Apa Itu Laryngitis? Simak Pengertiannya Berikut Ini

Wicaraku Writer

July 2, 2024

Wicaraku

Wicaraku Writer

July 2, 2024

Wicaraku

Bagikan Artikel

Sebagian besar orang ada yang belum tahu apa itu laryngitis sebenarnya. Untuk itu, kami di sini akan menjelaskannya secara sederhana agar mudah dipahami.

Secara singkatnya, laryngitis adalah kondisi di mana pita suara membengkak. Hal tersebut mengakibatkan suara menjadi serak dan sulit untuk untuk mengeluarkan suara atau berbicara.

Pada pembahasan kali ini, kami akan memberikan informasi tentang apa itu laryngitis sebenarnya. Dengan mengetahui tentang penyakit ini, Anda akan cepat tanggap untuk menanganinya.

Apa itu Laryngitis? Ini Pengertian Selengkapnya

Sebelum membahas lebih dalam tentang penyakit satu ini, ketahui dulu apa itu laryngitis melalui pengertian berikut. Laryngitis adalah radang pita suara, di mana kondisi tersebut sang penderita mengalami pembengkakan pada pita suaranya hingga terdengar serak.

Pita suara sendiri adalah lipatan membran mukosa yang letaknya berada dilaring. Ciri-ciri paling utama ketika Anda mengalami penyakit ini adalah rasa nyeri pada tenggorokan. Ketika menelan, juga sangat sakit. Suara Anda menjadi parau dan sulit mengeluarkannya.

Baca juga artikel: Pentingnya Terapi Wicara untuk 8 Gangguan Komunikasi Ini

Meski banyak orang yang belum mengetahui apa itu laryngitis, tapi sebenarnya situasi ini sangat sering terjadi. Hanya saja, orang-orang menyebutnya dengan sakit tenggorokan biasa.

Meski tidak berbahaya, jika pada anak-anak bisa menyebabkan mereka kesulitan untuk bernapas hingga sulit untuk tidur. Hal tersebut karena struktur saluran pernapasan anak-anak jauh lebih kecil dibandingkan orang dewasa.

Apakah penyakit ini berbahaya? Sebenarnya laryngitis bisa sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu 2-3 minggu. Akan tetapi, situasi seperti ini sangat mengganggu kegiatan, untuk itulah perlu perawatan khusus agar mempercepat kesembuhan.

Tapi jika dalam 2-3 minggu belum sembuh juga, itu bisa berubah menjadi laryngitis kronis dan perlu penanganan medis lebih lanjut. Umumnya, penyakit laryngitis akan terjadi pada orang-orang yang sering berkegiatan dengan mengandalkan suaranya, seperti penyanyi MC, penyiar radio dan sejenisnya.

Penyebab Terjadinya Laryngitis yang Umum Terjadi

Setelah tahu apa itu laryngitis berdasarkan pengertiannya, lalu apa yang menjadi penyebab terjadinya penyakit satu ini? Penyebab laryngitis umumnya terjadi karena infeksi bakteri.

Ini merupakan hal yang umum terjadi jika Anda bekerja mengandalkan suara. Namun, penyebab terjadinya laryngitis bisa dibagi menjadi dua macam, diantaranya adalah seperti berikut:

Baca juga artikel: Ketahui Disartria Adalah Lengkap Beserta Cara Pengobatannya

1. Penyebab Laryngitis Umum

Laryngitis umum adalah penyakit pembengkakan laring yang berefek pada pita suara dan sering dialami banyak orang. Laryngitis umum dapat berlangsung 2-3 minggu saja dan penyebabnya adalah :

• Terkena infeksi bakteri, salah satu jenis bakteri yang mempengaruhi penyakit ini adalah bakteri penyebab difteri.

• Kemudian karena infeksi virus. Biasanya virus yang menyebabkan laringitis adalah jenis yang menyerang saluran pernapasan.

• Dan cedera pita suara. Cedera ini bisa terjadi karena penggunaan suara yang berlebihan terjadi iritasi atau bahkan infeksi.

2. Penyebab Laryngitis Kronis

Apa itu laryngitis yang kronis? Ketika gejalanya tidak kunjung hilang setelah 3 minggu lamanya. Situasi seperti ini harus segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Tapi tahukah penyebab dari laryngitis kronis itu?

• Biasanya terjadi karena kebiasaan merokok yang sudah sangat berat. Ini bisa menyebabkan penyakit laryngitis.

• Selain itu, pecandu alkohol juga memungkinkan bisa menjadi penyebab utama penyakit ini hingga kronis.

• Kemudian, menggunakan suara secara berlebihan dan sangat lantang. Ini juga bisa menjadi pemicunya.

• GERD bisa menjadi salah satu penyebabnya.

• Sering terpapar dengan bahan yang menyebabkan alergi atau iritasi. Contohnya saja debu atau bahan kimia tertentu.

• Dan penyebab terakhir bisa terjadi karena infeksi jamur.

Gejala Terkena Laryngitis yang Perlu Diketahui

Anda bisa mengidentifikasi mengenai apa itu laryngitis ketika tubuh mulai bereaksi. Biasanya orang yang terkena penyakit ini, akan menunjukkan tanda-tanda tertentu yang mengindikasikan terkena laryngitis.

Tidak hanya tenggorokan terasa sakit, tapi ada gejala lainnya yang mungkin bisa terjadi pada penderitanya. Berikut ini adalah gejala yang paling umum terjadi pada penderita laryngitis yang perlu Anda ketahui :

1. Tenggorokan Terasa Sakit

Jika mengacu tentang apa itu laryngitis, memang pusatnya ditenggorokan. Sudah jelas bagian tersebut akan terasa sakit ketika Anda mengalami laryngitis.

2. Suara Serak atau Parau

Karena laryngitis adalah pembengkakkan pada organ laring sehingga pita suara ikut membengkak, tentu suara menjadi serak dan parau. Bahkan untuk mengeluarkan suara saja akan terasa cukup sulit.

3. Mengalami Demam

Gejala berikutnya adalah demam. Ini umum terjadi pada penderita laryngitis. Biasanya demam akan berlangsung sebentar.

4. Terdapat Pembengkakkan Kelenjar Pada Sekitar Leher

Gejala yang akan timbul ketika Anda mengalami laryngitis adalah adanya pembengkakkan kelenjar pada sekitar leher Anda.

5. Tenggorokan terasa Kering atau Gatal

Anda juga akan merasa tenggorokannya kering, bahkan dengan minum air saja tidak memberikan kelegaan pada tenggorokan. Sampai akhirnya, tenggorokan akan terasa gatal.

6. Mengalami Batuk

Kemudian gejala yang terakhir adalah mengalami batuk-batuk. Jika sudah kronis, batuknya bisa berdarah.

Baca juga artikel: Macam Teknik Terapi Wicara untuk Anak Maupun Dewasa

Cara Menangani Masalah Laryngitis Secara Tepat

Setelah tahu apa itu laryngitis berdasarkan pengertian, penyebab hingga gejalanya, lalu bagaimana cara menanganinya secara tepat? Terlebih dulu kita harus tahu kapan waktu yang tepat untuk pergi ke dokter dengan situasi seperti ini.

Sebenarnya, jika masih dalam kategori ringan, Anda bisa melakukan perawatannya di rumah saja. Kurang lebih dalam waktu 2-3 minggu, akan sembuh dengan sendirinya. Anda bisa membeli obat di apotek untuk bisa mempercepat kesembuhan.

Akan tetapi, ada situasi di mana Anda perlu pergi ke dokter. Anda harus mendapatkan penanganan medis lebih lanjut ketika mengalami demam yang tidak kunjung sembuh.

Selain itu, jika sudah sulit untuk berpanas, juga perlu penanganan dokter dengan segera. Terlebih lagi sudah mengalami batuk darah, jangan terlambat untuk mendapat penanganan medis.

Untuk penyembuhan dan cara menanganinya, ada obat yang cukup direkomendasikan. Pertama ada ibuprofen, obat batuk, antibiotik, kemudian obat antihistamin untuk mengatasi adanya alergi.

Anda juga bisa menggunakan obat penurun asam lambung jika penyebab dari laryngitis adalah GERD. Untuk pengobatan lanjutan, Anda bisa mengikuti tips berikut :

1. Menghirup Inhaler

Jika sudah sesak napas, cara penganannya adalah dengan menghirup inhaler beberapa kali.

2. Minum Banyak Air Putih

Jangan lupa untuk meminum banyak air. Ini bisa Anda lakukan ketika tenggorokan terasa sangat kering dan gatal.

3. Berbicara dengan Suara Sedang dan Perlahan

Ketika suara Anda sudah serak hingga parau, berbicaralah dengan suara sedang dan perlahan. Jangan menggunakannya secara berlebihan dulu agar nanti tidak berdampak lebih buruk lagi.

Kemudian yang terakhir, Anda bisa kumur dengan air garam hangat agar tenggorokan terasa lega. Caranya, campurkan segelas air hangat dengan garam secukupnya, aduk, dan kemudian Anda bisa kumur-kumur.

Bantuan mengatasi penyakit laryngitis juga bisa dilakukan di tempat kami, yaitu Wicaraku. Kami adalah jasa terapi Wicara yang bisa berkunjung ke rumah pasien, sehingga Anda tidak perlu lagi datang ke klinik atau rumah sakit.

Karena sudah tahu apa itu laryngitis, mulai sekarang harus bisa menjaga kesehatan bagian laring dengan baik, salah satunya adalah dengan menggunakan jasa Wicaraku. Pendaftaran dan reservasinya juga mudah dengan menghubungi +62 895-4151-54575.

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Dampak Kesehatan Akibat Cegukan Terus, Ini Perlu Diketahui

Manfaat Terapi Wicara di Rumah untuk Kemajuan Pasien

Berapa Biaya Terapi Wicara Anak? Ini Panduan untuk Orang Tua

Do You Want To Boost Your Business?

Meningkatkan client yang membutuhkan layanan Fisioterapis di klinik Anda, anda bisa bekerja sama
dengan kami!

Apa Itu Laryngitis? Simak Pengertiannya Berikut Ini

Layanan Kami

Konsultasi Gratis

Konsultasi via WhatsApp gratis untuk selamanya.

Earl Package

  • 6x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

King Package

  • 8x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Emperor Package

  • 12x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Crown Package

  • 15x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Royal Package

  • 30x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang