Cara Terapi Wicara untuk Anak Maupun Dewasa

Wicaraku Writer

March 26, 2024

Wicaraku

Wicaraku Writer

March 26, 2024

Wicaraku

Bagikan Artikel

Terdapat banyak macam teknik terapi wicara maupun metode yang digunakan dalam proses membantu seseorang sehingga bisa kembali berbicara dengan lancar. Karena umumnya terjadi beberapa hambatan yang membuat seseorang mengalami kehilangan kemampuannya untuk berbicara.

Jika hal tersebut dibiarkan begitu saja tentu akan merugikan karena bisa menghambat banyak sekali aktivitas setiap harinya. Parahnya hal ini dapat menyerang anak-anak maupun orang dewasa sehingga dibutuhkan metode tertentu untuk membantu proses seseorang supaya dapat berbicara dengan lancar kembali.

Namun belum banyak orang mengetahui metode apa saja yang diperlukan dan wajib untuk dilakukan sehingga penderita dapat lancar berbicara kembali. Namun jika Anda merasa ragu-ragu karena minimnya pengalaman bisa mengunjungi jasa terapi wicara paling profesional di Wicaraku.

Wicaraku sendiri menyediakan banyak macam teknik terapi wicara mulai dari yang khusus diterapkan untuk anak-anak hingga khusus orang dewasa. Hal ini tentu saja bisa terjadi karena jasa klinik Wicaraku sudah berpengalaman selama lebih dari beberapa tahun dan memiliki terapis bersertifikat dan berpengalaman.

Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir jika merasa bingung untuk menerapkan beberapa metode yang diperlukan. Namun walau begitu sebagai seorang konsumen tetap harus memiliki ilmu dasar terkait metode serta teknik yang akan digunakan, sehingga nantinya tidak merasa bingung.

Mengenal Macam Teknik Terapi Wicara

Umumnya terdapat beberapa macam teknik yang bisa Anda gunakan supaya dapat membantu proses berbicara sehingga kembali seperti sedia kala. Penggunaan teknik tersebut juga dapat diterapkan pada anak-anak ketika mengalami keterlambatan kemampuan berbicara atau istilahnya speech delay.

Speech delay sendiri merupakan sebuah kondisi yang menyebabkan anak-anak umumnya balita memiliki keterlambatan kemampuan untuk berbicara. Terdapat banyak faktor yang menyebabkan speech delay sehingga perlu dilakukan beberapa macam teknik terapi wicara terlebih dahulu.

Tujuan dari penerapan teknik maupun metode tersebut sebenarnya berfungsi membantu anak-anak maupun orang dewasa yang kehilangan kemampuan berbicara, dapat berbicara kembali dengan normal. Namun sebagai orang tua yang memiliki anak dengan speech delay pasti akan terasa khawatir.

Oleh sebab itu sebagai orang tua Anda juga perlu memahami mengenai beberapa macam teknik terapi wicara sehingga bisa membantu si kecil cepat berbicara. Hal tersebut tidak terbatas pada sikecil saja, karena banyak orang dewasa yang mengalami permasalahan tersebut.

Oleh sebab itu sangat dianjurkan untuk segera mengunjungi Wicaraku sehingga bisa mendapat penanganan terapi yang baik dan tepat. Beberapa teknik yang dapat digunakan baik bagi orang dewasa maupun anak-anak bisa Anda pelajari dengan menyimak sebagai berikut.

  1. Untuk Anak-Anak

Ketika si kecil mengalami hambatan dalam tumbuh kembangnya salah satunya adalah adanya speech delay akan membuat Anda khawatir. Oleh sebab itu sebagai orang tua setidaknya perlu mengetahui beberapa macam teknik terapi wicara sehingga bisa membantunya cepat bisa berbicara.

Untuk melakukannya sebenarnya tidak perlu ribet dan repot karena Anda bisa memanfaatkan bantuan dari Wicaraku sebagai jasa terpercaya yang mampu memberikan terapi wicara berkualitas. Hal tersebut dapet terjadi karena semua karyawan terutama terapis telah dilatih sesuai dengan standar internasional.

Walau begitu Anda juga tetap mengetahui metode dan teknik apa saja yang bisa diterapkan kepada anak-anak sehingga dapat membantu tumbuh kembangnya, terutama dalam bidang berbicara. Karena keterlambatan berbicara merupakan hal yang perlu diwaspadai oleh setiap orang tua untuk menjamin keberlangsungan tumbuh kembang sikecil.

• Mendongeng

Macam teknik terapi wicara pertama yang bisa dilakukan kepada anak-anak adalah dengan mendongeng. Dengan mendongeng biasanya anak-anak akan merasa penasaran dengan kata maupun ucapan yang diucapkan oleh pendongeng, sehingga secara tidak sadar akan belajar mengikuti kata-kata maupun ucapan tersebut.

• Mengurangi Gadget

Seiring berkembangnya zaman terkadang anak-anak sering bermain gadget, namun hal ini perlu Anda hindari sebisa mungkin. Karena dilansir dari beberapa penelitian anak harus bisa meningkatkan kemampuan motorik dengan cara mencontoh langsung ucapan, bukan berasal dari gadget maupun televisi yang akan menghambat tumbuh kembangnya.

• Bermain

Macam teknik terapi wicara berikutnya adalah dengan mengajarkan berbicara melalui metode permainan. Dengan menerapkan permainan tertentu dapat secara signifikan dalam proses perkembangan anak-anak, khususnya dalam bidang keterampilan berbicara maupun bahasa yang dimiliki oleh sikecil.

• Mengajari Bahasa Isyarat

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengajarkan bahasa isyarat kepada anak-anak. Hal ini bisa dilakukan sambil mengucapkan kata-kata ketika sedang menggunakan bahasa tersebut sehingga sikecil akan memahaminya, seperti mengucapkan kata baju ketika sedang menyentuh baju yang dikenakan.

  1. Untuk Dewasa

Anak-anak memang memiliki ciri khas tertentu sehingga memiliki tekniknya sendiri, begitu pula sebagai orang dewasa yang memiliki permasalahan dalam berbicara. Oleh sebab itu Anda perlu segera mengatasinya karena jika dibiarkan begitu saja akan menghambat aktivitas harian dan tentunya akan sangat merugikan diri sendiri maupun lainnya.

Jika tidak ingin ribet dan takut salah karena tidak mengetahui cara terapinya bisa segera untuk menghubungi Wicaraku sebagai jasa terapi wicara terbaik di Indonesia. Karena pada klinik ini menyediakan beragam macam teknik terapi wicara untuk membantu Anda sehingga bisa mendapatkan kemampuan berbicara kembali.

Namun sebelum itu sangat penting bagi Anda supaya bisa mengetahui teknik atau metode apa saja yang perlu diterapkan sehingga bisa segera berbicara kembali. Berikut beberapa jenis metode yang bisa diterapkan sehingga mampu mengembalikan kemampuan berbicara Anda secepat mungkin.

• Latihan Lidah

Beberapa macam teknik terapi wicara pertama yang bisa dilakukan oleh orang dewasa adalah dengan melatih lidahnya. Pelatihan lidah ini bisa dilakukan dengan pertama menjulurkan bagian lidahnya selama 2 detik, lalu masukkan kembali kedalam mulut setelah itu pastikan bahwa penderita mengulanginya selama beberapa kali pengulangan.

• Meningkatkan Kemampuan Motorik

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan meningkatkan kemampuan motorik terutama pada bagian sekitar mulut. Seorang penderita bisa melakukan peningkatan untuk kemampuan motoriknya dengan cara sering tersenyum selama beberapa kali pengulangan, karena secara tidak langsung juga melatih saraf otot di pipi dan mulut.

• Melatih Bibir

Macam teknik terapi wicara bagi orang dewasa selanjutnya adalah dengan melatih bibir, karena bibir merupakan salah satu bagian dari mulut. Anda bisa mengerucutkan bagian bibir untuk mengontrol gerakan mulut, ulangi selama beberapa pengulangan sehingga bagian bibir menjadi terbiasa.

• Membaca dengan Keras

Terkadang beberapa penderita yang kesulitan untuk berbicara tidak mampu mengeluarkan suara karena adanya faktor penghambat pada bagian tenggorokannya. Untuk melatihnya sehingga bisa berbicara kembali, Anda dapat mencoba untuk berbicara dengan intonasi keras namun jika sakit turunkan intonasinya sehingga tidak menyakitkan.

• Bermain Permainan Kata

Demi meningkatkan kemampuan kognitif bagi penderita yang mengalami hambatan dalam berbicara, bisa dilakukan dengan bermain permainan kata. Dengan memainkan permainan ini secara efektif bisa membantu mempertahankan kemampuan kognitif sekaligus membantu meningkatkan keterampilan berpikir dari penderita.

Walaupun terkesan sederhana terdapat banyak sekali metode yang bisa dilakukan sehingga bisa membantu kemampuan berbicara dapat kembali seperti sedia kala. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu khawatir karena bisa menghubungi Wicaraku melalui +62 895-4151-54575 yang mampu menguasai hampir semua macam teknik terapi wicara secara efektif untuk anak dan dewasa.

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Dampak Kesehatan Akibat Cegukan Terus, Ini Perlu Diketahui

Manfaat Terapi Wicara di Rumah untuk Kemajuan Pasien

Berapa Biaya Terapi Wicara Anak? Ini Panduan untuk Orang Tua

Do You Want To Boost Your Business?

Meningkatkan client yang membutuhkan layanan Fisioterapis di klinik Anda, anda bisa bekerja sama
dengan kami!

Layanan Kami

Konsultasi Gratis

Konsultasi via WhatsApp gratis untuk selamanya.

Earl Package

  • 6x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

King Package

  • 8x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Emperor Package

  • 12x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Crown Package

  • 15x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Royal Package

  • 30x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang