Cadel pada Anak Ternyata Bisa Diatasi, Orang Tua Wajib Tahu

Wicaraku Writer

December 28, 2023

Wicaraku

Wicaraku Writer

December 28, 2023

Wicaraku

Bagikan Artikel

Cadel pada anak bukan merupakan penyakit tapi tetap akan menjadi suatu hal yang memalukan baginya. Apalagi jika sudah memasuki masa remaja tapi masih mengalaminya.Rasa malu tersebut akan membentuk mental yang tidak bagus ke depannya. Jadi ketika para orang tua sudah menemukan anak dengan gejala tersebut, sebaiknya atasi sedini mungkin.

Kenali Apa Itu Cadel pada Anak?

Cadel adalah suatu kondisi di mana anak-anak atau penderita tidak bisa mengucapkan kata-kata yang mengandung beberapa huruf tertentu misalnya D, L, N, R, S, T dan Z. Kebanyakan orang mengalami cadel akan kesulitan mengucapkan huruf R, D, dan T. Sisanya hanya pada beberapa kasus dan tentu tidak banyak terjadi.Ketika seseorang mengalami kesulitan untuk mengucapkan hal tersebut, biasanya akan menggunakan kata lain yang masih memiliki arti sama dengan kata terkait. Sehingga orang tua tentu akan mudah melakukan deteksi dini cadel pada anak, sebab meski itu bukan penyakit tapi akan muncul adanya bully yang bisa hancurkan mentalnya.Tidak semua anak memiliki mental yang kuat untuk menghadapi hal tersebut, di mana bully tidak bisa bicara secara jelas akan berakibat fatal ke depannya. Apalagi anak berusia masih belia tentu akan menganggap hal tersebut sebagai suatu kekurangan, dan membuatnya tidak percaya diri bahkan menganggap dirinya rendah.Jadi, ada baiknya sebagai orang tua harus paham mengenai bagaimana cara mengatasinya. Lebih baik lagi bila tahu apa saja penyebabnya agar bisa mengobati secara tepat. Serta tidak terjadi lagi kepada anak selanjutnya, sebab bagaimana pun meski ini kesannya sangat sepele tapi ternyata bisa mempengaruhi bagaimana mental anak ke depannya.

Beberapa Penyebab Cadel pada Anak

Cadel bisa disebabkan oleh banyak factor, bisa bawaan lahir atau juga kebiasaan yang kerap anak lakukan, dengan begitu alangkah baiknya untuk mengetahui apa saja penyebabnya.

1. Penggunaan dot atau empeng berlebihan

Meski ini bisa membuat anak atau bayi Anda tenang tanpa perlu menenangkannya secara langsung, tapi penggunaan yang tidak ada aturannya akan membuat peluang terjadi cadel makin tinggi.Sebab secara tidak langsung kebiasaan menghisap dot akan membuat lidah secara tidak langsung terdorong ke depan, ini membuat posisi lidah terbiasa berada di antara gigi.Itu semua terjadi karena lidah terbiasa maju ke depan dan dampaknya membuatnya tidak bisa berbicara jelas karena kesulitan mengucapkan S dan Z dengan jelas, bahkan tidak bisa.

2. Tounge-tie

Kondisi ini memiliki nama lain ankyloglossia, di mana ini merupakan suatu kondisi jaringan ikat yang menempel di bawah lidah hingga rongga bawah mulut ukurannya tidak semestinya.Tepatnya berukuran terlalu kecil atau pendek, dan ini membuat pergerakan lidah menjadi terbatasi. Sehingga berdampak pada kesulitan untuk berbicara, bahkan makan sekaligus menelan.Kondisi ini biasanya dikarenakan oleh factor bawaan atau genetic, yang mana akan terlihat langsung pada saat baru lahir dengan tanda kesulitan untuk menyusu pertama kali.

3. Lidah terlalu besar atau menjorok ke luar gigi

Selain dua factor di atas, masih ada satu factor lagi yang akan membuat cadel pada anak terjadi. Tidak lain adalah lidah berukuran besar, dalam dunia medis banyak yang menyebutnya interdental.Tapi, untuk kondisi ini biasanya hanya kerap terjadi kepada anak penderita down sindron. Meski juga ada beberapa kasus anak normal yang mengalaminya, tapi itu jarang terjadi.

Cara Mengatasi Cadel pada Anak

Tentu saja ada dua cara yang bisa Anda lakukan, jika yang terjadi karena masalah bawaan sejak lahir. Jelas Anda harus melakukan penanganan secara medis melalui tindakan operasi atau pembedahan.Namun jika masalah terjadi karena kebiasaan atau lingkungan, orang tua masih bisa melakukan bisa melakukan beberapa tindakan sebelum juga pada akhirnya membawa ke ahli terapi wicara.

1. Memperhatikan kebiasaan anak atau si kecil

Kebiasaan memang akan memberikan dampak nyata pada kehidupan seseorang, si kecil yang terbiasa untuk menghisap dot saat sedang minum susu sebaiknya mulai dikurangi.Sebab bagaimanapun kebiasaan ini akan mendorong lidah maju ke depan dan membuat cadel pada anak, mulai sekarang usahakan untuk memakai gelas untuk minum kecuali memang urgent.Tidak lupa juga berikan pengertian untuk tidak menghisap jempol, berikan opsi lainnya selain itu. Misalkan dengan mengajaknya untuk melakukan apa yang disukai agar bisa lupa dengan kebiasaannya.

2. Sedotan jadi solusi terbaik

Meski sama-sama haruskan untuk menyedot, tapi sedotan jauh lebih akan membuat otot lidah makin kuat. Sebab ketika minum memakai sedotan, lidah dan mulut akan bekerja.Dengan begitu akan membuat motoric si kecil berkembang dan pada akhirnya cadel pada anak teratasi, sedikit saran sekarang ada botol sedot pengganti dot susu. Dengan mengganti botol dot memakai itu, bisa menjadi solusi bagus untuk Anda dan juga si kecil. Tapi, memang pasti akan ada penolakan di awal dan itu wajar.

3. Bantu berlatih dan koreksi kesalahan

Orang tua bisa membantunya untuk berlatih dengan melakukan koreksi kesalahan sambil memberikan pengertian bagaimana cara pengucapan yang baik dan benar.Tapi, jangan menggunakan kata-kata yang menyalahkan. Benarkan saja dan jika anak ingin berlatih mengucapkan kata yang benar, Anda bisa mengajarinya dengan pelan-pelan saja.

Mengatasi Cadel Tetap Perlu Dampingan dari Ahli

Meski memang bisa Anda lakukan pelatihan sendiri di rumah untuk mengatasi cadel pada anak. Tapi jika ingin hasil yang lebih maksimal jelas harus menyerahkan semuanya pada ahlinya.Di Indonesia memang banyak sekali ahli yang berkecimpung di dunia seperti ini, tapi jika bertanya mana yang terbaik jelas Wicaraku. Di mana Kami merupakan perusahaan yang berfokus pada pelayanan terapi wicara di rumah pasien dengan konsep visit home, ini jelas memudahkan semua orang untuk mendapatkan pelayanan.Khususnya anak-anak yang sudah pasti tidak ingin dicap mengalami sakit hanya karena cadel. Kami juga menjamin pelayanan berkualitas di mana selalu mempekerjakan professional terlatih.Sekaligus selalu mengembangkan metode inovatif yang diusahakan bagaimana caranya agar anak cepat mau berbicara. Dengan begini Kami jelas akan menjadi pilihan nomor satu untuk orang tua.Adapun beberapa layanan yang bisa Anda dapatkan dengan menghubungi nomor +62895-4151-54575 adalah sebagai berikut, beberapa pilihan layanan sesuai dengan keinginan Anda.1. Earl package, layanan 6 kali kunjungan dengan durasi 45-60 menit menggunakan talk tools untuk mengatasi cadel pada anak.2. King package, layanan 8 kali kunjungan dengan durasi 45-60 menit menggunakan talk tools sama seperti Earl Package3. Emperor package, sama berdurasi 45-60 menit serta menggunakan talk tools, tapi layanan tersebut berlangsung selama 12 kali kunjungan.4. Crown package, sama durasi 45-60 menit atau satu jam plus talk tools, dan juga kunjungan sebanyak 15 kali.5. Royal package, layanan dengan kunjungan 30 kali yang akan memberikan pelatihan 45-60 menit dengan memakai bantuan talk tools.Semua layanan memberikan pelatihan yang sama, hanya tergantung dari berapa kali kunjungan. Jelas itu bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan serta respon dari anak.Wicaraku jelas akan memberikan pelayanan professional dan jaminan sembuh sepenuhnya. Asalkan cadel pada anak bukan karena masalah bawaan atau fisik dari lahir.

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Dampak Kesehatan Akibat Cegukan Terus, Ini Perlu Diketahui

Manfaat Terapi Wicara di Rumah untuk Kemajuan Pasien

Berapa Biaya Terapi Wicara Anak? Ini Panduan untuk Orang Tua

Do You Want To Boost Your Business?

Meningkatkan client yang membutuhkan layanan Fisioterapis di klinik Anda, anda bisa bekerja sama
dengan kami!

Layanan Kami

Konsultasi Gratis

Konsultasi via WhatsApp gratis untuk selamanya.

Earl Package

  • 6x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

King Package

  • 8x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Emperor Package

  • 12x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Crown Package

  • 15x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Royal Package

  • 30x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang