Memilih Susu untuk Anak Speech Delay dan Rekomendasinya

Wicaraku Writer

June 8, 2024

Wicaraku

Wicaraku Writer

June 8, 2024

Wicaraku

Bagikan Artikel

Memilih susu untuk anak speech delay secara tepat adalah kewajiban bagi orang tua. Hal ini bertujuan dalam mendukung perkembangannya dalam mengatasi tantangan perkembangan bahasa yang terjadi.

Sebagai sumber nutrisi yang kaya, susu dapat memainkan peran kunci dalam mendukung fungsi otak atau kognitif anak. Orang tua seringkali dihadapkan dengan beragam merek susu yang mengklaim memiliki kandungan nutrisi terbaik., padahal nyatanya tidak.

Oleh karena itu, sangat penting bagi orang tua memilih susu buah hati dengan pemilihan terbaik, guna memastikan bahwa sang buah hati mendapatkan manfaat maksimal dari setiap gelas susu yang dikonsumsinya.

Mengapa Anak Mengalami Keterlambatan Bicara?

Keterlambatan bicara bisa disebabkan oleh berbagai faktor kompleks dan saling berkaitan. Proses penangannya, biasanya banyak hal yang dapat dilakukan oleh orang tua, seperti pemilihan susu untuk anak speech delay secara tepat, hingga layanan terapi wicara.

Salah satu penyebab utama adalah adanya gangguan perkembangan yang memengaruhi kemampuan otak dalam memproses bahasa atau berbicara. Selain itu, faktor genetik juga memainkan peran penting, seperti adanya riwayat keluarga dengan speech delay juga.

Lingkungan dan pengalaman sosial anak juga dapat memengaruhi perkembangan bicaranya. Individu yang tidak mendapatkan simulasi verbal secara cukup bisa mengalami keterlambatan tersebut.

Faktor lain yang berkontribusi termasuk masalah pendengaran, gangguan spektrum autism, atau kondisi medis tertentu seperti prematuritas sampai masalah neurologis. Memahami hal-hal ini sangat penting agar mudah menentukan cara penanganannya.

Baca juga tentang : Efek Minum Susu Formula Tidak Sesuai Umur

Cara Memilih Susu untuk Anak Speech Delay dengan Tepat

Dalam memilih susu terbaik, memerlukan perhatian khusus terhadap berbagai kandungan nutrisi, keamanan produk, serta rekomendasi dari para ahli. Anda, sebagai orang tua dapat melakukan cara-cara berikut guna menentukan pada produk terbaik bagi buah hati.

1. Memeriksa Kandungan Nutrisi

Nutrisi-nutrisi penting yang bagus dalam perkembangan kemampuan bicara anak seperti Omega-3, DHA, beragam protein esensial, vitamin B6, B12, dan zat besi.

Omega-3 dan DHA berperan penting sebagai perkembangan otak dan fungsi kognitif. Protein esensial baik untuk pertumbuhan dan perkembangan motoric anak. Vitamin B6, B12, dan zat besi sangat bagus dalam mengembangkan neurologis buah hati.

2. Mempertimbangkan Kebutuhan Khusus Anak

Hal lain yang diperhatikan dalam memilih susu untuk anak speech delay adalah memperhatikan apakah anak mengalami alergi atau intoleransi, serta berbagai kondisi kesehatan lainnya.

Apabila buah hati memiliki alergi terhadap susu sapi atau intoleransi laktosa, maka alternatifnya seperti susu kedelai, almond, atau susu bebas laktosa, tetapi masih mengandung nutrisi penting.

Apabila anak mengalami kondisi medis tertentu, sebelum memilihnya perlu dilakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak atau ahli gizi, sehingga mendapatkan rekomendasi produk dengan tepat.

3. Perhatikan Keamanan Produk

Orang tua juga harus memperhatikan sertifikasi dan standar kualitas produk. Pilihlah produk yang telah mendapatkan sertifikasi dari badan pengawas makanan secara terpercaya. Selain itu, orang tua juga harus selalu memastikan tanggal kadaluarsa dan penyimpanan.

4. Konsultasi dengan Profesional Kesehatan

Dalam melakukan pemilihan susu untuk anak speech delay, orang tua juga harus mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan para professional, seperti dokter, ahli gizi, atau lainnya.

Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kekeliruan dalam pemilihan produk, di mana sangat penting dalam mendukung tumbuh kembang anak dalam proses perkembangan motorik sampai kognitifnya menjadi lebih baik.

5. Mengevaluasi Perkembangan

Setelah dilakukan segala hal di atas, orang tua perlu memantau bagaimana perkembangan buah hatinya. Apakah ada perubahan positif setelah meminum susu yang dianjurkan oleh para ahli, atau justru terdapat perubahan negatif seperti alergi.

Baca juga tentang : Anak Alergi Susu Formula dengan Gangguan Bicara

Rekomendasi Susu untuk Anak Speech Delay

Seiring dengan munculnya berbagai merek susu yang mengatakan memiliki beragam kandungan nutrisi baik, di bawah ini direkomendasikan beberapa susu terbaik, antara lain:

1. Dancow 3+ dan 5+ Imunutri

Dancow 3+ dan 5+ Nutritods Imanutri merupakan pilihan terbaik untuk anak dengan speech delay karena dirancang khusus guna memenuhi kebutuhan nutrisi penting pada masa tumbuh kembangnya.

Produk ini mengandung DHA, yang merupakan asam lemak Omega-3 esensial untuk perkembangan otak maupun fungsi kognitif. Di dalamnya juga mengandung zat besi yang berperan dalam pembentukan sel darah merah.

Dancow Nutritods juga diklaim sebagai susu untuk anak speech delay yang bagus karena mengandung Vitamin A, B, C, dan E. berbagai kandungan vitamin tersebut berperan dalam proses metabolism energi.

2. Isomil Advance Soya

Isomil Advance Soya merupakan salah satu susu pengganti bagi anak yang memiliki alergi terhadap protein susu sapi atau intoleransi laktosa. Susu berbasis soya ini mengandung protein nabati berkualitas tinggi yang mudah dicerna oleh tubuh.

Selain itu, Isomil Advance Soya juga diperkaya dengan DHA dan Ara, di mana kedua kandungan tersebut berperan penting untuk perkembangan otak atau fungsi kognitif. Di dalamnya, juga mengandung vitamin dan mineral penting, seperti vitamin E, kalsium, juga zat besi.

3. Morinaga Chil Kid Platinum Moricare+ Triple Bifidus

Morinaga juga merupakan salah satu susu untuk anak speech delay terbaik yang dirancang guna mendukung perkembangan otak secara menyeluruh. Ini dikarenakan terdapat kandungan DHA dan AA esensial untuk mengatasi keterlambatan bicara.

Morinaga Chil Kid Platinum juga mengandung formula Triple Bifidus, yaitu tiga jenis probiotik (Bifidobacterium Longun BB536, Bifidobacterium Breve M-16V, % Bifidobacterium Infantis M-63), di mana secara keseluruhan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Kombinasi nutrisi tersebut bermanfaat dalam mendukung perkembangan otak, sistem imun, dan kesehatan pencernaan. Sehatnya pencernaan sangat berpengaruh positif terhadap penyerapan nutrisi yang diperlukan otak.

4. Nutrilon Royal 3 Actiduobio+

Prosuk ini mengandung asam lemak esensial DHA dan EPA, di mana berperan dalam proses pembentukan fungsi kognitif. Selain juga, juga berguna dalam meningkatkan kemampuan komunikasi anak.

Nutrilon Royal 3 merupakan susu untuk anak speech delay yang dilengkapi dengan prebiotic GOS/FOS. Produk ini juga mengandung zat besi, yodium, kolin, sampai nutrisi lain yang berkontribusi dalam perkembangan neurologis sampai kemampuan belajar anak.

Baca juga tentang : Salah Pilih Susu Formula, Ketahui Ciri-ciri dan Dampaknya

Pentingnya Nutrisi Susu untuk Perkembangan Anak dengan Speech Delay

Nutrisi yang tepat memainkan peran penting dalam perkembangan buah hati, terlebih bagi anak dengan keterlambatan bicara. Susu sebagai salah satu sumber nutrisi dalam memberikan asupan penting dalam masa pertumbuhannya.

Untuk pertumbuhan serta perbaikan jaringan tubuh seperti otak, juga diperlukan protein. Asam lemak omega-3, omega-6 membantu membangun membrane sel di otak, meningkatkan komunikasi antar sel, serta mendukung fungsi kognitif agar tetap sehat.

Susu untuk anak speech delay juga mengandung zat besi dengan peran pembentukan sel darah merah untuk membawa oksigen ke otak, sementara yodium diperlukan untuk optimalkan fungsi tiroid, sedangkan kolin memproduksi neurotransmitter untuk memori.

Selain dengan menggunakan formulasi susu, orang tua juga bisa menggunakan jasa terapi wicara di Wicaraku hubungi kami di +62 895-4151-54575 untuk mendapatkan penanganan lanjutan bagi buah hati dengan speech delay.

Penggunaan terapi wicara akan membantu anak menjadi lebih terlatih dalam berkomunikasi dan pengembangan kemampuan bahasanya. Sehingga, selain susu untuk anak speech delay, juga harus dilakukan penanganan lanjutan melalui pemberian terapi.

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Dampak Kesehatan Akibat Cegukan Terus, Ini Perlu Diketahui

Manfaat Terapi Wicara di Rumah untuk Kemajuan Pasien

Berapa Biaya Terapi Wicara Anak? Ini Panduan untuk Orang Tua

Do You Want To Boost Your Business?

Meningkatkan client yang membutuhkan layanan Fisioterapis di klinik Anda, anda bisa bekerja sama
dengan kami!

Memilih Susu untuk Anak Speech Delay dan Rekomendasinya

Layanan Kami

Konsultasi Gratis

Konsultasi via WhatsApp gratis untuk selamanya.

Earl Package

  • 6x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

King Package

  • 8x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Emperor Package

  • 12x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Crown Package

  • 15x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Royal Package

  • 30x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang