3 Obat Ampuh Untuk Meredakan Sariawan

Wicaraku Writer

December 28, 2023

Wicaraku

Wicaraku Writer

December 28, 2023

Wicaraku

Bagikan Artikel

3 Obat Ampuh Untuk Meredakan Sariawan

Sariawan merupakan gejala yang disebabkan oleh infeksi jamur pada bagian dalam mulut. Penyakit yang satu ini menyerang segala rentang usia mulai dari balita hingga orang tua. Gejala pecah-pecah pada area mulut ini sangat mengganggu, terutama untuk kegiatan makan dan berbicara. Biasanya, efek yang ditimbulkannya adalah rasa perih ditambah efek mulut terasa cepat kering. Sangat mengganggu dan membuatmu tak nyaman, bukan? Nah, untuk mengetahui obat serta cara ampuh untuk mengatasinya, simak pembahasan ini sampai akhir, ya!

Penyebab Sariawan

Setiap penyakit memiliki latar belakang yang beragam, tidak terkecuali sariawan. Penyebab utama penyakit ini yaitu tumbuhnya jamur Candida albicans, yang bertumbuh kembang pada bagian dalam mulut dalam jumlah yang kecil. Jamur yang satu ini memiliki pertumbuhan yang tidak terkendali. Namun, sariawan juga bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor lainnya sebagai berikut.

  • Cedera

Sebagai penyebab sariawan, cedera ini merujuk pada kondisi yang tidak sinkron antara gigi dan lidah yang menimbulkan adanya lecet pada kulit. Lecet ini dapat menjadi mula dari sariawan.

  • Infeksi

Infeksi menjadi salah satu penyebab sariawan karena ketika di dalam mulut terdapat bagian tertentu yang mengalami infeksi atau peradangan, bagian lain akan terpengaruh melalui bakteri yang menguap di dalam. Jika terdapat permukaan kulit lain yang lecet, maka akan menjadi tempat jamur bersarang.

  • Alergi

Alergi merupakan sebuah sifat penolakan secara alamiah dari tubuh terhadap suatu zat yang terkandung dalam makanan maupun selain makanan. Pada kasus sariawan, alergi ini terjadi karena mengonsumsi makanan yang salah.

Jika sudah mengetahui ketiga penyebab di atas, yang selanjutnya dilakukan adalah mengenali jenis-jenisnya agar dapat diketahui pula bagaimana cara menanganinya.

Jenis Sariawan

Sariawan di Lidah

Sariawan di lidah biasanya menjadi jenis sariawan yang paling menyebalkan. Lidah merupakan bagian dari mulut yang memiliki tingkat sensitif paling tinggi. Pada bagian ini, gejala sariawan biasanya muncul dengan tanda seperti memutihnya permukaan lidah. Sedangkan untuk posisi luka sariawan terletak pada bagian samping bawah lidah.

Sariawan di Gusi

Sariawan pada bagian gusi terjadi akibat adanya gesekan antara gigi dan gigi. Pada bagian ini, sariawan dipicu adanya luka terbuka yang kemudian diisi oleh bekas makanan yang tidak dibersihkan dengan baik. Dengan adanya penumpukan sisa makanan, maka terjadi pembiakan jamur pada area tersebut dan mengakibatkan sariawan.

Sariawan di Bibir

Pada bagian ini, sariawan biasanya terjadi karena tergigit gigi. Kulit bibir dengan tekstur lembut mudah tergores dan mengakibatkan luka terbuka. Pada kasus seperti ini, pemicunya relatif sama, yaitu menumpuknya bekas makanan yang tidak dibersihkan.

Sariawan di Tenggorokan

Sariawan pada saluran pencernaan yang satu ini biasanya sulit untuk dibedakan dengan gejala radang tenggorokan. Keduanya dapat menjadi sebab dan dengan gejala yang serupa. Penyebabnya juga sama, yaitu kurangnya asupan air yang menyebabkan tenggorokan kering dan berujung peradangan.

Cara Menghilangkan Sariawan

Sariawan membuat Anda tidak nyaman? Mungkin ini adalah perasaan yang dialami hampir semua orang yang mengalami sariawan. Ketika mengalaminya, mungkin Anda akan bertanya bagaimana cara menghilangkannya. Sepertinya cara-cara ini perlu dicoba untuk menghilangkan sariawan.

1. Berkumur Air Garam

Garam mengandung antiseptik yang mampu membersihkan dan memberi efek tenang. Hal ini menjadikannya sering dijadikan obat rumahan paling efektif, tidak terkecuali dalam kasus sariawan. Berkumur larutan air garam diklaim mempercepat proses pemulihan jaringan gusi, bibir, atau mulut yang terdampak sariawan.

Caranya pun mudah. Cukup Anda siapkan satu sendok teh garam dan campurkan dengan setengah cangkir air hangat lalu gunakanlah untuk berkumur. Lakukan selama 15-30 detik. Sebaiknya, lakukan secara rutin agar sariawan dapat teratasi.

2. Mengoleskan Madu

Sifat anti radang dan anti bakteri menjadikan madu ampuh sebagai obat sariawan alami. Jenis madu yang paling efektif untuk menyembuhkan sariawan adalah madu murni yang tidak melewati proses pasteurisasi. Cara menggunakan madu sebagai obat sariawan alami adalah dengan mengoleskannya ke luka sariawan. Rutin lakukan cara ini sebanyak 3-4 kali sehari hingga sariawan Anda mereda dan benar-benar sembuh.

3. Melumuri Minyak Kelapa

Minyak kelapa diklaim memiliki kandungan zat anti mikroba yang ampuh mengatasi peradangan sariawan. Cara memanfaatkannya adalah dengan melumuri minyak kelapa pada bagian yang sakit di area mulut untuk beberapa kali sehari sampai sariawan sembuh total.

4. Mengkonsumsi Yogurt

Anda bisa mengatasi masalah sariawan dengan probiotik alami yang bisa membasmi bakteri penyebab sariawan. Yogurt termasuk probiotik alami yang bisa Anda gunakan sebagai cara menyembuhkan sariawan. Adapun dosis yang dapat dipatuhi adalah dengan meminum satu porsi yogurt dalam sehari. Selain itu, jika tidak mengalami sariawan, meminum jenis minuman yang satu ini dapat menjadi langkah pencegahan.

Obat Paling Ampuh untuk Sariawan

Di kondisi tertentu, ukuran sariawan dapat besar. Dalam situasi yang lain, ukurannya menjadi relatif kecil. Ukuran ini disebabkan adanya kalkulasi bakteri dan jamur. Jika dibiarkan saja, maka ukurannya yang semula kecil akan semakin membesar dan semakin mengganggu. Untuk mengatasinya, simak beberapa penjelasan tentang obat berikut agar mengetahui bagaimana mengobati penyakit yang satu ini.

1. Obat Pereda Nyeri

Sariawan menimbulkan nyeri di beberapa bagian mulut. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mengkonsumsi obat yang sifatnya meredakan nyeri seperti paracetamol. Jenis obat yang satu ini dapat dengan mudah didapatkan di apotek maupun gerai obat lainnya. Dengan aturan pakai yang universal, obat ini juga dapat dikonsumsi mulai dari anak-anak hingga orang tua.

2. Obat Antivirus

Jika sariawan yang Anda alami disebabkan oleh virus, dokter mungkin akan meresepkan obat yang ampuh melawan virus. Salah satu virus yang dapat menjadi penyebab sariawan adalah virus herpes simpleks-1 (HSV-1).

3. Obat Antijamur

Sariawan pada mulut dan gusi dapat disebabkan oleh infeksi jamur Candida albicans. Untuk mempercepat proses penyembuhan, Anda dapat mengonsumsi obat antijamur sesuai dengan resep dokter.

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Dampak Kesehatan Akibat Cegukan Terus, Ini Perlu Diketahui

Manfaat Terapi Wicara di Rumah untuk Kemajuan Pasien

Berapa Biaya Terapi Wicara Anak? Ini Panduan untuk Orang Tua

Do You Want To Boost Your Business?

Meningkatkan client yang membutuhkan layanan Fisioterapis di klinik Anda, anda bisa bekerja sama
dengan kami!

Layanan Kami

Konsultasi Gratis

Konsultasi via WhatsApp gratis untuk selamanya.

Earl Package

  • 6x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

King Package

  • 8x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Emperor Package

  • 12x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Crown Package

  • 15x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Royal Package

  • 30x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang