Apa Itu Fluency Pada Anak, Identifikasi dan Cara Mengobatinya

Wicaraku Writer

July 1, 2024

Wicaraku

Wicaraku Writer

July 1, 2024

Wicaraku

Bagikan Artikel

Apa itu fluency pada anak penting untuk diketahui para orang tua di jaman sekarang. Apalagi sekarang banyak anak yang mengalami kesulitan saat berbicara, dan rata-rata itu disebabkan oleh pola asuh.

Maka dari itu mari bersama-sama mari pahami fluency pada anak, mulai dari pengertian, pentingnya, cara identifikasi apakah ada masalah dalam kemampuan berbicara dan lain sebagainya, simak secara seksama.

Mengenal Tentang Apa Itu Fluency?

Apa itu fluency adalah kefasihan yang mengacu pada bagaimana aliran bunyi suku kata, kata, dan frasa saat sedang berbicara. Ketika seorang anak tidak bisa lancar berbicara maka dapat dikatakan kurang fluency atau gagap.

Hal ini menyebabkan banyak anak mengalami kesulitan untuk berbicara dan cenderung tidak lancar. Sehingga tidak bisa menyampaikan apa yang diinginkan dan menyebabkan banyak berbagai masalah nantinya.

Kemampuan berbicara menjadi sangat penting karena pada dasarnya itu adalah cara untuk bisa diterima oleh lingkungan. Pada akhirnya jika dibiarkan maka dapat membuat sulit bersosialisasi di lingkungan.

Sehingga akan ada kemungkinan untuk menjadi korban bully yang di jaman sekarang sedang sering terjadi. Ya memang itu bukan sepenuhnya salah korban, melainkan juga sikap dari pelaku yang dominan.

Tapi, jika anak memiliki kemampuan bersosialisasi bagus, maka risiko untuk jadi korban bully akan dapat diminimalkan. Untuk lebih lanjut lagi agar Anda bisa mengetahui apakah anak terkena masalah fluency ini dia cara mengidentifkasinya.

Baca juga tentang : Pengertian Omisi Adalah, Diagnosis dan Cara Mengatasinya

Mengidentifikasi Masalah Fluency Pada Anak

Sesuai dengan apa itu fluency yang sudah Kami sampaikan, ada beberapa kemungkinan buruk yang dapat terjadi pada masa sekolah dan mungkin masa depan. Untuk lebih lanjut bagaimana cara mengidentifikasinya, ini dia caranya.

  1. Sering terlihat frutasi karena tidak bisa mengeluarkan kata-katanya, sudah ada angan di dalam pikiran namun sulit untuk menunjukkan, biasanya sudah masuk ke taman kanak-kanak tapi sering nangis karena alasan tidak diketahui.
  2. Sering terjebak dalam kata-kata, biasanya ketika sedang berbicara namun tidak bisa melanjutkan dan hanya terjebak di dalam perkataan tertentu
  3. Tidak mau berbicara dengan orang lain karena merasa tidak percaya diri, biasanya akan menyendiri di suatu tempat meski sedang banyak teman yang bermain bersama
  4. Sering mengucapkan er, um, ah, saat sedang berbicara dan terlihat sedang memikirkan sesuatu yang akan disampaikan
  5. Menurut apa itu fluency yang artinya mengeluarkan kata kata serta suku kata, kebanyakan yang mengalami masalah akan sulit mengucapkan kata tertentu dan terkesan stuck berada pada kata tersebut
  6. Mengulang-ulang kalimat saat sedang berbicara dan sering menghentakkan kaki, memainkan jari, mengedipkan mata dan sebagainya

Baca juga tentang : Kenali Klinik Terapi Wicara Berkualitas dan Terpercaya

Masalah yang Terjadi Jika Fluency Dibiarkan

Meski kelihatan sepele tapi terkait dengan apa itu fluency, ada beberapa masalah yang akan terjadi ketika anak mengalami kesulitan dalam berbicara, ada beberapa hal yang akan menghambat pertumbuhannya.

  1. Kepercayaan diri serta harga diri akan cenderung turun, menganggap dirinya tidak layak untuk dihargai dan kesannya akan selalu kecil hati terhadap orang lain.
  2.  Kemampuan bersosialisasi akan terhambat, membuat anak akan cenderung menjadi pribadi introvert yang tidak suka dengan keramaian atas alasan terlambat berbicara.
  3. Frustasi juga akan dialami bahkan pada saat anak masih di dalam usia dini, sebab ia kesulitan untuk mengucapkan apa yang diinginkan.
  4. Kurang aktif di kelas karena memang tidak percaya diri, ini membuat kemampuan akademik berkurang dan kemungkinan nilai akan tidak maksimal.
  5.  Persoalan merencanakan dan mengurutkan sesuatu akan tidak maksimal, sebab masalah untuk berucap saja kesulitan apalagi masalah lainnya
  6. Tidak jelasnya dalam berbicara, ini membuat orang lain merasa kurang nyaman berbicara dan pada akhirnya secara tidak langsung dapat dijauhi oleh kelompok.
  7.  Kesulitan dalam menggunakan kata dan bahasa tingkat lanjut
  8. Kesulitan dalam memahami bahasa yang diucapkan oleh orang lain

Baca juga tentang : Mari Mengenal Apa Itu Speech Delay dan Faktor Penyebabnya

Cara-cara untuk Mengobati Masalah Kelancaran Berbicara

Anda yang sudah mengetahui apa itu fluency serta arti penting dan apa saja dampak ke depannya jika tidak diobati secara tepat. Tentu dapat merasa kawatir dengan apa yang terjadi pada anak nantinya.

1. Jangan memaksa anak untuk berbicara

Hal penting yang tampaknya tidak dipahami oleh kebanyakan orang tua adalah memaksanya. Ketika anak alami masalah kesulitan bicara namun dipaksa untuk berkomunikasi dengan orang tidak dikenal.

Maka akan membuatnya semakin cemas dan membuatnya jadi seakan-akan bahan lelucon. Orang tua tidak akan sadar hal tersebut, sehingga meski kesannya mengajari tapi malah membuatnya cemas bahkan trauma.

2. Coba untuk ajak bicara dengan perlahan-lahan

Ketika anak merasa kesulitan untuk bicara, cobalah metode untuk berbicara lambat. Contohkan dengan tindakan yang tentu sudah pasti akan membantu kemajuan dalam berbicara nantinya.

Dengan sesuai apa itu fluency maka ketika anak kesulitan untuk berbicara, kemudian akan terbantu dengan cara perlahan dan jika terus dilakukan secara tidak sadar akan normal seperti yang lainnya.

3. Jangan menyela pembicaraan anak

Tunggu sampai anak selesai mengucapkan perkataannya, jika pada akhirnya tidak bisa mengatakan apa yang dimau. Ucapkan kata penenang dan pastikan mengatakan untuk mencoba lagi dengan pelan-pelan.

Menyela pembicaraan hanya akan membuat anak merasa tidak dihargai, dan menganggap dirinya memang tidak berguna. Hanya untuk berbicara saja kesulitan dan banyak tidak dihargai tentu akan jatuhkan mentalnya.

4. Jangan suruh untuk memikirkan apa yang ingin dikatakan

Hindari untuk menyuruh anak memikirkan dan menarik nafas, sebab itu akan memberikan tekanan batin kepadanya. Pada akhirnya akan memberikan kecemasan mendalam dan berujung pada tidak mau bicara.

5. Bekerja secara kolaboratif

Lakukan kerja sama dengan guru yang mengajar anak, buat bagaimana strategi terbaik sesuai dengan pengertian apa itu fluency sebelumnya. Tentu tujuannya agar bisa mendukung anak berkembang lebih baik lagi.

6. Menggunakan bantuan dari terapi wicara

Jika semua cara di atas sudah dilakukan dan tidak membuahkan hasil maksimal, Anda harus mempercayakan kepada ahlinya. Percayakan pada terapi wicara terbaik di Kota agar bisa mendapatkan penanganan tepat serta hasil maksimal.

Wicaraku Menjadi Pilihan Terbaik untuk Melakukan Terapi Wicara

Membicarakan tentang apa itu fluency yang penting bagi tumbuh kembang anak ke depan, sangat penting untuk memilih terapis terbaik agar penanganan tepat dan memberikan hasil maksimal ke depannya.

Terapi pada Wicaraku adalah pilihan terbaik saat ini karena tidak mengharuskan Anda untuk pergi ke tempat tertentu. Melainkan Kami yang akan datang ke rumah memberikan penanganan tepat serta terbaik.

Kami tidak hanya sekedar memberikan pelayanan ke rumah tanpa jaminan apa-apa. Sebab, Kami memiliki tim ahli yang sudah bersertifikat resmi dari pemerintah, dengan bantuan alat terapi wicara terlengkap.

Jadi, Anda akan mendapatkan pelayanan terbaik dengan jaminan terbaik. Untuk bagaimana cara memesan tinggal hubungi kami pada nomor +62 895-4151-54575 dan langsung dapatkan terapi tanpa perlu mengantri.

Sudah tidak perlu takut lagi akan dampak yang akan terjadi ketika anak Anda mengalami masalah kesulitan berbicara. Sesuai dengan apa itu fluency kami akan mampu menyembuhkan dengan metode terbaik.

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Dampak Kesehatan Akibat Cegukan Terus, Ini Perlu Diketahui

Manfaat Terapi Wicara di Rumah untuk Kemajuan Pasien

Berapa Biaya Terapi Wicara Anak? Ini Panduan untuk Orang Tua

Do You Want To Boost Your Business?

Meningkatkan client yang membutuhkan layanan Fisioterapis di klinik Anda, anda bisa bekerja sama
dengan kami!

Apa Itu Fluency Pada Anak, Identifikasi dan Cara Mengobatinya

Layanan Kami

Konsultasi Gratis

Konsultasi via WhatsApp gratis untuk selamanya.

Earl Package

  • 6x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

King Package

  • 8x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Emperor Package

  • 12x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Crown Package

  • 15x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Royal Package

  • 30x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang