Terapi Wicara Down Syndrome Bantu Komunikasi Lancar

Wicaraku Writer

February 6, 2024

Wicaraku

Wicaraku Writer

February 6, 2024

Wicaraku

Bagikan Artikel

Menggunakan terapi wicara down syndrome bisa menjadi pilihan yang tepat. Mungkin Anda sering menemukan anak dengan vonis down syndrome, dimana anak dilahirkan dengan kromosom berlebih. Untuk anak down syndrome sering kali memiliki keterlambatan dalam berbicara dan kesulitan mempelajarinya.

Maka dari itu, dibutuhkan penanganan khusus untuk dapat bisa lancar berbicara. Bukan hal yang tidak mungkin, sebab anak dengan down syndrome juga memiliki kesempatan untuk lancar berbicara dan dapat berkomunikasi dengan jelas.

Kenali Apa itu Down Syndrome?

Sindrom Down atau Down Syndrome dikenal juga sebagai trisomi 21, kondisi di mana seorang anak dilahirkan dengan kelebihan kromosom pada pasangan ke-21. Hal ini dapat mengakibatkan keterlambatan dalam perkembangan fisik dan mental, serta mungkin menyebabkan cacat.

Kondisi ini dapat dikatakan sebagai salah satu kelainan genetik kromosom yang paling umum terjadi, seringkali disertai dengan masalah kesehatan seperti gangguan jantung dan pencernaan. Banyak individu yang terkena Sindrom Down mengalami cacat sepanjang hidup mereka dan memiliki harapan hidup yang lebih pendek.

Namun, berkat kemajuan dalam bidang medis dan pemahaman yang meningkat tentang Sindrom Down, kualitas hidup anak-anak yang terkena dampaknya semakin membaik. Intervensi dini telah terbukti membantu mereka menjalani kehidupan yang lebih bermakna.

Peran keluarga juga sangat penting dalam mendukung kehidupan individu dengan Sindrom Down, membantu mereka mencapai potensi maksimal dan menjalani kehidupan yang memuaskan. Tidak jarang, orang tua lebih memilih menggunakan terapi untuk membantu menyembuhkan, seperti terapi wicara down syndrome.

Anak kecil yang mengalami sindrom Down seringkali menunjukkan serangkaian ciri fisik yang khas, yang dapat disebabkan oleh faktor keturunan dari orang tua dan keluarga. Beberapa ciri fisik yang umum terlihat pada individu dengan sindrom Down meliputi:

  1. Telapak tangan dengan satu lipatan saja.
  2. Mata miring ke atas dan keluar.
  3. Berat lahir dan panjang tubuh di bawah rata-rata.
  4. Mulut yang kecil.
  5. Hidung kecil dengan tulang hidung datar.
  6. Tangan yang lebar dengan jari-jari yang pendek.
  7. Postur tubuh yang pendek.
  8. Ukuran kepala yang kecil.
  9. Lidah yang menonjol keluar.
  10. Jarak yang luas antara jari kaki pertama dan kedua

Jadi, jika anak mengalami tanda-tanda diatas, maka segerakan untuk diperiksa lebih lanjut.

Beberapa Penyebab dari Down Syndrome

Tubuh manusia biasanya memiliki 23 pasang kromosom, dengan masing-masing pasangan terdiri dari satu kromosom dari ayah dan satu lagi dari ibu. Namun, bagi mereka yang mengalami sindrom Down, terjadi pembelahan sel yang tidak normal pada kromosom ke-21. Akibatnya, terdapat kelebihan jumlah kromosom

Materi genetik tambahan ini menjadi penyebab ciri khas dan masalah perkembangan sindrom Down. Anak-anak dengan sindrom Down umumnya memiliki tingkat kemampuan belajar yang terbatas dan pertumbuhan yang terhambat, menyebabkan perbedaan yang mencolok di antara mereka.

Salah satu keterbatasan down syndrom adalah kesulitan untuk berbicara, maka dari itu dibutuhkan terapi wicara down syndrome untuk membantu memulihkan. Selain itu, orang tua juga harus tahu ada beberapa tipe dari down syndrome, seperti berikut:

  1. Translokasi, satu dari beberapa jenis down syndrome, terjadi pada sekitar 4% individu yang terpengaruh. Tipe yang satu ini adalah varian yang jarang dan dapat diwariskan dari orang tua ke anak.
  2. Mosaicism adalah jenis down syndrome yang paling jarang terjadi, dengan kondisi yang lebih ringan dan dampak pertumbuhan yang lebih sedikit.
  3. Trisomi 21 adalah jenis down syndrome yang paling umum, dialami oleh lebih dari 90% individu yang terkena dampak sindrom ini.

Sebelum memulai terapi, orang tua juga wajib memahami tipe down syndrome yang diderita anak. Sehingga pemberian terapi wicara down syndrome dapat dilakukan dengan mudah.

Bagaimana Terapi Wicara Down Syndrome Dapat Membantu?

Down Syndrome bisa mempengaruhi kejelasan ucapan dan kemampuan pemahaman terhadap apa yang dikatakan oleh anak Anda. Mereka mungkin mengalami kesulitan dalam menguatkan suara, mengatur waktu, dan mengkoordinasikan gerakan otot yang diperlukan untuk berbicara.

Proses bicara melibatkan banyak otot dan sistem, dan sindrom Down bisa mempengaruhi kemampuan anak dalam mengkoordinasikan pernapasan, suara, dan produksi bunyi ujaran. Berikut ini beberapa hambatan yang sering ditemukan pada anak down syndrome:

  1. Masalah artikulasi dengan bunyi ujaran tertentu
  2. Tonus otot mulut-wajah yang rendah
  3. Kesulitan dengan pemrosesan sensorik
  4. Kesulitan dengan umpan balik sentuhan lisan
  5. Meninggalkan akhir kata saat berbicara

Karena hambatan-hambatan tersebut, tidak heran jika terapi wicara down syndrome perlu dilakukan. Seorang ahli terapi wicara berpengalaman yang memiliki kualifikasi khusus dalam menangani anak-anak dengan sindrom Down.

Mereka dapat membantu memperkuat keterampilan tersebut termasuk mengembangkan kemampuan komunikasi sosial. Terapi bicara dapat mendukung anak Anda yang mengalami sindrom Down untuk:

  1. Mengatasi masalah pendengaran, jika ada
  2. Belajar mandiri dalam hal makan
  3. Meningkatkan kemampuan gerakan mulut
  4. Memperluas kosakata mereka dengan menggunakan alat bantu bahasa
  5. Mengembangkan kemampuan membaca dan menulis

Selain itu, terapis bicara anak Anda juga dapat membantu merancang rencana yang sesuai dengan kebutuhan mereka, serta memberikan latihan yang bisa Anda praktikkan bersama di rumah. Jadi, pastikan Anda sudah memilih terapi wicara down syndrome yang tepat dan berkualifikasi.

Pada awalnya, mungkin anak down syndrome mengalami kesulitan dalam mematuhi instruksi selama sesi terapi bicara. Jika ini terjadi, penerapan teknik-teknik untuk membantu mereka dalam mengikuti instruksi bisa menjadi solusi.

Seperti halnya dalam banyak terapi bicara, pentingnya intervensi dini tidak boleh diabaikan. Sebagai pengasuh, orang tua juga dapat berkontribusi dalam intervensi dini dengan mengajarkan permainan bahasa di lingkungan rumah.

Bagi anak yang menghadapi hal ini, terapi wicara down syndrome dapat menjadi sumber bantuan yang signifikan.

Terapi Wicara Down Syndrome Terbaik dan Berkualifikasi

Mungkin Anda sudah mengetahui dengan baik seberapa penting terapi wicara yang digunakan untuk anak down syndrome. Kesulitan berbicara dengan lancar dan tepat waktu tentu membuat orang tua dari anak harus lebih banyak bersabar dan mengusahakan untuk melakukan berbagai macam terapi yang akan membantu perkembangan anak berjalan secara signifikan.

Apabila Anda membutuhkan terapi wicara down syndrome bagi anak-anak, maka bisa menghubungi langsung terapi Wicaraku, dimana Anda akan menemukan terapis profesional dan berkualifikasi untuk membantu anak lebih mudah berkomunikasi dan berbicara dengan jelas.

Sebelum itu, anak juga akan diperiksa terlebih dahulu, sehingga terapis tahu penyebab kesulitan berbicara dan bisa memberikan penanganan yang tepat.

Mendapatkan informasi yang jauh lebih banyak dan detail seputar program terapi yang diajarkan kepada anak down syndrome Anda bisa mendapatkan informasi lebih banyak di nomor +62 895-4151-54575, atau juga bisa mengunjungi website resmi Wicaraku.

Ada banyak hal menarik yang bisa didapatkan oleh orang tua untuk membantu anak down syndrome lebih lancar berbicara tanpa hambatan, sehingga proses komunikasi berjalan dengan baik.

Setelah mengetahui dan memahami bahwa kesulitan berbicara pada down syndrom bisa ditangani, maka segera berikan penanganan yang tepat. Coba saja hubungi terapi wicara down syndrome terbaik dan berkualifikasi untuk anak Anda Wicaraku.

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Dampak Kesehatan Akibat Cegukan Terus, Ini Perlu Diketahui

Manfaat Terapi Wicara di Rumah untuk Kemajuan Pasien

Berapa Biaya Terapi Wicara Anak? Ini Panduan untuk Orang Tua

Do You Want To Boost Your Business?

Meningkatkan client yang membutuhkan layanan Fisioterapis di klinik Anda, anda bisa bekerja sama
dengan kami!

Layanan Kami

Konsultasi Gratis

Konsultasi via WhatsApp gratis untuk selamanya.

Earl Package

  • 6x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

King Package

  • 8x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Emperor Package

  • 12x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Crown Package

  • 15x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Royal Package

  • 30x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang