Prosedur Terapi Wicara di Tempat Terbaik

Wicaraku Writer

December 28, 2023

Wicaraku

Wicaraku Writer

December 28, 2023

Wicaraku

Bagikan Artikel

Prosedur terapi wicara harus dilakukan dengan tepat. Terapi ini merupakan salah satu cara yang bisa membantu mengatasi masalah bicara, khususnya pada anak-anak. Apa tujuan dari terapi ini untuk meningkatkan kemampuan bicara dan mampu mengekspresikan bahasa pada anak.Selain bahasa yang memiliki sifat verbal kroma terapi ini juga bisa membantu melatih bentuk bahasa non verbal. Terapi ini akan mengembangkan dua hal untuk hasil yang lebih optimal.Ada berbagai macam metode yang dilakukan untuk membantu kemampuan berbicara meningkat. Hal pertama yang biasanya dilakukan adalah mengoptimalkan koordinasi mulut sehingga bisa menghasilkan suara untuk membentuk kata-kata. Ini menjadi tahapan yang sangat penting dengan tujuan pasien bisa membuat kalimat dengan lancar dan artikulasi jelas.

Prosedur Terapi Wicara yang Tepat

Terapi wicara dapat dilakukan oleh seorang terapis profesional di klinik terapi wicara. Apabila Anda memutuskan untuk menggunakan jasa terapis professional, maka terapis bisa melakukan beberapa pemeriksaan terlebih dahulu sehingga bisa mengetahui penyebab kesusahan untuk berbicara. Berikut ini beberapa prosedur terapi wicara yang tepat.

1. Pemeriksaan Mekanisme Mulut

Prosedur pertama akan dilakukan proses pemeriksaan mekanisme mulut dan sekitarnya terlebih dahulu. Melalui pemeriksaan ini terapis bisa melihat bentuk, kekuatan, serta pergerakan dari bibir, langit-langit, gigi, lidah, maupun gusi.Prosedur yang satu ini memiliki tujuan untuk memastikan bahwa faktor penyebab kesulitan berbicara disebabkan stroke bukan disebabkan oleh struktur alat berbicara. Pemeriksaan ini sangat penting dilakukan sebagai salah satu prosedur terapi wicara.

2. Melakukan Pemeriksaan Artikulasi

Selanjutnya juga harus ada pemeriksaan untuk artikulasi atau pengucapan. Tujuan dari pemeriksaan artikulasi ini untuk mengetahui kemampuan dalam mengucapkan huruf-huruf konsonan dalam bahasa Indonesia.Biasanya terapis profesional akan menggunakan gambar maupun tulisan yang bisa mewakili konsonan tertentu. Prosedur yang satu ini tidak boleh terlewat, karena bisa mengetahui kemampuan pasien dan memberikan terapi yang tepat.

3. Pemeriksaan Kemampuan Pemahaman dan Pengungkapan

Prosedur terapi wicara selanjutnya adalah pemeriksaan kemampuan pemahaman dan pengungkapan secara verbal akan dilakukan oleh terapi profesional. Jadi pemeriksaan ini lebih mengarah pada ekspresif. Misalnya dengan menanyakan soal sederhana, seperti “mana mulut?”, setelah itu pasien bisa menjawab dengan langsung menunjuk mulut.Pemeriksaan ini biasanya dilakukan oleh anak-anak yang memiliki keterlambatan berbicara. Terapi juga bisa bertanya hal-hal sederhana dan anak menjawab pertanyaan tersebut secara verbal. Secara umum anak dengan usia 2 tahun sudah menguasai 300 kosakata.

4. Evaluasi Suara

Evaluasi suara juga menjadi salah satu prosedur terapi wicara yang dapat dilakukan. Jadi evaluasi suara ini maksud adalah melihat suara anak melalui nada atau pitch, yaitu dari rendah menuju tinggi.Selain itu anak juga bisa dilihat kualitas apakah suaranya serak atau tidak, kekencangan suaranya, dan resonansi atau sengau suara. Hal ini akan membantu lebih mudah untuk mengetahui kualitas suara dan memberikan terapi yang tepat.

5. Evaluasi Kelancaran Bicara

Tahap selanjutnya yang perlu dilakukan adalah evaluasi kelancaran bicara sebagai salah satu prosedur terapi wicara yang sangat penting. Evaluasi kelancaran berbicara memiliki tujuan untuk menilai apakah ada kegagapan pada pasien atau tidak.

6. Evaluasi Formal Pendengaran

Evaluasi formal pendengaran menjadi bagian yang biasa dilakukan. Sekalipun pemeriksaan ini biasanya dilakukan oleh para ahli THT, tetapi terapis bicara juga dapat melakukan untuk bisa mengetahui permasalahan pada kemampuan bicara yang disebabkan oleh adanya gangguan pendengaran.Setelah mendapatkan analisa barulah terapis akan membuat sebuah perencanaan terapi untuk membantu meningkatkan kemampuan berbicara.

Tips Ketika Prosedur Terapi Wicara Dilakukan

Jika anak yang mengalami kesulitan berbicara, maka peran orang tua sangat penting agar terapi bisa berjalan dengan maksimal dan memberikan hasil yang sesuai dengan keinginan. Ketika prosedur terapi wicara dilakukan, ada beberapa yang bisa dilakukan orang tua, seperti berikut:

1. Berikan Semangat

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah memberikan semangat atau dukungan dari orang tua kepada anak. Semangat yang diberikan orang tua kepada anak yang sedang melakukan terapi berbicara ternyata bisa membantu kesuksesan terapi tersebut.Cobalah untuk memberikan dukungan pada anak dengan menemani sepanjang terapi berlangsung. Jika anak sudah mulai merasa lelah, berikan semangat dan sabar mengikuti perkembangan dari si kecil. Dengan prosedur terapi wicara yang tepat, kemudian semangat dari orang tua juga dibutuhkan.

2. Tidak Ikut Campur Selama Terapi

Selanjutnya bisa dilakukan adalah tidak ikut campur selama terapi dilakukan. Sekalipun anak mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menjawab pertanyaan dari terapis atau lama dalam mengungkapkan kata, sebaiknya orang tua tetap sabar dan tidak perlu membantu untuk memberikan jawaban.Biarkan anak berusaha sendiri untuk bisa menjawab pertanyaan. Jadi peran orang tua hanya perlu menemani dan mendukung saja. Biarkan terapis melakukan prosedur dengan tepat.

3. Bekerja Sama dengan Terapis

Tips selanjutnya yang bisa dilakukan orang tua untuk membantu proses terapi anak berbicara adalah bekerja sama dengan pihak terapis. Cobalah untuk bicara dengan pihak terapi terkait perkembangan anak dan lakukan apa saja yang disarankan oleh terapis untuk membantu proses perkembangan kemampuan berbicara.Biasanya setelah melakukan terapi, pihak terapi akan berkonsultasi dengan orang tua dan memberikan tips-tips menarik agar anak juga bisa dibantu meningkatkan kemampuan berbicara dari rumah.

4. Berikan Makanan Bernutrisi

Karena prosedur terapi biasanya berjalan cukup lama disarankan agar orang tua membawa bekal makanan bernutrisi dan air putih yang cukup. Dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan air putih yang cukup tentu anak bisa belajar berbicara dengan optimal karena gizi yang dibutuhkan terpenuhi dengan baik.

Gunakan Layanan Terapi Wicara Terbaik

Jika sudah mengetahui kurang lebih dari prosedur terapi wicara, maka Saatnya untuk mencari terapi profesional yang akan membantu meningkatkan kemampuan berbicara pada anak. Memang saat ini sudah banyak terapi bicara yang bisa dipilih, tetapi Anda harus menemukan yang profesional dan mampu bekerja sesuai dengan prosedur tepat.Terapi Wicaraku menjadi tempat paling tepat untuk membantu meningkatkan kemampuan si kecil dalam berbicara. Proses terapi akan dilakukan oleh terapi profesional dengan menggunakan prosedur yang sesuai.Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap seputar terapi yang satu ini, Anda dapat menghubungi kami di +62 895-4151-54575. Kesulitan berbicara yang dihadapi oleh anak bukan sesuatu hal yang buruk. Tentu kondisi tersebut memang bisa menjadi buruk apabila orang tua tidak cepat tanggap dan memberikan tindakan yang tepat.Salah satu tindakan yang disarankan adalah bergabung dengan terapi bicara. Sehingga bisa mengetahui apa yang membuat anak kesulitan untuk berbicara dengan benar. Menggunakan terapis yang profesional tentu akan memiliki prosedur-prosedur tepat.Bahkan tidak hanya membantu anak untuk meningkatkan kemampuan berbicara. Tetapi ada juga terapi yang digunakan untuk orang dewasa yang mengalami kesulitan bicara dikarenakan penyakit tertentu. Jadi pastikan menggunakan jasa terapis dengan prosedur terapi wicara yang benar.

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Dampak Kesehatan Akibat Cegukan Terus, Ini Perlu Diketahui

Manfaat Terapi Wicara di Rumah untuk Kemajuan Pasien

Berapa Biaya Terapi Wicara Anak? Ini Panduan untuk Orang Tua

Do You Want To Boost Your Business?

Meningkatkan client yang membutuhkan layanan Fisioterapis di klinik Anda, anda bisa bekerja sama
dengan kami!

Layanan Kami

Konsultasi Gratis

Konsultasi via WhatsApp gratis untuk selamanya.

Earl Package

  • 6x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

King Package

  • 8x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Emperor Package

  • 12x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Crown Package

  • 15x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Royal Package

  • 30x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang