Penyebab Bayi Lahir Sumbing Karena Obesitas Ibu

Wicaraku Writer

May 30, 2024

Wicaraku

Wicaraku Writer

May 30, 2024

Wicaraku

Bagikan Artikel

 

Secara pasti penyebab bayi lahir sumbing memang belum diketahui dan sampai saat ini masih dalam tahap penelitian lebih lanjut. Tetapi, faktor yang menyebabkan risiko kondisi tersebut adalah obesitas.

Sebelum kami melanjutkan pembahasannya, perlu diketahui kondisi tersebut bukan berarti kalau ibu saat hamil kelebihan berat badan buah hati terlahir dengan bibir sumbing. Hanya mempunyai kemungkinan, bisa ya dan tidak.

Semua tergantung dari kondisi ibu sendiri, bagaimana solusi serta tindakan untuk mencegah hal itu terjadi. Karena penjelasan mengenai faktor tersebut cukup panjang, sehingga Anda tidak boleh melewatkannya agar dapat mengantisipasi.

Mengapa Obesitas Jadi Penyebab Bayi Lahir Sumbing?

Kenaikan berat badan pada ibu memang wajar, tetapi jangan berlebihan dan menimbulkan obesitas. Jadi, tetap harus memperhatikan postur tubuhnya agar sesuai anjuran dokter, karena risiko terbesarnya ada pada buah hati.

Jadi penumpukan lemak berlebih pada tubuh dapat menimbulkan peradangan cukup kronis. Bukan sampai di situ saja, nantinya akan memunculkan gangguan mulai dari suplai darah sampai oksigen khususnya ke janin.

Kalau sudah seperti ini, risiko yang harus diketahui adalah tumbuh kembang khususnya pada organ tubuh tidak sempurna. Inilah alasan mengapa Anda harus menjaga benar berat badan agar tetap ideal,

Alasan mengapa obesitas jadi penyebab bayi lahir sumbing bukan hanya berhenti sampai disitu saja. Kami akan membahasnya lebih jauh lagi, seperti di bawah ini agar Anda bisa lebih memperhatikannya

  1. Nutrisi Tidak Optimal

Seperti diketahui penumpukan lemak yang ada di dalam tubuh tersebut menyebabkan adanya kelebihan kalori. Kondisi itu sebenarnya bagus saja, tetapi perlu dipertanyakan juga apakah nutrisinya optimal?

Sebagai contoh saat konsumsi jus buah, dari dokter memang disarankan. Tetapi apakah pemenuhan gizi lain akan tercukupi, ketika minuman itu mengandung kadar gula tinggi maka hasilnya sama saja.

Biasanya pemanis berlebihan tersebut datang dari kental manis serta gula, hal seperti ini sering sekali luput dari perhatian. Walaupun terlihat sederhana, namun punya efek cukup besar.

Dalam keadaan seperti ini, ada satu nutrisi yang pastinya sulit untuk terpenuhi, yaitu asam folat. Jika ditelaah lebih jauh, kandungan tersebut sangat penting dan bisa jadi penyebab bayi lahir sumbing.

Seperti diketahui bahwa asam folat sangat berguna bagi buah hati dalam mencegah lahir secara cacat. Ketika lemak berlebih ada dalam tubuh,sistem distribusinya sangat berkurang, sehingga mengurangi tempat-tempat wajib.

Sebenarnya, keadaan seperti ini dapat teratasi dengan menikmati beberapa menu yang menyediakan kandungan tersebut secara berlebih. Tetapi, kalau itu dilakukan pasti akan muncul risiko lain.

Inilah mengapa obesitas dapat menjadi faktor tertinggi penyebab bayi lahir sumbing. Selain asam folat, gangguan lain juga dapat terjadi adalah berkurangnya penyerapan nutrisi terutama ke bagian janin.

Baca juga tentang : Penyebab Bibir Sumbing pada Anak dan Cara Menanganinya

  1. Terjadinya Resistensi Insulin

Alasan lain mengapa obesitas begitu berbahaya dan mungkin bisa menjadi faktor dengan risiko sangat tinggi adalah, kemungkinan menimbulkan resistensi insulin. Hal tersebut membuat tubuh sulit melakukan penyerapan glukosa.

Jika hal itu terjadi kemungkinannya, Anda akan mengalami peningkatan penyakit yaitu diabetes gestasional. Ketika pada titik tersebut gula darah akan menunjukkan peningkatan cukup signifikan sehingga, menjadi penyebab bayi lahir sumbing.

Ketika kadar pemanis dalam tubuh serta janin sangat tinggi, kemungkinannya adalah merusak beberapa jaringan serta struktur janin. Bagian yang terkena dampak terbesarnya adalah pembentukan wajah serta mulut terganggu.

Penyebab bayi lahir sumbing akibat obesitas, berpotensi besar akan merusak kondisi plasenta. Bagi buah hati yang di dalam perut, saluran makanan, darah serta oksigen akan disalurkan melalui organ tersebut.

Tidak dapat berfungsinya plasenta ini, secara otomatis semua pasokan kebutuhan akan terhenti. Dari segi nutrisi yang harus masuk ke tubuh calon adik bayi tidak ada sama sekali, sementara mereka membutuhkannya.

Kelebihan kadar lemak dalam tubuh memang menjadi penyebab bayi lahir sumbing, walaupun bukan utama hanya faktor terbesar saja. Hanya saja kalau melihat dari apa yang kami sampaikan bisa jadi perhatian.

  1. Memungkinkan Terjadinya Hipertensi Gestasional

Seperti diketahui bahwa, obesitas akan menyebabkan Anda menderita hipertensi atau darah tinggi. Kondisi tersebut wajib dihindari bagi ibu hamil karena pengaruhnya sangat besar bagi pertumbuhan janin.

Memang belum pasti menjadi penyebab bayi lahir sumbing tetapi merupakan faktor tertinggi terjadinya keluhan tersebut. Kondisi itu, disebabkan oleh gangguan aliran darah yang seharusnya masuk ke plasenta.

Seperti diketahui bahwa, semua nutrisi penting di bawah oleh darah masuk ke dalam organ tersebut. Ketika terjadi gangguan akibat hipertensi, maka alirannya juga akan terganggu yang menyebabkan pertumbuhan kurang sempurna.

Pada dasarnya kurang maksimalnya pertumbuhan tersebut bukan selalu di bagian wajah saja. Mungkin bisa organ dalam atau kelainan lainnya, maka dari itu sebagai orang tua wajib untuk memperhatikannya sejak sekarang.

Baca juga tentang : Dampak Operasi Mulut Sumbing Anak dan Perawatan Terbaiknya

Terapi Wicara untuk Bibir Sumbing

Bila faktor obesitas ternyata sulit untuk diantisipasi karena sesuatu, dan pada akhirnya terjadi kepada buah hati Anda, tidak perlu panik. Tidak akurat dalam melakukan pembicaraan dapat diatas dengan berbagai cara.

Salah satunya adalah terapi wicara yang disediakan oleh Wicaraku. Di mana kami mempunyai para terapis handal agar buah hati dapat berkomunikasi dengan jelas kepada orang lain. Beberapa hal yang mungkin akan dilakukan adalah sebagai berikut

  1. Latihan artikulasi, nantinya buah hati akan mencoba mengucapkan berbagai huruf baik vokal dan konsonan, baru setelah itu mencoba mengucapkan beberapa kata agar terdengar jelas
  2. Latihan makan, biasanya penderita kelainan ini akan kesusahan saat menikmati berbagai makanan, Wicaraku dengan pengalamannya siap memberikan pelajaran agar mereka bisa menelan secara efektif.
  3. Myofunctional, ketika buah hati kesulitan dalam melakukan percakapan dengan jelas, kemungkinannya adalah otot sekitar mulut serta wajah kurang begitu kuat, pelatihan ini akan memaksimalkannya sehingga koordinasi seluruh berjalan baik.
  4. Melatih anak agar bisa mempelajari sekaligus memahami bagaimana menggunakan tata bahasa secara luas sekaligus pragmatik.

Baca juga tentang : Penyebab dan Tahapan Terapi Wicara Bibir Sumbing yang Tepat

Jangan Melakukannya Sendiri di Rumah

Obesitas merupakan faktor tertinggi di antara semua penyebab bayi lahir sumbing, parahnya lagi kondisi tersebut terkadang tidak diketahui oleh para orang tua. Jika itu terjadi kepada Anda, jangan berkecil hati,

Kelemahan tersebut bisa menjadi salah satu kelebihan buah hati kelak, caranya dengan melakukan terapi wicara. Hanya saja, kami tidak merekomendasikannya dilakukan sendiri di rumah walau tahu caranya.

Perlu diingat, tahu saja belum cukup membuat pelatihannya berjalan baik. Harus mendapatkan pendampingan dari terapis profesional, mungkin saat ini Anda sedang kebingungan mencari tempat terbaik dan berpengalaman?

Langsung saja hubungi customer service Wicaraku yang siap membantu Anda mengatasi permasalahan sulitnya berkomunikasi dengan jelas. Dengan terapis handal, berpengalaman, terlebih lagi harga kami sangat terjangkau.

Bila tertarik ingin mencobanya, silahkan hubungi nomor +62 895-4151-54575. Semua layanan, cara pemesanan, termasuk harga akan dijelaskan, kami juga menyediakan fasilitas konsultasi gratis.

Penyebab bayi lahir sumbing memang belum diketahui secara pasti, tetapi faktor yang memiliki risiko tinggi sangat banyak, salah satunya obesitas maka dari itu kami harap sejak sekarang mohon diperhatikan.

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Dampak Kesehatan Akibat Cegukan Terus, Ini Perlu Diketahui

Manfaat Terapi Wicara di Rumah untuk Kemajuan Pasien

Berapa Biaya Terapi Wicara Anak? Ini Panduan untuk Orang Tua

Do You Want To Boost Your Business?

Meningkatkan client yang membutuhkan layanan Fisioterapis di klinik Anda, anda bisa bekerja sama
dengan kami!

Penyebab Bayi Lahir Sumbing Karena Obesitas Ibu

Layanan Kami

Konsultasi Gratis

Konsultasi via WhatsApp gratis untuk selamanya.

Earl Package

  • 6x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

King Package

  • 8x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Emperor Package

  • 12x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Crown Package

  • 15x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Royal Package

  • 30x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang