Menu Anak Speech Delay Wajib Mengandung Nutrisi Berikut

Wicaraku Writer

May 15, 2024

Wicaraku

Wicaraku Writer

May 15, 2024

Wicaraku

Bagikan Artikel

Bagi orang tua dengan kondisi keterlambatan bicara biasanya agak sulit menentukan menu anak speech delay yang tepat. Pasalnya tidak semua menu makanan mengandung nutrisi yang baik terhadap kemampuan komunikasi sang anak.

Anak speech delay tentunya perlu perhatian khusus seperti mengikuti terapi wicara. Selain itu, menu makanan yang si kecil konsumsi sehari-hari juga memegang peranan penting dalam menyembuhkan kondisi speech delay.

Oleh karena itu, Anda sebagai orang tua juga wajib memahami mana kandungan nutrisi untuk membantu tumbuh kembang si kecil dan yang tidak. Dengan begitu, speech delay dapat segera diatasi.

Kondisi Speech Delay Pada Anak

Speech delay merupakan kondisi di mana si kecil mengalami keterlambatan bicara sehingga sulit menyampaikan isi pikirannya. Hal ini menyebabkan susunan kata dan kalimat yang mereka keluarkan sulit dipahami.

Selain disembuhkan melalui terapi wicara, kondisi ini juga perlu mendapatkan perhatian dari orang tuanya yaitu terkait menu anak speech delay. Melalui menu yang tepat sesuai anjuran, maka speech delay bisa sembuh.

Terlepas dari faktor terapi dan menu makanan, terkadang orang tua juga abai terhadap speech delay karena menganggap dapat sembuh sendiri. Kenyataannya, speech delay perlu intervensi dokter untuk mengatasinya.

Gangguan perkembangan komunikasi pada anak terjadi di usia yang seharusnya mereka sudah bisa berbicara, namun ternyata masih belum bisa. Selain sulit mengekspresikan diri, anak juga sulit memahami orang lain. Ada parameter sebagai untuk mengamati apakah si kecil mengidap speech delay:

  1. Usia 2 tahun belum dapat mengucapkan 25 kata atau belum bisa menyebutkan nama-nama benda dengan benar.
  2. Usia 2,5 tahun belum mampu menggunakan frasa 2 kata, kombinasi kata benda, masih salah menyebutkan anggota badan.
  3. Usia 3 tahun sulit memahami ucapannya sendiri, tidak bisa menggunakan 200 kata, tidak bisa meminta sesuatu dengan nama, sulit menyusun kalimat.
  4. Usia 3 tahun ke atas tidak bisa mengucapkan kata-kata yang sudah dipelajari sebelumnya, tidak bisa menirukan kalimat, tidak dapat menyebutkan nama lengkapnya sendiri dengan tepat.

Adapun sebagian besar penyebab anak speech delay karena kondisi medis dalam kandungan atau baru lahir, masalah pendengaran, masalah area otak, autisme, riwayat keluarga, kurang stimulasi, kebanyakan bermain gadget, dan lain-lain.

Baca juga artikel kami tentang : Tanda-tanda Gangguan Speech Delay bagi Anak Usia 3 Tahun

Nutrisi yang Wajib Ada pada Menu Anak Speech Delay

Dalam masa pertumbuhannya, menu anak speech delay wajib jadi perhatian khusus para orang tua. Anak perlu menu makanan yang dapat mengoptimalkan kemampuan komunikasinya melalui kandungan-kandungan nutrisi berikut.

  1. Protein

Protein merupakan asupan yang tidak hanya diperlukan anak speech delay saja, tetapi juga bagi anak-anak yang komunikasinya normal. Protein membantu memperbaiki jaringan saraf otak terkait daya ingat, kemampuan berpikir, dan berbicara.

Anda dapat menemukannya pada menu makanan seperti ikan, telur, jamur, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, susu, maupun produk olahan susu.

  1. Zat Besi

Kandungan nutrisi yang wajib ada pada menu anak speech delay selanjutnya yaitu zat besi. Zat besi membantu menyuplai darah dan oksigen ke otak maupun sistem saraf sehingga meminimalisir penyakit anemia.

Dengan suplai darah yang cukup, maka proses tumbuh kembang anak tidak akan terhambat, termasuk terkait kemampuannya berkomunikasi. Anda dapat menemukannya pada ikan, kerang, daging merah, sayuran hijau, sereal, buah plum.

  1. Kalsium

Kandungan kalsium membantu membentuk kesehatan sistem saraf, menguatkan tulang dan gigi, meningkatkan sistem imun. Keperluan akan kalsium juga membantu mengirimkan sinyal dari otak ke organ tubuh, salah satunya otot-otot sekitar mulut.

Para orang tua wajib menyuplai kebutuhan kalsium melalui produk susu seperti yogurt, keju, atau lainnya. Kalsium juga ada pada makanan sarden, telur, ikan teri, tahu, tempe, edamame, selada, kacang kedelai, almond.

  1. Vitamin A

Menu anak speech delay berikutnya adalah Vitamin A. Sebenarnya selain Vitamin A, si kecil dengan kondisi speech delay juga perlu jenis vitamin lainnya seperti C, B1, B3, B5, B6, B7, B9.

Namun untuk vitamin A sendiri membantu meningkatkan perkembangan otak sehingga berpengaruh pada kemampuan bicara. Anda dapat menemukannya pada sayur bayam, wortel, ayam, minyak ikan, ubi jalar, lobak, buah mangga.

  1. Prebiotik

Makanan mengandung prebiotik berfungsi menjaga sistem kekebalan tubuh. Lebih dari itu, prebiotik juga membantu mikrobioma (ekosistem usus manusia) dalam mengatur neurotransmiter sekaligus berkomunikasi dengan otak lewat sistem saraf enterik usus.

Orang tua dapat menyediakan menu anak speech delay ini melalui asparagus, oat, pisang, atau buah apel.

  1. Bebas Gluten dan Kasein

Menu makanan untuk anak speech delay berikutnya yaitu yang bebas gluten dan kasein (GFCF). Makanan dengan kandungan gluten serta kasein berpengaruh pada anak-anak autism.

Anda dapat menyajikan menu makan bebas gluten dan kasein melalui yoghurt, kentang, beras merah, jagung, daging, buah-buahan segar, serta sayur-sayuran segar.

Baca juga artikel kami tentang : Mengenal Speech Delay Pada Anak dan Fakta Kesembuhannya

Contoh Menu Makanan yang Dianjurkan untuk Anak Speech Delay

Pada dasarnya, kandungan nutrisi untuk membuat menu anak speech delay mudah ditemukan. Asalkan sebagai orang tua mau mencari tahu dan rajin bertanya pada dokter si kecil, maka speech delay dapat segera teratasi.

Dari contoh nutrisi di atas, Anda dapat memberikan makanan asin seperti keju atau mentega untuk membantu si kecil mengucapkan huruf C, J, NY.

Makanan pahit seperti sayur sawi membantu mereka mengucapkan huruf, G, K, X, NG. Makanan asam seperti jeruk membantu melafalkan huruf C, J. Sedangkan makanan pedas membantu pengucapan F, S, CH, SH.

Menu Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Anak Speech Delay

Selain menentukan anjuran menu anak speech delay, perhatikan juga jenis makanan yang tidak diperbolehkan dikonsumsi. Beberapa makanan pantangan tersebut adalah:

  1. Fast food atau cepat saji, karena tingginya kandungan lemak trans sehingga menghambat kemampuan kognitif terkait cara berbahasa dan daya ingat.
  2. Makanan dengan kandungan pewarna buatan.
  3. Jenis ikan yang mengandung merkuri, misalnya todak dan ikan makarel. Kandungan merkuri pada ikan tersebut malah membuat si kecil hiperaktif sehingga sulit fokus belajar memperbaiki komunikasinya.
  4. Makanan tinggi gula, misalnya es krim dan permen.
  5. Minuman dengan kandungan soda dan kafein.

Selain mengatur kandungan nutrisi pada menu anak speech delay, kondisi speech delay juga dapat disembuhkan melalui terapi wicara dari Wicaraku. Kami memiliki tim profesional dan terlatih dalam mendorong potensi bicara anak.

Wicaraku adalah layanan terapi wicara visit home kepada anak maupun lansia. Kami memiliki program terapi dengan layanan luar biasa yang mengedepankan kebutuhan pasien tanpa melalui proses rumit atau memakan waktu lama.

Kami menawarkan beberapa program terapi wicara seperti Earl Package (6x kunjungan), King Package (8x kunjungan), Emperor Package (12x kunjungan), Crown Package 15x kunjungan), dan Royal Package (30x kunjungan).

Semua paket menggunakan talk tools dan dapat dipesan hari ini juga. Sesuaikan pesanan paket dengan kebutuhan terapi wicara anak Anda.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomor kami di +62 895-4151-54575 terkait paket, harga, konsultasi gratis, hingga informasi penting seputar menu anak speech delay yang dianjurkan.

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Dampak Kesehatan Akibat Cegukan Terus, Ini Perlu Diketahui

Manfaat Terapi Wicara di Rumah untuk Kemajuan Pasien

Berapa Biaya Terapi Wicara Anak? Ini Panduan untuk Orang Tua

Do You Want To Boost Your Business?

Meningkatkan client yang membutuhkan layanan Fisioterapis di klinik Anda, anda bisa bekerja sama
dengan kami!

Layanan Kami

Konsultasi Gratis

Konsultasi via WhatsApp gratis untuk selamanya.

Earl Package

  • 6x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

King Package

  • 8x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Emperor Package

  • 12x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Crown Package

  • 15x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Royal Package

  • 30x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang