicara untuk mencegah anak bosan, sehingga harus memakai berbagai cara sekaligus.Anda dapat mengganti metode dalam melatih kemampuan motorik supaya anak tetap mendapatkan pengetahuan baru. Kombinasi teknik pengobatan bicara sangat direkomendasikan bagi orang tua dengan cara selalu berpikir kreatif.

3. Komunikasi Intensif

Kunci suksesnya tahapan melakukan terapi wicara adalah terdapat komunikasi intensif antara anak dan orang tua. Komunikasi intensif dengan bertatap muka secara langsung dapat meningkatkan kemampuan otak memikirkan cara berbicara.Keuntungan melakukan komunikasi intensif yakni agar anak mencontoh Anda saat mengajari berbicara. Tidak heran jika kebanyakan anak memiliki gaya berbicara dan berbahasa seperti orang tuanya.Lantas, terapi bicara ini butuh waktu berapa lama sampai bisa berhasil? Tentunya akan kami bahas lewat penjelasan di bawah. Pastikan simak terus pembahasan ini supaya dapat mengetahui estimasi keberhasilan terapis.

Faktor Pengaruh Proses Pengobatan Gangguan Komunikasi

Apabila Anda ingin melatih kemampuan berkomunikasi sang anak, tentunya harus bersabar dan konsisten berinteraksi secara intensif. Adapun beberapa faktor yang menjadi pengaruh lama atau tidaknya pengobatan gangguan komunikasi anak.Proses tahapan melakukan terapi wicara dapat dipengaruhi oleh usia penderita. Apabila masih anak kecil, tentunya akan membutuhkan proses tidak sebentar sampai memasuki umur pada umumnya bisa lancar berkomunikasi.Kemudian, frekuensi terapi bicara juga berpengaruh terhadap hasil akhir pengobatan. Semakin sering frekuensi pengobatan, otomatis memperbesar peluang bagi penderita sembuh dari masalah gangguan bahasa, bicara, hingga menelan sekaligus.Jenis gangguan dan tingkat keparahan sangat mempengaruhi keberhasilan anak keluar dari masalah tersebut. Namun, Anda tidak perlu cemas karena ada tingkatan level terapi yang bisa dilakukan oleh ahlinya.Wicaraku merupakan jasa terapis yang cocok menjadi alternatif pilihan Anda dalam mengatasi gangguan komunikasi anak. Anda dapat berkomunikasi bersama kami dengan menghubungi No. HP/Whatsapp: +62 895-4151-54575.Wicaraku memiliki tenaga profesional dan ahli di bidangnya sehingga mampu mengatasi berbagai masalah sang anak dalam berbicara. Wicaraku juga telah berpengalaman dan berhasil membantu banyak penderita sembuh dari penyakitnya.Dengan menggunakan teknik pengobatan secara tepat, terapi wicara dijamin ampuh mengatasi masalah gangguan komunikasi. Berbagai tahapan melakukan terapi wicara tersebut dapat Anda coba di rumah bersama sang buah hati.

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Dampak Kesehatan Akibat Cegukan Terus, Ini Perlu Diketahui

Manfaat Terapi Wicara di Rumah untuk Kemajuan Pasien

Berapa Biaya Terapi Wicara Anak? Ini Panduan untuk Orang Tua

Do You Want To Boost Your Business?

Meningkatkan client yang membutuhkan layanan Fisioterapis di klinik Anda, anda bisa bekerja sama
dengan kami!

Layanan Kami

Konsultasi Gratis

Konsultasi via WhatsApp gratis untuk selamanya.

Earl Package

  • 6x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

King Package

  • 8x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Emperor Package

  • 12x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Crown Package

  • 15x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Royal Package

  • 30x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang