Penyebab dan Tahapan Terapi Wicara Bibir Sumbing yang Tepat

Wicaraku Writer

May 2, 2024

Wicaraku

Wicaraku Writer

May 2, 2024

Wicaraku

Bagikan Artikel

Sebagai orang tua, tentu Anda perlu memberikan terapi wicara bibir sumbing. Ya, jika Anda memiliki buah hati dengan kondisi bibir sumbing terkadang kesulitan untuk berbicara. Untuk itu, Anda bisa memberikan sebuah terapi guna melatih komunikasi dengan orang lain.

Hanya saja, Anda perlu memberikan terapi melalui klinik terpercaya dan berpengalaman. Salah satu rekomendasinya adalah Wicaraku. Sebab, Wicaraku akan membantu anak dengan bibir sumbing agar dapat berkomunikasi dengan lancar.

Pentingnya Memberikan Terapi Wicara Bibir Sumbing

Seseorang yang terlahir dengan bibir sumbing memang kerap kesulitan dalam berbicara. Sehingga apa yang diucapkan terkadang kurang dapat dimengerti oleh lawan bicara. Tentu hal tersebut sangat mengganggu.

Alhasil mereka kerap kurang percaya diri ketika berkomunikasi dengan orang lain. Untuk itu, salah satu solusinya adalah memberikan terapi agar seseorang dengan bibir sumbing bisa berkomunikasi lancar.

Tercatat ada beberapa faktor penting mengapa Anda perlu memberikan terapi wicara bibir sumbing. Faktor penting pertama, tujuannya agar seseorang dengan terlahir bibir sumbing bisa berbicara dengan lancar.

Sebab orang dengan bibir sumbing terkadang kesulitan untuk melafalkan kata per kata. Sehingga lawan bicara tidak mengetahui apa yang dikatakan. Dengan memberikan terapi, maka mereka dapat melafalkan kata per kata dengan jelas.

Faktor penting kedua, tujuannya agar seseorang dengan bibir sumbing bisa berinteraksi secara lancar. Sebab komunikasi merupakan salah satu bentuk interaksi dengan orang lain. Dengan mencoba terapi wicara, maka Anda dapat berkomunikasi secara lancar.

Dan Anda dapat mempelajari artikulatoris oral secara benar. Alhasil, seseorang yang telah mendapat terapi wicara bisa berbicara dengan lancar tanpa bantuan orang lain. Dan lawan bicara pun mengerti apa yang Anda katakana.

Faktor penting ketiga, tujuannya untuk membantu anak-anak terlahir sumbing agar dapat berbicara dengan lantang. Sebab, anak dengan kelainan bibir sumbing terkadang kesulitan untuk berbicara dengan suara lantang.

Dengan mempelajari cara mengolah suara, maka anak dengan bibir sumbing bisa belajar cara menekan artikulasi kata per kata. Sehingga mereka bisa belajar cara berbicara dengan jelas dan lantang.

Penyebab Anak Terlahir dengan Kelainan Bibir Sumbing

Sebelum membahas tentang terapi wicara bibir sumbing, maka ketahui dahulu apa faktor penyebabnya. Memang banyak orang yang tidak mengetahui bahwa bibir sumbing ini disebabkan karena faktor genetik.

Selain itu, ada beberapa faktor yang perlu Anda ketahui mengapa sang buah hati memiliki kelainan bibir sumbing. Sebab, anak dengan kelainan bibir sumbing ini memang cukup mengganggu. Salah satunya adalah kesulitan ketika berbicara.

Sehingga lawan bicara mereka tidak mengetahui apa yang diinginkan. Dan juga anak dengan kelainan bibir sumbing terkadang kurang percaya diri ketika berbicara. Untuk itu, Anda perlu tahu apa saja penyebab seorang anak yang terlahir dengan keadaan bibir sumbing.

Faktor penyebab pertama, memiliki riwayat genetik keluarga yang terlahir dengan bibir sumbing. Bahkan seseorang dengan riwayat genetik bibir sumbing ini bisa berisiko lebih dari 70%. Untuk itu, Anda perlu mengubah pola hidup sehat agar sang buah hati tidak berisiko bibir sumbing.

Faktor penyebab kedua ini karena efek samping dari obat-obatan kimiawi. Pasalnya ada beberapa orang hamil melahirkan anak dengan kelainan bibir sumbing yang disebabkan oleh efek samping obat kimiawi.

Jadi seorang ibu hamil tidak boleh mengonsumsi obat-obatan tanpa resep dan anjuran dari dokter. Faktor ketiga ini disebabkan karena ibu sang bayi terpapar bakteri maupun virus dari lingkungan sekitar.

Ya, virus dan bakteri ternyata juga dapat mempengaruhi kondisi sang buah hati. Untuk itu, Anda wajib melakukan pemeriksaan secara rutin guna mengetahui apakah kondisi bayi dalam keadaan normal atau mengalami kelainan bibir sumbing.

Tahapan Melakukan Terapi Wicara Bibir Sumbing

Perlu Anda ketahui bahwa seseorang dengan kelainan bibir sumbing mengalami kendala dalam berbicara. Salah satu solusi untuk mengatasinya tentu mencoba menjalankan terapi wicara.

Terapi ini mampu melatih anak sumbing untuk dapat berkomunikasi secara lancar. Sebagai orang tua, maka Anda wajib tahu apa saja tahapan terapi wicara bibir sumbing. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Belajar Artikulatoris

Tahap pertama terapi wicara bibir sumbing akan diajarkan untuk mempelajari artikulatoris oral yang benar. Caranya dengan mengatur aliran tekanan udara dari dalam mulut.

Sehingga mereka mampu melafalkan tiap huruf dengan jelas. Untuk belajar artikulatoris oral ini memang tidak mudah. Dan di Wicaraku ini Anda bisa mempelajari artikulatoris dengan cepat karena dipandu oleh terapis berpengalaman.

  1. Membentuk Tekanan Udara dalam Mulut

Tahap kedua, anak dengan kelainan bibir sumbing akan diajarkan bagaimana cara membentuk tekanan udara dari dalam mulut. Hal ini bertujuan agar Anda bisa berbicara dengan intonasi yang jelas dan mudah dimengerti oleh lawan bicara.

  1. Mempelajari Pola Bicara Mototrik

Tahap ketiga, terapi wicara bibir sumbing akan lebih fokus pada mempelajari pola bicara motoric. Sebab ada celah di bagian langit-langit anak bibir sumbing. Hal tersebut yang menyebabkan anak dengan kelainan bibir sumbing kesulitan berkomunikasi.

Sebagai terapis, tentu Anda harus mengajarkan bagaimana melatih motorik anak dengan kelainan bibir sumbing untuk berbicara. Anda harus memberikan arahan agar mereka dapat berbicara dengan jelas. Sehingga mereka lebih percaya diri saat berbicara dengan orang lain tentunya.

Baca juga artikel kami tentang : Latihan Motorik Oral Stimulasi Dini untuk Anak

Mencari Tempat Terapi Wicara Bibir Sumbing Terpercaya

Agar sang buah hati bisa berbicara dengan lancar, maka Anda perlu mencari tempat terapi wicara untuk anak dengan kelainan bibir sumbing. Perlu Anda ketahui bahwa mencari tempat terapi wicara ini tidak mudah.

Pasalnya tidak semua tempat menyediakan terapi yang terampil, sabar, profesional, dan berpengalaman. Oleh karena itu, Anda bisa menghubungi Wicaraku sebagai rekomendasi tempat terapi wicara bibir sumbing terpercaya di Indonesia.

Ya, kami merupakan tempat terapi yang melayani pelayanan terapi wicara untuk semua kalangan, termasuk anak-anak. Tidak perlu khawatir, Wicaraku ini memiliki berbagai keunggulan jika dibandingkan dengan tempat kompetitor.

Keunggulan pertama, biaya terapi melalui Wicaraku ini sangat terjangkau. Sehingga Anda bisa mencapai semua tahap terapi wicara hingga anak benar-benar bisa berkomunikasi secara lancar.

Keunggulan kedua, tim Wicaraku ini juga melayani terapi secara langsung ke rumah. Sehingga Anda dapat memantau seluruh kegiatan dan juga perkembangan terapi wicara anak secara langsung.

Keunggulan ketiga, Wicaraku hanya mempekerjakan terapis berpengalaman, profesional, dan terampil di bidangnya. Sehingga semua proses terapi wicara ini akan selalu memperoleh kemajuan positif.

Dan anak dengan kelainan bibir sumbing dapat berkomunikasi dengan lancar. Tentu saja, sebagai orang tua akan merasa senang dengan perkembangan berbicara sang anak yang mengalami kelainan bibir sumbing tersebut.

Bagi Anda yang berminat untuk terapi wicara melalui Wicaraku, maka bisa langsung menghubungi customer service kami di nomor +62 895-4151-54575 guna informasi dan reservasi lebih lanjut.

Anak yang terlahir dengan bibir sumbing memang akan mengalami kesulitan berbicara. Untuk itu, butuh terapi wicara yang mampu melatih anak agar dapat berkomunikasi secara lancar. Maka dari itu, hubungi Wicaraku untuk memberikan terapi wicara bibir sumbing terpercaya.

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Dampak Kesehatan Akibat Cegukan Terus, Ini Perlu Diketahui

Manfaat Terapi Wicara di Rumah untuk Kemajuan Pasien

Berapa Biaya Terapi Wicara Anak? Ini Panduan untuk Orang Tua

Do You Want To Boost Your Business?

Meningkatkan client yang membutuhkan layanan Fisioterapis di klinik Anda, anda bisa bekerja sama
dengan kami!

Layanan Kami

Konsultasi Gratis

Konsultasi via WhatsApp gratis untuk selamanya.

Earl Package

  • 6x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

King Package

  • 8x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Emperor Package

  • 12x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Crown Package

  • 15x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Royal Package

  • 30x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang