Pahami Jenis Teknik Terapi Wicara dengan Baik

Wicaraku Writer

December 30, 2023

Wicaraku

Wicaraku Writer

December 30, 2023

Wicaraku

Bagikan Artikel

Jenis teknik terapi wicara tentu berbeda-beda sesuai dengan diagnosis yang dialami oleh pasien. Terapi wicara bukanlah satu jenis saja tetapi ada berbagai macam jenis gimana masing-masing akan melibatkan peningkatan dan teknik spesifik untuk mengatasi masalah yang dialami oleh pasien.

Hal tersebut mungkin terkait dengan kemampuan berbicara pasien, misalnya terapi bagi orang yang gagap atau adanya keterkaitan dengan masalah Ingatan, dan masih banyak lagi lainnya.

Seseorang yang menjadi ahli terapi wicara akan disebut sebagai ahli patologi bicara dan akan melakukan penelitian untuk menentukan jenis terapi mana yang tepat untuk pasien. Jadi mendiagnosis pasien dengan tepat adalah salah satu langkah untuk menentukan jenis teknik apa yang akan digunakan untuk proses terapi.

Ketahui Jenis Teknik Terapi Wicara yang Digunakan Terapis

Seseorang yang ahli dalam patologi bahasa bicara bisa menggunakan berbagai macam jenis terapi sebagai teknik tertentu untuk membantu orang dengan berbagai macam masalah. Berikut ini jenis teknik terapi wicara yang sering digunakan sesuai dengan kondisi pasien:

  1. Terapi Wicara untuk Pembicara yang Terlambat

Ada teknik yang sangat umum digunakan untuk membantu anak-anak dengan keterlambatan membaca, di mana pada usia yang sudah seharusnya dia berbicara tapi belum mulai bisa dengan baik. Apabila bayi maupun balita Anda sudah dalam tahapan perkembangan berbicara, tetapi mereka bisa dengan baik bicara sebaiknya dirujuk ke ahli terapi bicara.

Pihak terapis kemungkinan besar akan mencoba berbagai macam hal untuk mendorong anak berbicara, termasuk dengan metode bermain. Bahkan ada metode yang digunakan, misalnya menahan mainan favorit sampai anak memintanya. Hal tersebut dilakukan untuk memotivasi anak agar segera berbicara, tetapi hal ini bisa disesuaikan dengan keadaan.

Jenis teknik metode wicara yang satu ini biasanya dilakukan secara perlahan-lahan oleh para terapis. Ada juga beberapa jenis teknik lainnya, misalnya seperti menggunakan bahasa isyarat atau memberikan kartu bergambar. Pihak terapi akan merujuk anak untuk evaluasi lebih lanjut, misalnya seperti tes pendengaran apabila dibutuhkan.

  1. Jenis Teknik Terapi Wicara untuk Apraksia

Kemudian ada juga metode yang digunakan untuk teknik terapi wicara bagi pasien apraksia. Teknik terapi wicara yang satu ini memiliki manfaat bagi anak-anak penderita apraksia. Anak-anak dengan kondisi yang satu ini biasanya akan mengalami kesulitan untuk mengucapkan cukup kata tertentu atau mengeluarkan kata tertentu.

Jenis teknik terapi wicara yang digunakan sangat beragam. Awalnya pihak terapis akan mencoba untuk memberikan tes terlebih dahulu, apakah anak tahu apa yang ingin mereka ke katakan tetapi ucapannya tidak tepat. Terapis bicara akan memenuhi syarat untuk mengevaluasi penyakit apraksia ini dengan menggunakan beberapa tes, seperti berikut:

• Melakukan penilaian oral motorik untuk memeriksa kelemahan otot pada bagian rahang, bibir, maupun lidah.

• Penilaian melodi ucapan dari pasien, dimana terapis dapat mendengarkan apakah mereka dapat menekankan suku kata tertentu dengan tepat dan menggunakan nada, maupun jeda yang tepat dalam sebuah kalimat.

• Penilaian bunyi ujaran juga perlu diperhatikan. Hal ini digunakan untuk menentukan seberapa baik anak dapat mengucapkan bunyi, termasuk bagian vokal, konsonan, serta kombinasi bunyi, termasuk vokal, kombinasi bunyi, dan konsonan. Hal ini termasuk menentukan seberapa baik orang lain memahami pembicaraan dengan anak.

Apabila anak sudah didiagnosis menderita apraksia, maka perlu adanya terapi wicara dengan menggunakan jenis teknik terapi wicara yang tepat. Sangat memungkinkan untuk terapi tatap mula beberapa kali dalam satu minggu.

Dengan menggunakan terapi tentu bisa membantu anak memahami masukan pendengaran serta isyarat secara visual maupun sentuhan. Terapis juga akan meminta anak untuk melihat pada cermin ketika berbicara atau merekam pembicaraannya, setelah baru memutar rekaman untuk melihat perbedaan pengucapannya.

  1. Teknik Wicara untuk Gagap

Setelah itu ada juga jenis teknik terapi wicara bagi anak gagap. Teknik terapi yang satu ini dapat membantu mengatasi gagap. Gagap sendiri merupakan masalah yang biasanya berkembang dimasa kanak-kanak, tetapi tidak menutup kemungkinan terjadi pada masa dewasa.

Kagak biasanya dianggap sebagai salah satu jenis masalah yang bisa berdampak pada perilaku. Para terapis akan mencoba menggunakan teknik dengan cara mengajari pasien gagap. Melalui teknik modifikasi perilaku yang pada akhirnya akan membantu mengendalikan kegagapan.

Metode yang secara umum digunakan pada anak dengan mengajari untuk mengendalikan laju bicara karena berbicara terlalu cepat juga bisa memperburuk kegagapan. Berlatih berbicara dengan lambat dan lancar akan membantu. Habis juga akan melakukan pemantauan pernapasan sehingga lebih bermanfaat.

  1. Teknik Terapi untuk Afasia

Berbeda lagi bagi penderita afasia, tentu ada jenis teknik terapi wicara lain yang digunakan. Berapa metode terapi wicara sebenarnya bisa membantu pasien afasia. Penilaian yang dilakukan oleh terapis akan membantu menentukan apakah pasien menderita kondisi tersebut.

Afasia merupakan sebuah kondisi yang bisa menyebabkan kesulitan berbicara akibat adanya kerusakan pada bagian otak. Kondisi yang satu ini juga berupa kesulitan mendengarkan, membaca, serta menulis. Apa sih ya biasanya banyak dialami oleh orang dewasa setelah mereka terserang stroke.

Jenis teknik terapi wicara yang digunakan untuk penyakit afasia sangat penting, mulai dari mendiagnosis serta mengevaluasi kemampuan individu untuk memahami orang lain, individu mengekspresikan diri dengan baik atau tidak, dan evaluasi untuk menelan.

Ada banyak hal yang mungkin dilakukan oleh terapis dalam membantu pasien afasia, misalnya seperti berikut:

• Melatih untuk meningkatkan keterampilan bahasa tertentu

• Melakukan terapi kelompok dengan tujuan meningkatkan keterampilan percakapan

• Melakukan gerakan dan tulisan untuk bisa meningkatkan keterampilan komunikasi.

Semua hal tersebut perlu dilakukan untuk membantu menyembuhkan dan memulihkan penderita afasia. Terkadang ada beberapa metode lain yang akan digunakan hal ini bisa disesuaikan dengan kondisi pasien dan dilihat seberapa parah afasia yang diderita. Konsultasikan semuanya dengan pihak terapis agar mendapatkan jawaban yang tepat.

Pilih Tempat Terapi Wicara Terbaik

Setelah mengetahui berbagai macam jenis teknik terapi wicara sesuai dengan kebutuhan pasien dan kondisinya, tentu sudah saatnya menentukan terapi wicara yang profesional dan berkualitas. Terapi bicara terbaik tentunya sudah memiliki izin dan sudah resmi.

Dengan memilih terapi wicara yang profesional, tentu terapis memahami dengan baik apa yang harus dilakukan untuk menghadapi pasien dan berbagai macam jenis teknik yang digunakan. Menggunakan teknik yang tepat sesuai dengan kondisi Pasien adalah salah satu upaya untuk bisa menyembuhkan kondisi pasien.

Anda bisa mencoba untuk menggunakan jasa dari Wicaraku sebagai terapi wicara profesional yang sudah berhasil menyembuhkan berbagai macam hambatan berbicara. Anda bisa menghubungi nomor +62 895-4151-54575 untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Melalui kontak nomor tersebut Anda bisa menghubungi untuk menanyakan berbagai macam terapi apa saja yang bisa dilayani, kemudian metode yang digunakan, apakah terapis sudah mendapatkan izin, dan lain sebagainya. Semakin detail pertanyaan Anda, pihak terapis juga tahu bagaimana menggunakan jenis teknik terapi wicara.

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Dampak Kesehatan Akibat Cegukan Terus, Ini Perlu Diketahui

Manfaat Terapi Wicara di Rumah untuk Kemajuan Pasien

Berapa Biaya Terapi Wicara Anak? Ini Panduan untuk Orang Tua

Do You Want To Boost Your Business?

Meningkatkan client yang membutuhkan layanan Fisioterapis di klinik Anda, anda bisa bekerja sama
dengan kami!

Layanan Kami

Konsultasi Gratis

Konsultasi via WhatsApp gratis untuk selamanya.

Earl Package

  • 6x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

King Package

  • 8x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Emperor Package

  • 12x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Crown Package

  • 15x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Royal Package

  • 30x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang