Fungsi Terapi Wicara pada Penderita Disfagia

Wicaraku Writer

March 8, 2024

Wicaraku

Wicaraku Writer

March 8, 2024

Wicaraku

Bagikan Artikel

Fungsi terapi wicara itu sangat banyak salah satunya yaitu bagi para penderita disfagia. Sebagian besar orang mungkin saja memahami terapi wicara itu hanya berfungsi untuk mengatasi berbagai masalah mengenai berbicara.

Akan tetapi sebenarnya, terapi ini juga berfungsi untuk mengatasi masalah pendengaran dan kesulitan untuk menelan. Tentu saja supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal harus menggunakan terapis profesional dan terpercaya.

Karena tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Terapi wicara harus dilakukan oleh orang-orang profesional di bidangnya supaya semuanya bisa berjalan dengan aman dan memberikan hasil terbaik.

Berikut Ini Sekilas Tentang Disfagia

Disfagia dapat diartikan sebagai kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan untuk menelan. Jadi pengidapnya akan sangat kesulitan saat menelan contohnya saja membutuhkan waktu lama dan usaha ekstra.

Bukan hanya itu, mungkin saja akan dibarengi oleh rasa sakit sehingga benar-benar tidak memungkinkan untuk. Oleh karena itu kondisi seperti ini memang harus ditangani dengan baik. Salah satunya yaitu dengan menggunakan terapi wicara.

Karena salah satu fungsi terapi wicara yaitu mengatasi kesulitan untuk menelan. Seseorang dengan disfagia biasanya akan mengalami penurunan nafsu makan atau bahkan takut untuk mengonsumsi makanan.

Sehingga tubuhnya tidak mendapatkan nutrisi yang cukup. Jika terjadi berkepanjangan tentu saja dapat menyebabkan masalah penyakit serius sehingga perlu perawatan lanjutan di rumah sakit.

Oleh karena itu, disfagia memang harus ditangani dengan baik. Jangan sampai Kondisinya sudah terlanjur memburuk baru ditangani. Karena hal tersebut dapat menyebabkan kondisi penyakit kronis dan bahkan menyebabkan kematian.

Ketahui Beberapa Hal Penyebab Disfagia

Sebelum membahas mengenai fungsi terapi wicara untuk penderita disfagia, kami akan memberitahu Anda beberapa penyebab menghadap disfagia terlebih dahulu.

Kondisi seperti ini biasanya akan terjadi ketika otot dan saraf yang membantu dalam memindahkan makanan atau minuman tidak bisa berfungsi dengan baik. Berikut beberapa hal yang bisa menjadi penyebab disfagia.

  1. Kerongkongan Kejang

Salah satu penyebabnya yaitu kerongkongan kejang. Hal ini akan terjadi saat otot pada kerongkongan tiba-tiba kontraksi. Kondisi seperti itu dapat mencegah makanan supaya bisa sampai ke lambung.

Ini merupakan salah satu masalah umum yang cukup sering terjadi. Oleh karena itu Anda harus menanganinya dengan cara terbaik.

  1. Skleroderma

Ini adalah sebuah penyakit langka di mana mengakibatkan pengerasan dan pengencangan kulit serta jaringan penghubung dalam tubuh. Jaringan pada bagian kerongkongan akan menjadi keras dan sempit. Selain itu juga akan menyebabkan otot bawah kerongkongan melemah.

Hal tersebut akan mengakibatkan makanan serta asam lambung kembali ke tenggorokan dan mulut. Ini merupakan salah satu masalah serius yang perlu ditangani dengan baik.

  1. Asam Lambung

Para penderita asam lambung juga berpotensi untuk mengalami disfagia. Biasanya akan ditAndai dengan nyeri pada bagian ulu hati. Selain itu juga bisa ditAndai dengan adanya sensasi Terbakar pada bagian dada akibat naiknya asam lambung menuju kerongkongan.

Jika asam lambung terlalu sering naik itu bisa mengakibatkan terjadinya ulser pada kerongkongan. Sehingga terjadi luka-luka dan membuat kerongkongan menyempit.

  1. Esofagitis

Ini adalah sebuah peradangan pada lapisan esofagus atau kerongkongan. Berbentuk seperti pipa dan tersusun dari otot yang berfungsi sebagai penyalur makanan dari mulut ke lambung.

Terjadinya peradangan pada lapisan ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Contohnya saja yaitu infeksi, asam lambung, atau ada sesuatu tersangkut pada bagian kerongkongan.

Fungsi Terapi Wicara bagi Pengidap Disfagia

Terapi wicara itu dapat diartikan sebagai sebuah prosedur atau sebuah pengobatan yang dilakukan oleh seorang profesional untuk mengatasi berbagai macam masalah berbicara, pendengaran, dan kesulitan untuk menelan.

Pengidap disfagia tentunya membutuhkan penanganan khusus supaya kondisinya tidak semakin memburuk. Di sinilah Anda bisa memanfaatkan salah satu fungsi terapi wicara yaitu menangani masalah kesulitan untuk menelan.

Ada berbagai macam teknik yang akan dilakukan oleh terapis untuk bisa membantu pasiennya bisa menelan secara normal. Tentu saja keberhasilannya akan sangat ditentukan juga oleh kemauan dari pasien untuk melaksanakannya secara maksimal.

Jadi fungsi terapi wicara ini akan dirasakan secara maksimal jika terjadi kerjasama yang baik antara terapis dan pasien. Dalam hal ini mungkin saja dibutuhkan peran keluarga supaya pasien bisa melaksanakan prosedur-prosedur dengan baik.

Nantinya pasien akan mendapatkan pendampingan selama proses pengobatan. Jadi nantinya perkembangannya akan terus diamati supaya bisa mengetahui sampai mana kemajuannya.

Mungkin saja ada tindakan-tindakan yang perlu dilakukan sendiri di rumah. Dalam hal ini dibutuhkan komitmen dari pasien untuk menjalankannya dengan baik supaya nantinya waktu penyembuhan akan menjadi lebih cepat.

Fungsi terapi wicara ini pada umumnya bukan hanya akan membantu mengatasi dalam hal teknis saja akan tetapi juga memberikan dukungan moral supaya pasien bisa semangat dalam menjalani proses pengobatan supaya cepat sembuh.

Cara Penanganan Pengidap Disfagia dengan Terapi Wicara

Setelah memahami fungsi terapi wicara bagi penderita disfagia, sekarang waktunya bagi Anda untuk memahami beberapa cara atau prosedur yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan kesulitan menelan.

  1. Latihan Shaker

Cara melakukannya sendiri itu tidak terlalu sulit. Jadi Anda tinggal berbaring terlentang kemudian angkat kepala, pastikan untuk bagian bahu itu tidak ikut terangkat saat melakukannya.

Waktu pelaksanaan sendiri yaitu sekitar 3 sampai 6 kali sehari. Lakukan setidaknya 6 minggu secara rutin.

  1. Manuver Angkat Hyoid

Fungsi terapi wicara ini yaitu membangun kekuatan dan kendali otot dalam proses menelan. Cara melakukannya yaitu memindahkan sebuah kertas menggunakan sedotan ke dalam wadah.

Jadi Anda harus menghisap sedotan agar kertas tetap melekat. Lakukan kurang lebih 5 sampai 10 kali setiap hari. Ini akan sangat berguna untuk membantu Anda dalam mengatasi masalah kesulitan menelan.

  1. Manuver Mendelsohn

Fungsinya saya sendiri yaitu untuk membantu refleks menelan. Caranya hanya dengan mengangkat jangkut 2 sampai 5 detik. Ulangi beberapa kali dalam sehari sesuai dengan anjuran yang diberikan oleh terapis.

  1. Menelan dengan Kuat

Fungsi terapi wicara untuk meningkatkan kontak serta koordinasi antara bagian otak yang memiliki peranan dalam proses menelan. Cara melakukannya sendiri tidak jauh berbeda seperti menelan pada biasanya. Akan tetapi Anda perlu melakukannya dengan lebih kuat.

Latihannya sendiri yaitu dengan menelan kering atau bisa diartikan tidak ada makanan yang dikonsumsi. Jadi Anda cukup mempraktikkan gerakannya saja. Lakukan kurang lebih 5 sampai 10 kali dalam sehari.

Tentu saja untuk melakukannya dibutuhkan kedisiplinan dan kemauan. Oleh karena itu, harus ada kemauan dari dalam diri sendiri untuk.

  1. Menelan Supraglottic

Pada latihan ini juga memulainya tanpa menggunakan makanan, jika nantinya sudah membaik bisa dilanjutkan dengan menggunakan makanan.

Tahap pelaksanaannya sendiri yaitu mengambil nafas dalam-dalam, tahan nafas selama menelan, kemudian batuk supaya membersihkan sisa-sisa air liur atau makanan setelah melewati pita suara.

Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan jasa terapi wicara berkualitas dan terpercaya bisa menghubungi kami Wicaraku melalui nomor +62 895-4151-54575. Fungsi terapi wicara selain bisa mengatasi berbagai masalah dalam berbicara juga bisa mengatasi kesulitan dalam menelan.

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Dampak Kesehatan Akibat Cegukan Terus, Ini Perlu Diketahui

Manfaat Terapi Wicara di Rumah untuk Kemajuan Pasien

Berapa Biaya Terapi Wicara Anak? Ini Panduan untuk Orang Tua

Do You Want To Boost Your Business?

Meningkatkan client yang membutuhkan layanan Fisioterapis di klinik Anda, anda bisa bekerja sama
dengan kami!

Layanan Kami

Konsultasi Gratis

Konsultasi via WhatsApp gratis untuk selamanya.

Earl Package

  • 6x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

King Package

  • 8x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Emperor Package

  • 12x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Crown Package

  • 15x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Royal Package

  • 30x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang