Anak Mengalami Hidung Tersumbat? Begini Tips

admin

December 28, 2023

Wicaraku

admin

December 28, 2023

Wicaraku

Bagikan Artikel

Anak Mengalami Hidung Tersumbat? Begini Tips Mengatasinya yang Ampuh

Jika anak anda mengalami hidung tersumbat, bagaimana cara mengatasinya agar tidak rewel? Saat anak mengalami hidung tersumbat, kemungkinan besar anak akan merasa tidak nyaman dan kesulitan melakukan kegiatan sehari-hari seperti tidur, bermain, dan makan. Namun, tak bisa dihindari gangguan itupun sering dialami anak-anak dari berbagai usia karena banyak faktor. Pada artikel ini, nanti akan di bahas mengenai apa penyebab hidung tersumbat pada anak dan mengapa sering terjadi. Apakah termasuk gangguan berbahaya atau tidak?Nah, kalau sudah begitu, salah satu hal yang anda dapat lakukan jika sudah berpasangan dan memiliki anak adalah pandai-pandailah menciptakan rasa nyaman, tenang, dan aman saat berada di situasi apapun.Hal lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi hidung tersumbat pada anak adalah memperbanyak istirahat dan minum air putih. Itu adalah salah satu langkah paling sederhana yang dapat anda lakukan untuk langkah pertama.

Penyebab Hidung Tersumbat Pada Anak

Perlu anda ketahui bahwa penyebab hidung tersumbat pada anak ini ada banyak hal. Hal yang paling umum meliputi; 

Infeksi Virus

Lebih dari 200 jenis virus dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), yang dapat menyebabkan hidung tersumbat. Namun, rhinovirus—flu biasa—selalu menjadi penyebab paling umum. Mereka bertanggung jawab atas 30% -50% dari semua jenis pilek. Sedangkan,virus influenza, atau flu, menyebabkan sebesar 5% -15%Ketika virus masuk ke sinus hidung anak anda, virus dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh bereaksi, melebarkan pembuluh darah di hidung dan menyebabkan peradangan.

Alergi dan Iritasi

Mengalami alergi, dari serbuk sari, tungau debu, bulu hewan peliharaan, dan jamur dapat menyebabkan anak anda mengalami radang sinus hidung. Anak anda mungkin mengalami hidung tersumbat selama waktu-waktu tertentu dalam setahun ketika jamur di luar ruangan melepaskan spora mereka, dan tanaman tertentu melepaskan serbuk sari ke udara. Akibatnya, anak mungkin mengalami alergi musiman. 

Tips Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak

Kabar buruk yang menjadi realitanya adalah kondisi hidung tersumbat yang semakin parah pada malam hari yaitu pada saat anak akan tidur. Saat berbaring, lendir mungkin tidak selalu mengalir dengan lancar sehingga menumpuk, lalu mengganggu aktivitas tidur si anak. Beberapa cara yang bisa dicoba adalah seperti mengangkat kepala anak dengan beberapa bantal atau tidur dengan posisi miring. Selain cara itu, ada beberapa tips lain untuk mengatasi hidung tersumbat pada anak, diantaranya adalah;

Memperbanyak Air Putih

Salah satu cara untuk menjaga jaringan hidung tetap lembab adalah dengan menjaga anak terhidrasi. Perbanyak minum air putih atau berikan mereka dengan es loli buah dengan 100% baik yang dibuat di rumah atau dari toko. Jauhi minuman yang mengandung kafein, seperti soda, sebab dapat memperburuk dehidrasi.

Sajikan Sup Ayam 

Ternyata menyajikan dua mangkuk sup ayam yang berlimpah, dapat membantu meringankan gangguan hidung tersumbat pada anak. Sebab, udara dari sup ayam yang hangat dapat membuat aliran udara pada hidung lebih lancar. 

Berikan Madu Jika Anak Mulai Batuk

Banyaknya lendir dari hidung tersumbat dapat menambah gejala batuk pada anak. Namun, tak perlu khawatir, anda dapat menggunakan madu sebagai penangkalnya. Berikan madu secara rutin kepada anak saat anak mulai batuk.

Konsumsi Makanan yang Seimbang

Berbicara mengenai makanan yang seimbang tentu harus mengamati makanan kesukaan anak. Sudahkah anda menyediakan menu makanan yang seimbang dengan kebutuhan nutrisi harian anak? Umumnya, banyak anak akan melewatkan sayuran saat makan. Oleh karena itu, sebagai orang tua, anda dapat mulai berinovasi untuk penyajian makanan. Jangan lupa untuk menghaluskan kembali sayuran dan masukkan ke dalam hidangan favorit. Hal ini agar anak tidak rewel atau gelisah. 

Gunakan Humidifier di Kamar Anak Anda

Gunakan humidifier ke area sekitarnya untuk membuat udara lembab. Humidifier membantu mencegah kekeringan lubang hidung dan mengencerkan lendir di hidung. Pastikan untuk membersihkan humidifier secara teratur setiap hari guna mencegah bakteri atau jamur tumbuh di dalamnya.

Hirup Aroma Mentol

Berikan anak lingkungan yang tenang dan menenangkan agar mereka tetap nyaman. Salah satu cara membuat anak tenang yakni dengan menyediakan aroma mentol sebagai aroma terapi yang mampu untuk membuat hidung terasa lega. Hal yang perlu dilakukan hanyalah mengupas, mengoleskan pada baju mereka, dan membiarkan anak menghirup uap yang dapat menenangkan indra anak.

Cara Mengobati Hidung Tersumbat Pada Anak

Hidung tersumbat bisa membuat frustasi dan seringkali membuat anak rewel dan uring-uringan. Berikut adalah cara untuk mengobati hidung tersumbat yang bisa dilakukan pada anak.

Mandi Air Panas

Uap dari air panas membantu mengencerkan lendir di hidung dan mengurangi peradangan. Ini akan membantu pernapasan anak anda kembali normal, setidaknya untuk sementara waktu.

Kompres Air Hangat

Kompres air hangat dapat membantu meringankan gejala hidung tersumbat dengan membuka saluran hidung dari luar.Untuk membuat kompres air hangat, pertama-tama rendam handuk dalam air hangat. Selanjutnya peras air dari handuk, lalu lipat dan letakkan di atas hidung dan dahi anak anda.Rasa hangat ini dapat memberikan rasa nyaman dan meredakan peradangan di lubang hidung. Ulangi sesuai kebutuhan.

Minum Obat

Pastikan untuk berbicara dengan apoteker saat memilih obat untuk pilek. Bila hidung tersumbat anak anda tidak membaik setelah minum obat selama lebih dari 3 hari, maka segera konsultasikan ke dokter. 

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Dampak Kesehatan Akibat Cegukan Terus, Ini Perlu Diketahui

Manfaat Terapi Wicara di Rumah untuk Kemajuan Pasien

Berapa Biaya Terapi Wicara Anak? Ini Panduan untuk Orang Tua

Do You Want To Boost Your Business?

Meningkatkan client yang membutuhkan layanan Fisioterapis di klinik Anda, anda bisa bekerja sama
dengan kami!

Layanan Kami

Konsultasi Gratis

Konsultasi via WhatsApp gratis untuk selamanya.

Earl Package

  • 6x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

King Package

  • 8x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Emperor Package

  • 12x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Crown Package

  • 15x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Royal Package

  • 30x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang