Kapan Waktu Terapi Wicara yang Tepat untuk Anak-Anak?

Wicaraku Writer

December 28, 2023

Wicaraku

Wicaraku Writer

December 28, 2023

Wicaraku

Bagikan Artikel

Waktu terapi wicara yang tepat bisa membantu anak Anda untuk memiliki tumbuh kembang yang sesuai dengan usianya, termasuk dalam perkembangan berbicara. Terapi yang satu ini tentu dapat digunakan untuk mengatasi masalah bicara pada anak dan memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara serta mengekspresikan bahasa pada anak.Jika anak Anda mengalami telat berbicara, jangan dianggap hal tersebut sebagai sesuatu hal yang sepele dan suatu saat nanti pasti akan berbicara seiring berjalannya waktu. Apabila sudah menginjak usia yang seharusnya menguasai beberapa kosakata, tetapi anak Anda masih belum bisa sama sekali maka harus segera diperiksakan dan lakukan terapi.Terkadang orang tua masih merasa bingung Kapan waktu yang tepat untuk membawa anak ke terapi wicara profesional, sehingga bisa mengatasi gangguan terlambat berbicara. Di sini akan dijelaskan dengan detail kapan sebaiknya Anda membawa anak pada terapi.

Kapan Waktu Terapi Wicara bagi Anak?

Perkembangan anak menjadi hal yang wajib diperhatikan oleh orang tua. Informasi terkait tahapan-tahapan yang dilalui sesuai dengan usianya menjadi hal yang perlu dipahami, salah satunya adalah tahapan yang sangat penting dalam perkembangan yaitu kemampuan berbicara.Anda harus mengerti kapan waktu terapi wicara dibutuhkan untuk membantu meningkatkan kemampuan berbicara anak. Secara normal biasanya bayi mulai melatih kemampuan berbicaranya sejak usia 6 bulan – 3 tahun.Sedangkan pada usia 6 bulan hingga 12 bulan, maka bayi akan memiliki kemampuan untuk meniru kata yang diucapkan orang tua dan berbicara melalui melakukan pengulangan, seperti “mamama”, “papapa”, “bababa”, dan lain sebagainya.Kemudian pada usia 12 bulan bayi akan memiliki kemampuan untuk menyebut namaNya sendiri dan menyusun kalimat mulai dari 3 – 6 kata. Apabila anak Anda ternyata tidak memiliki kemampuan sesuai dengan perkembangannya mungkin waktu terapi bicara menjadi hal yang sangat tepat.Jadi untuk hasil yang maksimal terapi ini harus dilakukan sedini mungkin. Jika anak sudah berusia 6 bulan tetap masih belum bisa mengucapkan suara vokal, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter. Tidak hanya itu tetapi disarankan untuk memeriksakan anak apabila belum bisa mengucapkan kata sederhana satupun di usia 12 bulan.Sebagai orang tua memang harus waspada karena pada usia 18 bulan, bayi sudah fasih untuk memahami sekitar 10 – 20 kata dan mampu untuk menggunakan bahasa non verbal, misalnya seperti menunjuk maupun bernyanyi. Semakin besar usia bayi diharapkan memiliki kemampuan berbicara sesuai dengan perkembangannya.

Durasi Waktu Terapi Wicara dan Faktor Penyebabnya

Waktu terapi wicara yang tepat akan membantu anak Anda untuk memahami kosakata dan menggunakan artikulasi yang jelas. Mungkin beberapa orang tua merasa penasaran, berapa durasi waktu yang dibutuhkan agar anak bisa segera berbicara menggunakan bantuan terapis.Sebenarnya tidak bisa ditentukan berapa durasi waktu yang tepat untuk meningkatkan kemampuan anak dalam berbicara. Sebab hal ini bisa disesuaikan dengan penyebab anak kesulitan untuk berbicara.Sebaiknya orang tua mencari informasi terlebih dahulu dengan memeriksakan ke dokter terkait kondisi anak dan apa yang menyebabkan keterlambatan berbicara.Tetapi terapi ini tentu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk proses penyembuhan, mulai dari berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun sesuai dengan kemampuan dan faktor penyebab kesulitan berbicara.Bagi orang tua tentu diharapkan lebih bersabar lagi agar bisa meningkatkan kemampuan anak berbicara dan membuat anak memahami apa yang diucapkan orang lain. Tentu Anda sudah memahami ada beberapa kondisi yang menyebabkan anak kesulitan berbicara, sehingga membutuhkan terapi seperti berikut:

1. Gagap

Jika orang tua mengetahui bahwa anak memiliki kemampuan gagap dalam berkomunikasi, maka tidak ada salahnya untuk mendiskusikan kepada dokter terkait kondisi anak.Apabila anak mengalami gangguan gagap, maka waktu terapi wicara yang tepat sudah saatnya dilakukan. Jadi kondisi umum ketika orang tua mulai merasakan anak memiliki gangguan Gagap adalah berada di usia 5 tahun.

2. Gangguan Artikulasi

Tidak hanya gangguan Gagap, tetapi juga artikulasi yang tidak jelas bisa menggunakan terapi wicara. Kesulitan untuk mengucapkan suku kata tertentu dengan jelas tentu memberikan gangguan tersendiri bagi anak, apalagi jika berlaku sampai di usia besar nanti.Nah, waktu terapi wicara untuk gangguan artikulasi ini bisa dilakukan ketika anak sudah jelas mengucapkan beberapa kata, tetapi ada beberapa artikulasi yang tidak bisa diucapkan dengan jelas. Maka sudah saatnya untuk membawa ke terapis.Jika mengalami gangguan artikulasi hanya beberapa kosakata, maka proses terapi bisa dilakukan jauh lebih cepat dibandingkan dengan beberapa kasus lainnya. Tapi hal ini bisa disesuaikan dengan kemampuan anak dan waktu terapi yang digunakan. Semakin sering untuk melakukan terapi maka artikulasi bisa diucapkan dengan lebih mudah.

3. Autisme

Sudah bukan rahasia lagi bawa autisme juga membutuhkan terapi untuk berbicara agar memiliki kemampuan berkomunikasi yang lancar. Kondisi anak autis memiliki potensi untuk mengalami gangguan bicara. Kondisi anak autis memiliki potensi untuk mengalami gangguan bicaraWaktu terapi wicara anak yang tepat digunakan bagi anak autis adalah ketika orang tua sudah mengetahui bahwa anak memiliki gejala autis dan sudah waktunya untuk berbicara.Jika perkembangan anak pada usianya sudah menunjukkan bisa berbicara dengan beberapa kosakata, tetapi anak Anda tidak dapat melakukannya maka sudah saatnya untuk menggunakan terapis sehingga proses penyembuhan bisa dilakukan lebih mudah.Sebagai orang tua yang memiliki anak dengan riwayat Autis, maka harus bersabar karena proses terapi biasanya dilakukan dengan durasi yang jauh lebih lama dibandingkan dengan beberapa gangguan lainnya.Tugas orang tua adalah mendampingi anak, sehingga proses terapi bisa dilakukan dengan mudah dan tidak ada hambatan. Selain tiga hal tersebut, ternyata ada beberapa kondisi lainnya yang bisa mempengaruhi seperti gangguan kognitif, mutisme, dan lain sebagainya.

Pilihan Terapi Wicara yang Tepat

Setelah mengetahui kapan waktu terapi wicara yang tepat, maka Sudah saatnya sebagai orang tua untuk bertindak sesuai dengan kebutuhan. Jika memang anak Anda memiliki keterlambatan dalam berbicara dan sudah berkonsultasi kepada dokter membutuhkan adanya terapi, maka segera saja dibawa.Anda dapat menggunakan terapi bicara profesional yang sudah menangani berbagai macam kasus dan memberikan hasil anak memiliki kemampuan berbicara sesuai dengan perkembangannya, maka bisa menghubungi kami Wicaraku di nomor +62 895-4151-54575.Sebagai orang tua ada juga bisa berkonsultasi terkait berbagai macam hal yang akan membantu anak meningkatkan kemampuan berbicara. Misalnya saja meminta tips hal-hal penting yang dapat dilakukan untuk membantu meningkatkan kemampuan berbicara anak selama di rumah.Di proses terapi tidak hanya dilakukan ketika ada terapis saja ya, tetapi ketika orang tua di rumah juga bisa membantu menstimulasi anak untuk meningkatkan kemampuan berbicaranya.Terapi di Wicaraku membantu anak untuk mampu berkata dengan artikulasi yang jelas, mengatasi gangguan gagap, dan lain sebagainya. Jadi tunggu apalagi, segera hubungi terapis professional kami ketika dirasa sudah menggunakan waktu terapi wicara yang tepat.

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Dampak Kesehatan Akibat Cegukan Terus, Ini Perlu Diketahui

Manfaat Terapi Wicara di Rumah untuk Kemajuan Pasien

Berapa Biaya Terapi Wicara Anak? Ini Panduan untuk Orang Tua

Do You Want To Boost Your Business?

Meningkatkan client yang membutuhkan layanan Fisioterapis di klinik Anda, anda bisa bekerja sama
dengan kami!

Layanan Kami

Konsultasi Gratis

Konsultasi via WhatsApp gratis untuk selamanya.

Earl Package

  • 6x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

King Package

  • 8x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Emperor Package

  • 12x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Crown Package

  • 15x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Royal Package

  • 30x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang