Ragam Penyebab Lidah Bayi Bercabang dan Cara Mengatasinya

Wicaraku Writer

May 3, 2024

Wicaraku

Wicaraku Writer

May 3, 2024

Wicaraku

Bagikan Artikel

Sebagai orang tua, maka Anda wajib tahu apa saja penyebab lidah bayi bercabang. Sebab sang buah hati kerap mengalami lidah bercabang yang tentu membuatnya kesulitan dalam berkomunikasi. Oleh karena itu, ada beberapa cara untuk meminimalisir kendala lidah bercabang.

Salah satunya dengan memberikan terapi wicara. Sebab terapi ini membantu mereka agar dapat berkomunikasi dengan lancar saat usia dewasa. Salah satu rekomendasi terapi wicara berpengalaman dan profesional di Indonesia adalah Wicaraku.

Faktor Penting Mengetahui Penyebab Lidah Bayi Bercabang

Memang ada beberapa kasus lidah bayi bercabang. Tercatat ada beberapa faktor yang menyebabkan lidah sang buah hati bercabang. Tentu hal tersebut menyebabkan risiko ketika anak beranjak dewasa.

Oleh karena itu, sebagai orang tua tentu wajib mengetahui apa saja yang menyebabkan lidah anak tampak bercabang. Dengan mengetahui penyebabnya, maka Anda dapat mempelajari bagaimana langkah solutif untuk mengatasi masalah lidah bercabang.

Faktor penting pertama, tujuannya untuk mencegah agar sang buah hati tidak mengalami kelainan lidah bercabang. Sebab sang anak yang mengalami kelainan lidah bercabang akan kesulitan untuk berbicara dengan orang lain.

Maka dari itu, sangat penting bagi orang tua untuk mencegah terjadinya lidah bercabang pada anak. Faktor penting kedua, tujuannya untuk mengetahui bagaimana langkah solutif konkret guna mengobati lidah sang buah hati bercabang.

Sebab langkah solutif yang harus Anda ambil harus berdasarkan penyebab lidah bayi bercabang. Dengan begitu, maka Anda dapat membantu sang buah hati agar lancar berkomunikasi hingga memasuki usia dewasa.

Faktor penting ketiga, tujuannya agar para orang tua tidak khawatir ketika sang buah hati mengalami kelainan lidah bercabang. Sebab ada beberapa metode terapi yang bisa mengatasi kesulitan berbicara akibat lidah bercabang.

Maka dari itu, para orang tua wajib tahu bagaimana tahapan untuk melatih sang anak agar dapat berkomunikasi secara normal dalam kondisi lidah bercabang. Sehingga sang buah hati bisa lancar berbicara dengan kelainan lidah bercabang.

Ragam Faktor Penyebab Lidah Bayi Bercabang

Sebelum menentukan langkah solutifnya, maka Anda wajib tahu ragam faktor penyebabnya. Sebab lidah bercabang pada bayi ini disebabkan oleh beberapa faktor. Sehingga Anda perlu mewaspadai agar sang bayi tidak mengalami kelainan tersebut.

Oleh karena itu, ini dia ragam faktor penyebab lidah bayi bercabang hingga kesulitan untuk berkomunikasi di usia dewasa. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Faktor Genetik

Faktor penyebab lidah bayi bercabang pertama tentu saja genetik dari keluarga. Faktor keturunan juga menyebabkan lidah bayi bisa bercabang. Oleh sebab itu, cek genetik dari keluarga apakah memiliki riwayat lidah bercabang atau tidak.

  1. Pengaruh Obat Kimiawi

Faktor penyebab kedua ada dari efek samping obat kimia. Ya, penggunaan obat tanpa resep dokter juga dapat menyebabkan seseorang memiliki gejala gangguan kandungan. Bahkan dapat menyebabkan Anda memiliki anak dengan lidah bercabang.

Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk tidak mengonsumsi obat kimiawi sembarangan. Anda harus berkonsultasi dengan dokter. Sebab efek samping obat kimia juga menjadi salah satu penyebab lidah bayi bercabang.

  1. Terkontaminasi Virus dan Bakteri

Faktor penyebab ketiga yakni terkontaminasi virus dan bakteri. Seseorang yang terkontaminasi virus dan bakteri memang mengalami gangguan atau kelainan pada tubuh, termasuk lidah bercabang.

Untuk itu, Anda diharuskan untuk memeriksakan kandungan secara rutin guna meminimalisir risiko anak dengan kelahiran lidah bercabang.

Baca juga artikel kami tentang : Tongue Tie, Kenali Gejalanya Sejak Dini

Langkah Solutif Mengatasi Kesulitan Bicara Karena Penyebab Lidah Bayi Bercabang

Memang anak yang lahir dengan lidah bercabang akan kesulitan untuk menyusu pada ibunya. Dan diusia dewasa, mereka akan kesulitan untuk berbicara atau berkomunikasi dengan orang lain.

Oleh karena itu, ada beberapa langkah solutif untuk mengatasi masalah kesulitan bicara pada anak dengan lidah bercabang. Langkah solutif pertama, dokter akan melakukan langkah observasi untuk melihat perkembangan lidah bayi yang bercabang.

Sebab dalam beberapa hari, lidah bayi bisa normal kembali karena pembentukan jaringan. Jika kembali normal, maka dokter tidak akan melakukan tindakan medis apapun. Dan ibu boleh memberikan ASI normal kepada sang buah hati.

Langkah solutif kedua, dokter akan melakukan tindakan fretonomi atau pembedahan pada bagian pangkal lidah bercabang. Tujuannya tentu agar lidah sang anak kembali normal. Perlu Anda ketahui bahwa lidah bercabang dapat menyebabkan sang anak kesulitan berbicara.

Sehingga perlu tindakan pembedahan agar sang anak dapat berbicara normal, meskipun dengan bantuan terapi wicara. Oleh karena itu, langkah solutif untuk mengatasi lidah bercabang ini memerlukan tindakan medis.

Tips Meminimalisir Kesulitan Bicara Akibat Penyebab Lidah Bayi Bercabang

Sebagai orang tua tentu ingin memiliki anak yang normal. Akan tetapi, seseorang yang terlahir dengan lidah bercabang tentu saja akan mengalami kesulitan berkomunikasi. Bahkan intonasi dan pelafalan kata per kata menjadi tidak jelas.

Oleh karena itu, ada beberapa tips untuk meminimalisir kesulitan berbicara bagi orang yang terlahir dengan lidah bercabang ini. Tips pertama, selalu periksakan diri terkait percabangan pada bagian lidah.

Sebab perkembangan percabangan lidah menjadi hal yang harus diperiksa secara lebih lanjut. Dengan begitu, maka Anda bisa mengetahui perlukah tindakan operasi atau pembedahan agar lidah kembali normal.

Tips kedua, Anda bisa mencoba mengikuti terapi wicara untuk melatih berkomunikasi. Sebab berkomunikasi dengan kondisi lidah bercabang ini cukup sulit. Pasalnya ada beberapa kata yang tidak bisa terucap dengan jelas.

Dengan melakukan terapi wicara secara rutin, maka Anda bisa melatih sensor motorik untuk dapat berbicara dengan lancar. Anda bisa mencari tahu rekomendasi terapi wicara lidah bercabang terbaik di Indonesia seperti Wicaraku.

Baca juga artikel kami tentang : Cadel pada Anak Ternyata Bisa Diatasi, Orang Tua Wajib Tahu

Wicaraku Rekomendasi Tempat Terapi Wicara Profesional dan Berpengalaman

Salah satu upaya untuk melatih bicara bagi seseorang yang lahir dengan kelainan lidah bercabang adalah terapi wicara. Terapi ini membantu Anda untuk bisa berbicara selayaknya orang normal.

Dalam terapi tersebut, Anda akan diajarkan bagaimana cara menekankan lidah ketika berbicara. Sehingga Anda dapat melafalkan kata per kata dengan jelas. Dengan begitu, orang yang Anda ajak berbicara dapat mengerti apa yang sedang dikomunikasikan.

Salah satu rekomendasi tempat terapi wicara profesional dan berpengalaman di Indonesia adalah Wicaraku. Sebab disini semua terapis telah memiliki sertifikat resmi untuk membantu Anda dalam melatih berbicara.

Selain itu, kami juga menyediakan layanan terapi langsung datang ke rumah. Artinya para terapis dari Wicaraku akan melayani terapi ke rumah pasien. Sehingga Anda sebagai orang tua dapat melihat secara langsung perkembangan terapi.

Lalu terapis kami juga sangat sabar dan terampil dalam memberikan layanan terapi pada pasien. Dengan begitu, penyebab lidah bayi bercabang dapat berkurang secara signifikan. Dan anak Anda bisa berbicara seperti orang normal.

Untuk informasi terkait biaya dan juga layanan operasional dari Wicaraku, maka Anda dapat menghubungi layanan customer service kami di nomor +62 895-4151-54575. Dan silahkan hubungi kami di jam kerja.

Lidah bercabang menjadi salah satu penyebab bayi mengalami kesulitan untuk berbicara secara lancar. Kini, Anda dapat menghubungi Wicaraku untuk pemberian terapi wicara sesuai dengan penyebab lidah bayi bercabang.

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Dampak Kesehatan Akibat Cegukan Terus, Ini Perlu Diketahui

Manfaat Terapi Wicara di Rumah untuk Kemajuan Pasien

Berapa Biaya Terapi Wicara Anak? Ini Panduan untuk Orang Tua

Do You Want To Boost Your Business?

Meningkatkan client yang membutuhkan layanan Fisioterapis di klinik Anda, anda bisa bekerja sama
dengan kami!

Layanan Kami

Konsultasi Gratis

Konsultasi via WhatsApp gratis untuk selamanya.

Earl Package

  • 6x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

King Package

  • 8x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Emperor Package

  • 12x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Crown Package

  • 15x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Royal Package

  • 30x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang