Kenali Tanda Anak Speech Delay yang Sering Diabaikan

Wicaraku Writer

June 15, 2024

Wicaraku

Wicaraku Writer

June 15, 2024

Wicaraku

Bagikan Artikel

Tanda anak speech delay merupakan sebuah informasi yang pasti dengan mudah Anda dapatkan selama ini. Semua itu bisa diperoleh dari berbagai sumber baik online maupun offline.

Namun, ada satu hal yang tidak boleh dilupakan orang tua bahwa terdapat beberapa gejala awal. Inilah hal yang sering diabaikan oleh banyak orang tua di luar sana sehingga speech delay sudah terlalu jauh terjadi.

Tanda Anak Speech Delay Pada Tahap Awal

Kita sudah tahu bahwa anak atau bayi seringkali memiliki perkembangan yang tidak sama waktunya. Namun, tetap ada target milestone atau perkembangan yang seharusnya mereka capai pada usia-usia tertentu.

Untuk itu, sebaiknya orang tua lebih waspada jika terlihat ada tanda anak speech delay. Berikut adalah beberapa gejala awal yang terjadi dan mengetahuinya lebih dini sudah tentu akan lebih baik.

1. Tidak Merespons Saat Namanya Dipanggil

Anda wajib mengetahui bahwa ini merupakan salah satu tanda paling awal yang sering ditemukan. Pada usia sekitar 1,5 tahun, sebaiknya Anda mulai waspada jika Anak tidak merespons sama sekali ketika sudah dipanggil.

Apalagi jika sudah dipanggil secara berulang-ulang. Untuk mencegahnya, ada baiknya mengajarkan atau membiasakan anak mendengar namanya sejak bayi.

2. Gangguan Proses Fonologi

Gangguan yang dimaksud adalah ketika buah hati Anda kesulitan dalam membuat beberapa bunyi atau kata secara konsisten. Jadi mereka hanya mengucapkan bunyi atau kata secara random dan jarang sekali diulang.

Terlebih jika bunyi tersebut tidak memiliki makna sama sekali. Tanda anak speech delay ini juga menunjukkan hilangnya suku kata dan artikulasi secara jelas.

3. Mutisme Selektif

Mungkin gejala ini agak sedikit tidak familiar untuk orang tua. Mutisme selektif adalah sebuah kondisi dimana anak menolak untuk berkomunikasi pada sebuah situasi yang spesifik.

Mereka bahkan bisa juga menolak untuk selalu berkomunikasi dengan orang-orang tertentu. Sebenarnya, mutisme selektif bisa berhubungan juga dengan sebab lain misalnya rasa cemas, atau lainnya.

Terapi bicara yang mempunyai metode kognitif dan pendekatan behavioral (kebiasaan) sangat tepat untuk mengatasi tanda anak speech delay ini. Seperti misalnya jasa layanan yang diberikan oleh terapis dari Wicaraku.

4. Bicara yang Tidak Jelas dan Konsisten

Ketika buah hati berumur 4 tahun, seharusnya apa yang diucapkan sudah mampu dimengerti oleh orang lain di sekitarnya. Artinya, mereka bisa mengucapkan kata secara jelas, menyusun kalimat yang bermakna, dan lainnya.

Jika Anda merasa buah hati pada usia itu masih dengan konsisten berbicara dengan tidak jelas, apalagi susah dimengerti, bisa jadi itu menjadi tanda anak speech delay tahap awal. Silahkan konsultasikan masalah itu dengan ahlinya.

Baca juga tentang : Terapi Wicara untuk 8 Gangguan Komunikasi Ini

5. Sulit Berinteraksi Secara Sosial

Tidak bisa dipungkiri bahwa adanya gangguan dalam berbicara dan berkomunikasi akan membuat buah hati sulit masuk dalam pergaulan sosial. Mereka mungkin saja lebih memilih untuk bermain sendiri dibanding bersama – sama.

Ini berbeda dengan anak yang memang pemalu dimana tipe pemalu tanpa speech delay jelas mampu berkomunikasi. Selain sulit berinteraksi secara sosial, anak dengan keterlambatan bicara juga mengalami kesulitan lainnya.

Sebagai contoh adalah dalam memahami perintah, mengekspresikan pikiran, dan emosi mereka. Hal tersebut jika dibiarkan akan berdampak kurang baik bagi kehidupan dan perjalanannya kelak.

6. Frustasi dan Gangguan Perilaku

Dari berbagai tanda anak speech delay yang bisa kita petik adalah anak dengan keterlambatan bicara akan sulit mengungkapkan apa yang mereka mau. Apakah hal tersebut ada dampaknya?

Tentu saja, bayangkan saja karena mereka bicara kurang jelas dan tidak ada orang yang mengerti, lama kelamaan mereka akan frustasi. Frustasi inilah yang memicu berbagai gangguan perilaku.

Misalnya anak tersebut cenderung mudah marah, emosi, suka membanting barang, dan bahkan menyakiti dirinya sendiri. Jika sudah begini, maka orang tua disarankan untuk mencari penanganan yang efektif.

7. Faktor Historis dalam Keluarga

Jika Anda mulai merasakan adanya tanda anak speech delay tahap awal, cobalah untuk melihat lebih dalam ke silsilah keluarga selama ini. Maksudnya, mungkin saja ada silsilah dalam keluarga yang mengalami problem serupa selama ini.

Apabila demikian, maka risiko buah hati akan mengalami keterlambatan bicara juga ada. Namun, perlu dicatat bahwa besar kemungkinan juga Anak baik-baik saja dalam hal kemampuan bicaranya.

Baca juga tentang : Ide Penanganan Speech Delay dari Terapis yang Mudah Dicontoh

Cari Informasi dari Tempat Lain Mengenai Tanda Anak Speech Delay Pada Anak

Menemukan tanda anak speech delay bukanlah akhir dari dunia. Sebagai orang tua, Anda bisa mengusahakan kesembuhannya dengan aktif menstimulasi anak dan melakukan terapi secara professional.

Harus diketahui bahwa speech delay merupakan kasus yang bisa disembuhkan. Tapi ingat bahwa pasiennya tidak akan bisa sembuh dengan sendirinya dan artinya diperlukan bantuan dari orang yang tepat.

Pada tahap awal terapi, pasti terapis akan melakukan konsultasi terlebih dahulu untuk tahu sejauh apa keterlambatan bicaranya dan apa penyebabnya. Agar dapat memberikan informasi yang tepat, apa yang bisa dilakukan?

Cobalah untuk mengorek informasi dari pihak lain seperti misalnya dari sekolah tempat buah hati Anda menuntut ilmu, dari pengasuh, orang yang sering mendampinginya, dsb.

Jika sudah memperoleh feedback atau informasi dari mereka, kebanyakan orang tua akan merasa defensive. Kebanyakan akan merasa kaget serta kurang bisa menerima apa yang terjadi.

Namun, apabila tanda anak speech delay sudah jelas terjadi, sebaiknya turunkan ego dan jangan malu untuk mencari solusi. Speech delay bukanlah hal yang memalukan dan ini sangat mungkin untuk disembuhkan.

Baca juga tentang : Mengenal Speech Delay Pada Anak dan Fakta Kesembuhannya

Cari Terapis Paling Tepat untuk Anak

Bekerja atau melakukan terapi dengan anak adalah hal yang susah susah gampang. Pada usia mereka, harapan kesembuhan sangat tinggi meski memang untuk setiap sesi pasti ada tantangan tersendiri.

Misalnya harus sesuai dengan mood anak, anak bisa saja menolak, tidak memperhatikan, dan lain sebagainya. Kasus penyebab speech delay juga tidak sama antara satu pasien dengan lainnya.

Inilah mengapa sebaiknya Anda menghubungi jasa terapis professional seperti dari Wicaraku. Berikut adalah alasan mengapa terapis Wicaraku sangat direkomendasikan:

  1. Konsultasi oleh terapis professional. Sebelum memulai perjalanan terapi, konsultasi adalah hal wajib. Terapis akan menanyakan beberapa hal guna mendapat diagnosa yang tepat dan menyusun langkah selanjutnya.
  2. Bisa dilakukan secara online, inilah layanan yang sangat memudahkan siapapun. Kami memiliki layanan online dengan menghubungi langsung di nomor kami berikut +62 895-4151-54575.
  3. Terapis kami akan datang ke rumah Anda untuk menjalankan program atau sesi terapi bersama buah hati. Tentu hal ini akan lebih nyaman bagi buah hati karena mereka sudah mengenal lingkungan rumah dengan baik.
  4. Alat lengkap dengan metode yang sudah terverifikasi. Kami memakai metode kognitif dan pendekatan lainnya yang sudah sesuai standard. Tentu semuanya akan disesuaikan dengan kebutuhan pasien akan memakai metode dan pendekatan seperti apa. Peralatan yang dipakai juga menyenangkan dan lengkap baik itu mainan, alat peraga, video, dll.

Jasa terapi wicara dari Wicaraku sudah dipercaya oleh banyak sekali orang bertahun-tahun. Bukan hanya untuk speech delay, tapi juga untuk mereka dengan autism dan juga bagi orang dewasa.

Silahkan hubungi nomor resmi yang sudah kami tulis di atas untuk memulai sesi Anda dan buah hati. Berbagai tanda anak speech delay bisa diatasi dan bahkan disembuhkan, jadi jangan pernah hilang harapan bersama kami Wicaraku.

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Dampak Kesehatan Akibat Cegukan Terus, Ini Perlu Diketahui

Manfaat Terapi Wicara di Rumah untuk Kemajuan Pasien

Berapa Biaya Terapi Wicara Anak? Ini Panduan untuk Orang Tua

Do You Want To Boost Your Business?

Meningkatkan client yang membutuhkan layanan Fisioterapis di klinik Anda, anda bisa bekerja sama
dengan kami!

Kenali Tanda Anak Speech Delay yang Sering Diabaikan

Layanan Kami

Konsultasi Gratis

Konsultasi via WhatsApp gratis untuk selamanya.

Earl Package

  • 6x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

King Package

  • 8x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Emperor Package

  • 12x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Crown Package

  • 15x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Royal Package

  • 30x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang