Tips Mengatasi Speech Delay Pada Si Kecil

Wicaraku Writer

March 14, 2024

Wicaraku

Wicaraku Writer

March 14, 2024

Wicaraku

Bagikan Artikel

Bagi orang tua yang memiliki anak dengan keterlambatan berbicara, maka Anda wajib tahu tips mengatasi speech delay. Ini penting untuk menghindarkan anak Anda dari dampak buruk yang mungkin terjadi di masa depan.

Speech delay atau keterlambatan kemampuan berbicara memang jadi salah satu masalah penting untuk diperhatikan para orang tua. Pasalnya, pembiaran kondisi ini dapat mengganggu tumbuh kembang anak itu sendiri.

Oleh sebab itu, kali ini kami akan membagikan kepada Anda tips bagaimana mengatasi anak dengan speech delay. Simak pembahasan lengkap berikut ini untuk memahami penanganan yang tepat untuk si kecil.

Berkenalan dengan Speech Delay, Penyebab dan Dampaknya

Speech delay merupakan gangguan perkembangan yang bisa terjadi pada anak dan mengakibatkan keterlambatan dalam berbicara. Kondisi ini terjadi ketika si kecil belum bisa memiliki kemampuan berbahasa ketika anak seusianya sudah menguasainya.

Misal, anak usia 2 tahun setidaknya harus mampu menyebutkan kurang lebih 50 kata. Kemudian pada usia 2,5 tahun, anak harus mampu mengkombinasikan dua frasa kata dan menyebutkan nama benda atau namanya sendiri.

Pada usia 3 tahun, anak umumnya mampu Menyusun sebuah kalimat, mengenal lebih dari 200 kata dan sudah memahami ucapannya. Kemudian di atas 3 tahun, sudah seharusnya anak bisa mengucapkan nama lengkapnya dengan benar.

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi speech delay pada anak, Anda perlu memahami dulu penyebabnya. Terdapat beberapa hal yang bisa menjadi faktor penyebab dari keterlambatan anak berbicara.

Pertama bisa berasal dari faktor kondisi medis saat masih berada di kandungan atau baru lahir. Contoh saja kelahiran premature, berat badan lahir rendah, bayi kuning, infeksi TORCH saat berada dalam kandungan, asfiksi dan hipotiroid kongenital.

Faktor kedua yang bisa menjadi penyebab si kecil mengalami keterlambatan untuk berbicara adalah memiliki Riwayat kejang, trauma kepala hingga mengalami radang otak. Jika hal-hal ini terjadi pada beberapa bulan awal kehidupan, dapat meningkatkan risiko speech delay.

Berikutnya, masalah pendengaran juga bisa menjadi faktor penyebab terjadinya speech delay. Memiliki gangguan pada Indera pendengaran akan menyulitkan si kecil belajar kosa kata dan akhirnya mengalami keterlambatan berbicara.

Gangguan fungsi oromotor dan struktur mulut juga bisa menjadi faktor penyebab keterlambatan anak berbicara. Faktor lainnya bisa berupa autisme, riwayat keluarga, kurang stimulasi dan terlalu banyak bermain gadget.

Tips Mengatasi Speech Delay di Rumah

Jika mendapati si kecil mengalami keterlambatan berbicara, Anda bisa mencoba mengatasi speech delay di rumah. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu anak berbicara yang bisa Anda lakukan dari rumah.

  1. Mengajaknya Berbicara

Hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi keterlambatan berbicara adalah dengan rajin mengajak si kecil berbicara. Baiknya, hal seperti ini Anda lakukan sejak anak masih usia dini.

  1. Membacakan Buku Cerita

Hal berikutnya, Anda bisa membacakan buku cerita kepada si kecil. Direkomendasikan untuk membacakan buku cerita yang dilengkapi gambar sehingga si kecil bisa berinteraksi dan tertarik mengikuti cerita Anda.

  1. Gunakan Sedotan Saat Minum

Membiasakan si kecil untuk minum dengan sedotan juga menjadi cara mengatasi speech delay. Hal ini dapat membantu menguatkan otot-otot mulut akibat kemampuan oromotor yang belum siap.

  1. Kurangi Penggunaan Gadget

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu perkembangan anak dan mengatasi keterlambatan berbicara adalah dengan mengurangi penggunaan gadget. Batasi penggunaan gadget pada si kecil, baiknya kurang dari 2 jam per hari.

Penggunaan gadget berlebihan akan mengurangi intensitas anak berinteraksi dengan orang lain, khususnya komunikasi dua arah. Padahal, dua hal tersebut merupakan stimulus penting untuk perkembangan anak Anda berbicara.

Jikapun terpaksa harus memberikan akses ke gadget, selalu temani dan ajak si kecil berinteraksi. Dengan begitu, anak tetap bisa mendapatkan komunikasi dua arah sehingga dapat membantu perkembangannya dalam berbicara.

Beberapa Mainan untuk Anak Speech Delay

Untuk mengatasi speech delay, Anda juga bisa menggunakan berbagai jenis mainan. Ada beberapa tips dalam memilih mainan yang dapat membantu anak agar lebih cepat berbicara.

Diantaranya adalah mainan tanpa baterai, tidak mengeluarkan suara dan bisa dimainkan secara bebas. Berikut adalah beberapa rekomendasi mainan untuk mengatasi speech delay pada si kecil.

  1. Balok Mainan

Rekomendasi pertama ada balok mainan, bisa yang terbuat dari kayu maupun plastik. Tenang saja, umumnya mainan anak tidak akan berat meski terbuat dari kayu sehingga aman.

Mainan seperti ini diketahui dapat membantu meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak. Selain itu, mainan seperti balok ini juga dapat mengatasi speech delay pada si kecil.

  1. Binatang-binatang

Binatang-binatang juga bisa jadi pilihan mainan untuk mengatasi speech delay pada si kecil. Anda bisa mengajarkan nama-nama hewan dan meminta si kecil mengulang penyebutannya.

Anda juga bisa mencontohkan suara dari masing-masing hewan sehingga si kecil lebih tertarik. Ide lain, Anda bisa memanfaatkan mainan tersebut untuk menceritakan dongeng kepada si kecil.

  1. Puzzle

Selanjutnya ada puzzle, Anda bisa memilih puzzle dengan tema-tema yang menarik untuk anak-anak. Dengan mainan ini, Anda bisa bermain Bersama anak sekaligus mengajarkan kosakata baru dari tema yang berhubungan dengan puzzle tersebut.

  1. Mobil-mobilan

Mainan seperti mobil-mobilan juga bisa mengatasi speech delay pada anak. Baik itu mainan dengan bentuk mobil, truk atau kendaraan lain seperti misalnya kereta, pesawat, motor dan lainnya.

Anda bisa mengajarkan bagaimana suara dari masing-masing kendaraan tersebut kepada si kecil. Selain itu, Anda juga bisa sambil mengenalkan warna, huruf atau bercerita seputar mainannya.

  1. Boneka tangan

Dengan mainan seperti boneka tangan, Anda bisa menjadikannya sebagai media bercerita. Melalui hal tersebut, si kecil akan belajar kosa kata baru sehingga cocok bagi anak yang mengalami keterlambatan berbicara.

  1. Balon

Balon adalah salah satu mainan yang banyak disukai anak-anak. Bermain menggunakan balon dapat menstimulasi anak Anda untuk berbicara. Misal saat Anda meniupkan balon, si kecil akan mengatakan kata “wow” atau “lebih besar”.

Terapi Wicara untuk Penanganan Lanjutan Anak Speech Delay

Pada beberapa kasus, mengatasi speech delay membutuhkan tenaga medis. Semua tergantung pada faktor penyebab dari kondisi perkembangan anak Anda, apakah kurang interaksi, gangguan pendengaran atau kondisi medis lain.

Tips penting untuk para orang tua, penting untuk mendeteksi sedini mungkin permasalahan speech delay ini. Karena penanganan sedini mungkin akan memberikan hasil optimal pada kemampuan berbicara si kecil.

Jadi, ketika merasa anak Anda mengalami keterlambatan berbicara, segera konsultasikan ke dokter. Anda juga bisa menggunakan jasa terapis wicara dari Wicaraku yang sudah memiliki banyak terapis dengan Surat Tanda Registrasi dan alat terapi lengkap.

Anda juga tidak perlu antre ataupun repot-repot mengunjungi klinik, karena kami bisa langsung datang ke rumah. Jadi, hubungi kami di +62 895-4151-54575 untuk mengatasi speech delay pada si kecil.

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Dampak Kesehatan Akibat Cegukan Terus, Ini Perlu Diketahui

Manfaat Terapi Wicara di Rumah untuk Kemajuan Pasien

Berapa Biaya Terapi Wicara Anak? Ini Panduan untuk Orang Tua

Do You Want To Boost Your Business?

Meningkatkan client yang membutuhkan layanan Fisioterapis di klinik Anda, anda bisa bekerja sama
dengan kami!

Layanan Kami

Konsultasi Gratis

Konsultasi via WhatsApp gratis untuk selamanya.

Earl Package

  • 6x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

King Package

  • 8x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Emperor Package

  • 12x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Crown Package

  • 15x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Royal Package

  • 30x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang