Kondisi Membutuhkan Terapi Wicara, Apa Saja?

Wicaraku Writer

March 5, 2024

Wicaraku

Wicaraku Writer

March 5, 2024

Wicaraku

Bagikan Artikel

Banyak kondisi membutuhkan terapi wicara umumnya hal ini terjadi ketika Anda memiliki anak yang mengalami keterlambatan kemampuan untuk berbicara atau istilah ilmiahnya adalah speech delay. Keterlambatan kemampuan tersebut tentu saja tidak boleh didiamkan begitu saja melainkan perlu penanganan secepatnya.

Salah satu jenis penanganan yang sering dilakukan adalah dengan melakukan terapi yang dilakukan oleh seorang terapis. Dengan melakukannya maka kemampuan berbicara dapat terbentuk lebih cepat, atau keterlambatan kemampuan berbicara tersebut dapat dibantu sehingga bisa segera menguasai kemampuan berbicara.

Namun selain sebenarnya speech delay tidak hanya dialami oleh anak kecil saja. Melainkan terdapat beberapa kasus yang menyebabkan seseorang mengalami keterlambatan supaya dapat berbicara dengan lancar. Hal ini disebut sebagai kondisi membutuhkan terapi wicara sehingga dapat berbicara kembali dengan lancar.

Tidak semua orang memahami mengenai beberapa kondisi yang diwajibkan untuk segera mendapatkan terapi. Padahal dengan segera mendapatkan terapi dapat membantu Anda supaya proses keterlambatan berbicara tersebut dapat segera diatasi sehingga cukup penting untuk diperhatikan.

Wicaraku sendiri hadir sebagai salah satu jasa terapi wicara paling terkenal dan sudah memiliki banyak pengalaman di Indonesia. Sehingga setelah mengetahui mengenai beberapa kondisi yang perlu untuk dilakukan terapi, Anda dapat segera menghubunginya jika ingin segera mengatasi kendala berbicara tersebut.

Beberapa Kondisi Membutuhkan Terapi Wicara

Salah satu jenis pengobatan untuk bisa mengatasi permasalahan dalam hal komunikasi seperti berbicara adalah dengan melakukan terapi. Namun untuk melakukan kegiatan tersebut Anda perlu mempercayakannya pada klinik yang sudah terpercaya seperti Wicaraku karena sudah terjamin timnya berpengalaman semua.

Selain itu Anda juga perlu memahami kondisi apa saja yang memerlukan kegiatan pengobatan tersebut. Sehingga dengan sudah mengetahui kondisi membutuhkan terapi wicara dapat segera ditangani. Hal tersebut bertujuan supaya permasalahan tersebut dapat segera ditangani sehingga bisa berbicara lancar dengan cepat.

Berikut beberapa kondisi yang mungkin perlu Anda ketahui terlebih dahulu, sehingga setelah mengetahui beberapa kondisinya bisa segera menghubungi Wicaraku untuk segera bisa mendapatkan pertolongan terkait terapi. Pastikan untuk mengetahuinya terlebih dahulu sehingga permasalahan bisa segera diatasi secepatnya.

  1. Apraksia

Kondisi membutuhkan terapi wicara pertama adalah ketika seseorang mengidap apraksia atau sebuah gangguan yang sangat mempengaruhi bagian motorik secara kompleks. Hasilnya seseorang yang mengidap gangguan apraksia akan mengalami speech delay sehingga agak mengalami kesulitan untuk berbicara.

Beberapa diantara penderitanya juga bahkan terkadang ada yang mengalami kesulitan untuk menelan makanan maupun minuman. Jika dibiarkan secara terus menerus akan menghambat aktivitas sehari-hari sehingga Anda perlu segera mendatangi Wicaraku sebagai salah satu klinik terapi terpercaya di Indonesia.

Dengan kondisi membutuhkan terapi wicara tersebut pasien nantinya akan diberikan latihan khususnya pada bagian ototnya sehingga dapat dikoordinasikan sedemikian mungkin. Nanti bagian otot yang telah dikoordinasikan sedemikian rupa akan lebih mudah dalam proses pengeluaran suara serta pergerakan dalam berbicara.

  1. Afasia

Bagi penderita afasia mungkin akan mengidap kesulitan berbicara lebih parah dari apraksia namun hal ini bukan berarti tidak bisa disembuhkan. Karena bagi penderita afasia mengalami kerusakan pada bagian otaknya sehingga mengalami gangguan dalam bagian kontrol bahasa.

Penderita afasia umumnya akan mengalami kesulitan untuk memahami, mengucapkan, serta membaca sebuah kata-kata namun bukan berarti kondisi membutuhkan terapi wicara ini tidak bisa disembuhkan. Wicaraku sendiri sudah berpengalaman membantu penderita afasia sehingga bisa berbicara kembali.

Dengan pelatihan yang dirancang secara sistematis dapat membantu penderita sehingga bisa mulai mengucapkan serta menghafal lebih banyak kosa kata. Terlebih Wicaraku sudah memiliki banyak terapis profesional sehingga kegiatan terapinya dapat memberikan dampak sangat signifikan bagi perkembangan penderita afasia.

  1. Autisme

Banyak orang tua merasa khawatir ketika memiliki anak yang mengidap autisme karena terdapat gangguan pada bagian neurobiologis miliknya. Autisme sendiri merupakan salah satu kondisi membutuhkan terapi wicara karena umumnya penderita juga mengalami speech delay atau kesulitan untuk berbicara.

Walaupun mengalami gangguan pada bagian neurologis bukan berarti anak-anak tidak bisa diselamatkan sehingga bisa berbicara dengan normal. Karena Anda bisa melakukan terapi wicara, namun memang dalam beberapa kasus dilapangan terapinya harus dibarengi dengan beberapa pendekatan lain.

Umumnya terdapat jenis pendekatan lain ketika menyangkut kondisi membutuhkan terapi wicara autisme seperti menggunakan ABA atau Applied Behaviour Analysis. Dengan mulai menerapkan terapi serta pendekatan ABA dapat membantu penderita sehingga bisa mulai meningkatkan kemampuan berbicaranya.

  1. Mutisme

Selain mengalami autisme juga terdapat hal lain yang merupakan kondisi menyebabkan seseorang mengalami speech delay yaitu adalah mutisme. Kondisi ini biasa terjadi pada anak kecil yang merasa malu atau enggan untuk berbicara dengan orang lain selain orang yang dirasa dikenalnya.

Terdapat beberapa hal yang memicu kondisi membutuhkan terapi wicara tersebut mulai dari kecemasan berlebih, trauma, malu, hingga tidak begitu suka bersosial. Hasilnya ketika sedang bertemu dengan orang yang tidak dikenalnya anak akan mengalami kesulitan berbicara atau memang enggan untuk mulai bicara.

Untuk mengatasinya perlu dilakukan terapi sehingga anak merasa percaya diri untuk berbicara dengan orang lain. Selain itu terapis juga bisa bekerja sama dan mulai membangun rasa kepercayaan dari anak sehingga merasa lebih percaya diri ketika bertemu dengan orang lain.

  1. Gangguan pada Artikulasi

Kondisi lainnya terjadi ketika seseorang mengalami gangguan di bagian artikulasinya sehingga kesulitan ketika sedang mengucapkan kata tertentu. Biasanya penderita akan kesulitan untuk mengucapkan sebuah kosa kata karena menurutnya cukup sulit untuk mengucapkannya.

Salah satu contoh dimana penderita akan mengalami kesulitan pengucapan terjadi ketika misal tidak bisa mengucapkan kosa kata “pesawat”. Alih-alih mengucapkan pesawat penderita akan mengganti beberapa suku kata dengan hal lain yang dianggapnya mudah diucapkan seperti “peshawar” maupun ”pesauwal”.

Untuk mengatasinya diperlukan beberapa latihan khusus karena memang gangguan pada artikulasi termasuk dalam kondisi membutuhkan terapi wicara. Wicaraku sendiri sudah berpengalaman untuk membantu beberapa penderita gangguan artikulasi sehingga bisa menghilangkan gangguannya dengan cepat.

  1. Gangguan pada Resonansi

Selain mengalami gangguan pada artikulasi cara berbicaranya juga terdapat hal lain yang bisa mengganggu seseorang sehingga mengalami speech delay salah satunya adalah resonansi. Hal ini terjadi karena adanya gangguan yang diakibatkan adanya sumbatan pada beberapa bagian organ pernafasan seperti rongga hidung.

Adanya sumbatan pada rongga hidung dan mulut menjadi kondisi membutuhkan terapi wicara serius, karena jika tidak ditangani secepatnya akan menyebabkan penderita sulit untuk berbicara. Terlebih gangguan tersebut bisa terjadi karena adanya katup velopharyngeal susah untuk menutup dengan benar.

Salah satu cara untuk menghilangkan gangguan tersebut adalah dengan melakukan kegiatan terapi, karena dengan melatihnya secara perlahan namun sering. Akan membantu Anda sebagai penderita sehingga bisa berbicara kembali dengan cepat namun memang perlu persiapan waktu terlebih dahulu.

Speech delay tidak bisa Anda anggap remeh baik bagi penderita orang dewasa maupun anak-anak. Sehingga perlu segera mengatasinya setelah mengetahui beberapa kondisi membutuhkan terapi wicara melalui bantuan dari Wicaraku dengan menghubungi kami melalui +62 895-4151-54575.

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Subscribe To Our Newslater

Get updates and learn from the best

Dampak Kesehatan Akibat Cegukan Terus, Ini Perlu Diketahui

Manfaat Terapi Wicara di Rumah untuk Kemajuan Pasien

Berapa Biaya Terapi Wicara Anak? Ini Panduan untuk Orang Tua

Do You Want To Boost Your Business?

Meningkatkan client yang membutuhkan layanan Fisioterapis di klinik Anda, anda bisa bekerja sama
dengan kami!

Layanan Kami

Konsultasi Gratis

Konsultasi via WhatsApp gratis untuk selamanya.

Earl Package

  • 6x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

King Package

  • 8x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Emperor Package

  • 12x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Crown Package

  • 15x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang

Royal Package

  • 30x Kunjungan
  • 45 – 60 Menit/Kunjungan
  • Menggunakan talk tools
  • Pesan Hari ini, bisa langsung datang