Apakah Speech Delay Bisa Sembuh? Cek Fakta Sebenarnya Disini

Wicaraku Writer

June 12, 2024

Wicaraku

Wicaraku Writer

June 12, 2024

Wicaraku

Bagikan Artikel

Apakah speech delay bisa sembuh? Sebuah pertanyaan umum yang pasti diharapkan jawabannya oleh orang tua atau siapapun yang berurusan dengan anak speech delay.

Speech delay atau keterlambatan dalam berbicara memang menjadi sebuah kekhawatiran tersendiri bagi orang tua. Meski begitu, seiring berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan, harapan kesembuhan selalu ada.

Parameter Speech Delay Berdasarkan Usia

Speech delay merupakan gangguan perkembangan yang biasanya terjadi pada anak. Seringkali mereka akan mengalami keterlambatan dalam berbicara atau berkomunikasi.

Secara mudah, Anda mungkin akan melihatnya ketika anak berbaur dengan teman sebayanya. Biasanya, tanda-tanda gangguan bicara ini mulai terlihat ketika anak berusia 2 tahun.

Terkadang hal itu mengkhawatirkan banyak orang tua apakah speech delay bisa sembuh atau tidak. Bagaimana tanda-tanda umum jika seseorang mengalami keterlambatan berbicara?

Secara mudahnya adalah ketika anak-anak seusianya sudah mulai bisa berbicara, tapi seseorang dengan speech delay justru tidak mencapai kemampuan tersebut dengan seharusnya.

Kondisi tersebut merupakan tanda bahwa Anak mungkin saja kesulitan dalam mengekspresikan diri mereka sendiri atau memahami orang lain. Namun, ada beberapa parameter atau ukuran gangguan bicara tersebut berdasarkan usia. Berikut adalah parameter serta ciri-cirinya yang bisa Anda catat:

  1. Umur 2 tahun saat usia ini seseorang dengan speech delay tidak mampu mengucapkan setidaknya 25 kata. Atau bisa juga tidak bisa menyebutkan nama-nama barang dengan baik dan benar.
  2. Umur 2,5 tahun memiliki tanda tidak bisa memakai frasa dua kata atau gabungan kata benda. Mereka juga biasanya tidak mampu menyebutkan nama-nama anggota badannya dengan tepat.
  3. Umur 3 Tahun. Pada usia tersebut, mereka tidak bisa memakai sekitar 200 kata. Kata-kata atau ucapannya juga cenderung sulit dipahami. Selain itu, mereka cenderung tidak bisa menyusun bahkan satu kalimat saja dengan sempurna dan meminta sesuatu dengan menyebutkan nama bendanya.
  4. Untuk pasien di atas usia 3 tahun, tanda gangguan bicara adalah tidak bisa mengucapkan kata dengan jelas. Selain itu mereka juga kesulitan menirukan apa yang sudah diajarkan sebelumnya. Seringkali mereka juga kesulitan menyebutkan nama lengkap dengan benar.

Itulah parameter umum yang bisa Anda jadikan acuan apakah anak mengalami speech delay atau tidak. Apakah speech delay bisa sembuh? Faktanya banyak sekali anak yang bisa sembuh kembali.

Namun, yang wajib diketahui adalah gangguan ini tidak bisa sembuh dengan sendirinya. Artinya, dibutuhkan support orang tua bahkan bantuan medis dari terapis professional agar hasilnya lebih maksimal.

Baca juga tentang : Tanda Anak dengan Speech Delay Usia 3 Tahun

Terapi Mandiri Mudah yang Bisa Dilakukan Orang Tua untuk Anak Speech Delay

Untuk menjawab pertanyaan apakah speech delay bisa sembuh atau tidak, maka ada beberapa hal yang harus Anda ketahui. Yang melegakan adalah, penderita gangguan bicara ini bisa sembuh dengan baik.

Tentu saja asalkan mereka ditangani oleh orang yang tepat dengan terapi yang benar sesuai kebutuhan. Namun, ini bukan berarti Anda sebagai orang tua lantas tidak melakukan apa-apa di rumah.

Orang tua menjadi pihak yang mempunyai peran besar karena selalu bertemu dengan buah hatinya setiap hari. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menstimulasi perkembangan bicara seperti:

  1. Sering menanggapi perkataan anak dan mengajak mereka berbicara
  2. Ajukan pertanyaan kepada sang buah hati dan minta mereka untuk memilih
  3. Bantulah buah hati memahami nama-nama beberapa benda. Anda bisa memulai dari benda yang sering ditemukan setiap hari terlebih dahulu.
  4. Sering ceritakan dongeng dari buku untuk buah hati
  5. Batasi penggunaan gadget seperti handphone

Memang menyembuhkan speech delay membutuhkan waktu dan lamanya bisa berbeda antara satu orang dengan lainnya. Semua tergantung pada beberapa hal untuk mengetahui apakah speech delay bisa sembuh dalam waktu tertentu.

Misalnya saja penyebabnya, tingkat keparahan, faktor anak itu sendiri, orang tua, dan lain sebagainya. Yang paling penting adalah terus mencoba sebisa mungkin dan jangan ragu untuk melakukan konsultasi kepada terapis atau dokter terkait.

Baca juga tentang : Efektivitas Alat Terapi Speech Delay untuk Perkembangan Anak

Apakah Speech Delay Bisa Sembuh? Ini Penjelasannya

Bagaimana menurut Anda, apakah speech delay bisa sembuh dengan total? Jika Anda mendapati anak mengalami keterlambatan bicara, maka jangan buru-buru takut berlebihan.

Speech delay sangat mungkin untuk disembuhkan asalkan penderitanya ditangani oleh orang yang tepat. Dengan begitu, mereka bisa memperoleh perawatan serta terapi yang paling pas juga.

Misalnya saja jika penyebabnya lebih ke fisik. Maka dalam hal ini terapi menjadi solusi utama yang bisa dipilih. Tujuan dari cara ini adalah mendukung kemampuan mereka berkomunikasi dengan sekitarnya.

Dalam aspek apakah speech delay bisa sembuh atau tidak, orang tua sangat penting perannya. Cobalah untuk pro aktif dalam berbicara terutama ketika sedang menghabiskan waktu bersama sang buah hati.

Menstimulasi mereka berkomunikasi tidak harus dengan cara mengajak berdialog. Anda bisa mencoba cara yang lebih menyenangkan seperti mengajak bercanda atau menceritakan kejadian yang dialami seharian.

Meski terlihat tidak ada kaitannya dengan terapi secara langsung, cara tersebut sangat ampuh mengenalkan kosakata baru kepada anak. Mereka juga akan belajar bagaimana cara merangkai kata hingga berkomunikasi.

Baca juga tentang : Tarif Terapi Wicara dan Pilihan Paket Terbaiknya

Terapi Wicara dari Ahli yang Tepat

Dengan penjelasan apakah speech delay bisa sembuh atau tidak di atas, sekarang ada banyak harapan bagi Anda para orang tua yang mungkin sedang mengalami masalah ini. Gangguan bicara bisa sembuh dan salah satunya adalah bergabung dengan Wicaraku.

Sebenarnya layanan seperti apakah ini dan mengapa sangat direkomendasikan untuk speech delay? Tenang, inilah alasan mengapa Anda harus menghubungi Wicaraku sekarang juga.

1. Jasa Terapi Wicara

Wicaraku merupakan jasa terapi wicara untuk membantu anak-anak dengan speech delay. Yang keren adalah tersedianya layanan home visit dimana terapis akan datang langsung ke rumah pasien.

Artinya, Anda tidak perlu datang ke klinik kami atau rumah sakit untuk melakukan terapi. Dengan begitu, Anda pasti lebih dimudahkan dan pasien sendiri akan merasa lebih nyaman karena semua dilakukan di rumah.

2. Mulai dengan Konsultasi

Seperti diketahui bahwa masalah apakah speech delay bisa sembuh atau tidak semuanya bergantung dari perawatan yang diberikan. Untuk hal ini, Wicaraku akan memberikan layanan paling tepat bagi pasien.

Semuanya dimulai dari konsultasi untuk mendalami sebenarnya apakah penyebab keterlambatan bicara yang dialami. Setelah itu, terapis akan meresepkan beberapa terapi yang paling pas untuk dilakukan.

3. Alat Terapi Lengkap

Penggunaan beberapa alat juga sangat penting dalam hal ini. Misalnya saja alat peraga, video, dan lain sebagainya. Dengan kelengkapan alat, maka terapi besar kemungkinan akan sukses dilakukan.

Untuk waktunya memang membutuhkan kesabaran. Mungkin saja terapi regular akan terlihat hasilnya setelah dilakukan selama beberapa bulan. Namun, ada juga yang mungkin lebih cepat dari itu.

Terapi Wicara Speech Delay untuk Segala Usia

Wicaraku memberikan layanan terapi untuk mengatasi speech delay bagi segala usia. Bukan hanya anak-anak, namun juga orang dewasa yang mengalami masalah ini karena berbagai sebab.

Misalnya saja benturan di kepala, kecelakaan, penyakit tertentu, dsb. Kontak kami sekarang juga di nomor kami +62 895-4151-54575 untuk konsultasi dan mulai janji temu Anda.

Kami menjamin rahasia Anda dan pasien akan dilayani oleh terapis ahli yang sudah menangani berbagai kasus gangguan bicara. Jadi, jangan ragu lagi apakah speech delay bisa sembuh atau tidak karena jawabannya ya dengan jasa terapi wicara terbaik Wicaraku.

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Dampak Kesehatan Akibat Cegukan Terus, Ini Perlu Diketahui

Manfaat Terapi Wicara di Rumah untuk Kemajuan Pasien

Berapa Biaya Terapi Wicara Anak? Ini Panduan untuk Orang Tua

Do You Want To Boost Your Business?

Meningkatkan client yang membutuhkan layanan Fisioterapis di klinik Anda, anda bisa bekerja sama
dengan kami!

Apakah Speech Delay Bisa Sembuh? Cek Fakta Sebenarnya Disini

Layanan Kami

Konsultasi Gratis

Konsultasi via WhatsApp gratis untuk selamanya.

Earl Package

  • 6x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

King Package

  • 8x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Emperor Package

  • 12x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Crown Package

  • 15x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Royal Package

  • 30x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang